sign up SIGN UP

SKINCARE

Sudah Pakai Toner, Perlukah Memakai Essence?

Friska NR | Kamis, 18 Feb 2021 17:00 WIB
Sudah Pakai Toner, Perlukah Memakai Essence?
caption

Berawal dari tren skincare Korea, kini banyak wanita yang tertarik menambahkan essence ke dalam skincare routine mereka. Produk ini diketahui mulai dikenal sejak tren rangkaian skincare 10 langkah ala Korea.

Dengan teksturnya yang cair menyerupai toner serta desain kemasan botolnya yang sama, banyak orang yang salah paham saat harus membedakan keduanya. Tak sedikit pula menganggap toner dan essence memiliki fungsi yang sama sehingga tidak perlu dipakai bersamaan. Namun benarkah demikian?

Fungsi Toner

toner.
Foto: Ilustrasi Toner Wajah/freepik.com

Toner merupakan salah satu tahapan penting dalam skincare routine. Digunakan setelah membersihkan wajah, produk ini berfungsi untuk membersihkan sisa cleanser dan kotoran yang masih melekat, melembapkan kulit sekaligus mengembalikan keseimbangan pH-nya.

Toner dikatakan penting karena dapat mempersiapkan kulit menerima produk-produk skincare lainnya agar mudah terserap lebih maksimal.

Fungsi Essence

essence
Foto: Ilustrasi Essence/freepik.com

Meski memiliki tekstur cair yang mirip toner, fungsi essence sebenarnya cukup berbeda, lho. Ia merupakan produk skincare dengan kandungan bahan aktif yang berguna untuk menghidrasi, melembutkan dan membantu mengatasi masalah-masalah kulit tertentu. Bisa dikatakan, fungsi essence lebih mirip serum alih-alih toner sehingga kerap disebut ‘serum ringan’ dengan kadar konsentrasinya yang lebih rendah.

Dalam tahapan skincare routine, essence umumnya digunakan setelah toner untuk membantu menutrisi dan menjaga kelembapan kulit. 

Lantas, Perlukah Menggunakan Essence Setelah Toner?

toner vs essence
Foto: Ilustrasi Kulit Glowing freepik.com

Perlunya menggunakan essence setelah toner sebenarnya dapat disesuaikan dengan kebutuhan kulit masing-masing. Jika kamu memiliki kulit yang cenderung kering dan flaky, kombinasi essence dan toner dapat dimanfaatkan untuk memberikan kelembapan ekstra karena kedua produk ini sama-sama memiliki sifat hydrating.

Sementara untuk kulit normal hingga berminyak, penggunaan toner tanpa essence dinilai sudah cukup menghidrasi dan membuat kulit lebih segar.

Tips Menggunakan Essence

essence
Foto: freepik.com

Nah, setelah mengetahui fungsi dan urutan menggunakan essence dalam skincare routine, kamu juga perlu mengaplikasikan produk ini dengan cara yang tepat, Ladies. Sebelum mengaplikasikan essence, hangatkan telapak tangan lebih dahulu, kemudian tepuk-tepukan essence ke wajah hingga dapat terserap maksimal.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id