sign up SIGN UP

SKINCARE

Stop! Kebiasaan Buruk ini Dapat Merusak Kulit Wajah Ladies

tyana | Jumat, 19 Feb 2021 15:00 WIB
Stop! Kebiasaan Buruk ini Dapat Merusak Kulit Wajah Ladies
caption

Siapa sih yang mau punya kulit sehat dan bersih? Sayangnya, walaupun telah melakukan berbagai perawatan kecantikan masih banyak faktor yang dapat merusak kulit. Faktor ini tak hanya datang dari lingkungan seperti paparan sinar UV, polusi ataupun radikal bebas saja yang dapat merusak kulit, tetapi dari juga dari kebiasaan buruk yang sering kita lakukan. 

Kebiasaan buruk ini tak hanya saat kita malas untuk membersihkan muka ataupun menggunakan produk skincare lho, Ladies. Menggunakan produk skincare yang tak tepat, cara perawatan kulit yang salah ataupun lifestyle kita yang tak sehat juga dapat menjadi kebiasaan buruk yang tidak disadari dapat merusak kesehatan dan kecantikan kulit lho!

Nah, apabila kita masih melakukan beberapa kebiasaan buruk di bawah ini, Yuk! stop dari sekarang, agar kulit kita makin cantik dan sehat.

1. Menggunakan Produk Skincare dengan Kandungan Alkohol yang Tinggi

Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Kulit Wajah Kita
Ilustrasi Menggunakan Produk Skincare/freepik.com

Kandungan alkohol dalam produk skincare dan makeup digunakan sebagai pelarut, pengemulsi dan antiseptik untuk membunuh bakteri penyebab kulit berjerawat dan berminyak pada kulit wajah. Kandungan ini juga bermanfaat untuk meminilimasir pertumbuhan bakteri dalam produk dan membantu penyerapan skincare pada kulit wajah lebih optimal. 

Sayangnya, kandungan alkohol dalam skincare yang terlalu tinggi dapat memicu kerusakan kulit nih, Ladies. Apalagi untuk kita yang memiliki kulit sensitif atau kering dapat menimbulkan iritasi, kemerahan ataupun kulit mengelupas. Untuk itu kita perlu memperhatikan kondisi kulit dan juga kandungan dalam produk yang digunakan agar dapat mewujudkan kulit yang diinginkan.

2. Eksfoliasi Kulit Secara Berlebihan

Kebiasaan Buruk ini Dapat Merusak Kulit Wajah Kita
Ilustrasi Eksfoliasi Kulit/freepik.com

Eksfoliasi kulit merupakan cara untuk mengangkat sel kulit mati. Perawatan kulit ini juga memiliki banyak manfaat diantaranya adalah mencerahkan wajah, mengurangi komedo, dan juga menyamarkan kerutan halus.

Meskipun memiliki banyak manfaat, melakukan perawatan wajah ini secara berlebihan dapat merusak skin barrier kita sehingga kulit menjadi rentan terhadap bakteri, kering, kasar ataupun minyak berlebih. 

3. Kurang Tidur

Kebiasaan Buruk ini Dapat Merusak Kulit Wajah Kita
Ilustrasi Kurang Tidur/freepik.com

Saat tidur tubuh kita tak hanya beristirahat tetapi juga bekerja memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak agar saat terbangun tubuh menjadi lebih fresh dan sehat. Saat tubuh kekurangan tidur kadar kortisol meningkat sehingga memicu hormon peradangan di kulit dan membuat kulit kusam. 

Tak hanya itu kurang tidur juga dapat menghambat regenerasi kulit sehingga menyebabkan penyembuhan jerawat dan juga noda hitam bekas jerawat sulit menghilang. Untuk itu ubah kebiasaan buruk ini dengan tidur yang cukup agar tubuh lebih sehat dan kulit semakin cantik.

4. Mengkonsumsi Makanan Manis

Kebiasaan Buruk ini Dapat Merusak Kulit Wajah Kita
Ilustrasi Mengkonsumsi Makanan Manis/freepik.com

Makanan manis memang lezat untuk dinikmati. Apalagi sekarang ini banyak berbagai varian makan manis yang menggoda lidah dengan bentuk yang lucu. Mengkonsumsi makanan ini secara berlebihan ternyata tak hanya berbahaya untuk tubuh kita, tetapi juga dapat merusak kulit. 

Mengkonsumsi makanan manis secara berlebihan tak hanya dapat meningkatkan kadar gula dan hormon insulin dalam tubuh saja tetapi juga meningkatkan produksi hormon androgen. Hormon ini memiliki fungsi untuk memproduksi minyak dan sebum di kulit. Oleh karena itu terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis dapat meningkatkan resiko jerawat dan over oily.

5. Tidak Menjaga Kebersihkan Produk Skincare

Kebiasaan Buruk ini Dapat Merusak Kulit Wajah Kita
Ilustrasi Menggunakan Produk Skincare/freepik.com

Ladies, bukan hanya spon, brush ataupun alat kecantikan lainnya aja lho yang perlu diperhatikan kebersihannya tetapi kebersihan dari produk skincare yang kita gunakan juga. Produk skincare yang kotor tak hanya tidak enak dilihat tetapi juga dapat berbahaya untuk digunakan.

Untuk itu pastikan menutup produk yang telah digunakan dengan benar dan bersihkan apabila ada kotoran yang menempel pada produk tersebut. Perhatikan juga tempat penyimpanan produk agar tidak rusak, biasanya dalam kemasan produk telah tertulis cara penyimpan yang tepat.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id