sign up SIGN UP

SKINCARE

Stress Bikin Kulit Kusam! Begini Cara Mengatasinya

tyana | Selasa, 20 Apr 2021 19:45 WIB
Stress Bikin Kulit Kusam! Begini Cara Mengatasinya
caption

Ladies, tahu enggak sih kalau stress itu bisa berpengaruh terhadap kesehatan kulit? Ya, tak hanya berdampak bagi tubuh, stress yang terjadi dalam jangka waktu panjang dan tingkat tinggi bisa mempengaruhi kecantikan kulit kamu.

Stress itu sendiri merupakan reaksi tubuh terhadap situasi yang tampak  berbahaya atau sulit. Reaksi ini akan mendorong tubuh untuk memproduksi hormon adrenaline untuk mempertahankan diri.

Stress sendiri bukan hal negatif, tetapi tergolong normal apabila terjadi pada tingkatan yang normal. Stress dalam tingkatan yang ringan dapat memacu seseorang untuk berpikir dan berusaha lebih cepat. Terus apa yang terjadi kepada kulit?

Pengaruh Stress

Stress Bikin Kulit Kusam! Gimana iya Cara Mengatasinya?
Ilustrasi stress/freepik.com

Dilansir dari healthline, stress yang berkepanjangan atau stress yang kronis dapat berpengaruh pada kesehatan kulit dengan dua cara. Pertama, saat kita merasa stres, tubuh akan memproduksi lebih banyak hormon kortisol. Hormon ini menyebabkan bagian otak yang dikenal sebagai hipotalamus menghasilkan hormon yang disebut corticotrophin-releasing hormone (CRH).

CRH sendiri berfungsi untuk merangsang pelepasan minyak dari kelenjar sebaceous glands yang terdapat pada sekitar folikel rambut. Produksi minyak yang berlebihan oleh kelenjar ini dapat menyumbat pori-pori yang kemudian membuat kulit menjadi kusam, komedo dan juga timbul jerawat. 

Kedua, stres berpengaruh terhadap kesehatan kulit kita dengan cara meningkatkan kebiasaan buruk kita seperti malas, kurang tidur, dan juga kurang gerak. Kebiasaan buruk ini yang kemudian membuat kulit kita menjadi kurang terjaga dan menimbulkan masalah kulit kusam, bruntus, komedo hingga jerawat. 

Stress Bikin Kulit Kusam dan Menggelap?

Stress Bikin Kulit Kusam! Gimana iya Cara Mengatasinya?
Ilustrasi Kulit Kusam/freepik.com

Stress berhubungan dengan kesehatan kulit juga diperkuat pernyataan ahli dermalogy, Karen Mallin. Dalam wawancaranya dengan Independent, dia mengungkapkan karena banyak ujung saraf yang terhubung pada kulit dan kulit juga memiliki fungsi untuk melindungi organ sehingga permasalahan psikologis dapat berpengaruh terhadap fisiologis secara neurologis. 

Saat stress juga tubuh tak hanya merangsang produksi CRH tetapi juga melepas melanocyte-stimulating hormone (MSH). Dimana hormon ini berfungsi untuk menghasilkan pigmen warna kulit dan melepaskan butir-butir melanin ke seluruh lapisan kulit yang berdampak pada kulit terlihat kusam dan juga lebih gelap. 

@beautynesia.id

Kamu pernah denger Rooibos Tea belum nih? ##fypシ ##samasamabelajar ##tiktoktainment ##RaihIkhlasChallenge ##JanganKendorJagaImun ##rooibostea ##taugaksih

♬ Terpesona - Bulan Sutena

Cara Mengatasi Stress

Stress Bikin Kulit Kusam! Gimana iya Cara Mengatasinya?
Ilustrasi Meditasi/freepik.com

Ladies, hampir setiap orang pernah mengalami stress meskipun tingkatannya berbeda. Untuk mengatasi stress cara pertama yang dapat kita lakukan adalah mencari tahu penyebab dari stress tersebut kemudian kita perlu mencari tahu cara mengatasinya agar stress dapat diatasi dengan cara yang benar. 

Sayangnya, kadang untuk mengetahui penyebab dari stress bukan cara yang mudah. Untuk itu kamu dapat meredakan tingkat stress dengan melakukan hal-hal berikut ini:

  • olahraga : aktivitas menggerakkan badan dapat membuat tubuh melepas hormon endorfin yang dapat mengatasi stress.
  • cerita kepada orang yang dipercaya: mengungkapkan permasalahan kepada orang yang kita percaya atau ahli dapat membuat kita melihat masalah dalam kacamata yang berbeda sehingga dapat membuat kita lebih tenang dan dapat melihat penyebab dari stress.
  • meditasi : cara menenangkan diri ini dapat membantu tubuh mengurangi produksi hormon kortisol penyebab stress.
(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id