sign up SIGN UP

Sunscreen dengan Harga Terjangkau yang Efektif Melindungi Wajah, Memang Ada? Ini Daftarnya!

Dhea Salsabila | Selasa, 17 Aug 2021 06:00 WIB
Sunscreen dengan Harga Terjangkau yang Efektif Melindungi Wajah, Memang Ada? Ini Daftarnya!
caption

Beauties, tahukah kamu pentingnya penggunaan sunscreen? Paparan sinar matahari dapat menimbulkan flek hitam, menyebabkan bekas jerawat semakin menggelap serta mempercepat proses penuaan dini, sehingga kulit kamu akan tampak kusam, kering dan rentan iritasi.

Ya, hal-hal tersebut bisa dicegah dengan penggunaan sunscreen secara teratur setiap kali beraktivitas di luar ruangan. Kini sudah banyak produk sunscreen yang baik dan bagus dengan harga terjangkau.

Pada umumnya sunscreen terdapat SPF dan PA. SPF adalah standar UV protection yang berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar UVB yang dapat menyebabkan sunburn serta kanker kulit, sedangkan PA merupakan standar UV protection untuk melindungi kulit dari sinar UVA yang dapat menyebabkan kulit menjadi cepat menua.

Misalnya saja tanpa kamu menggunakan sunscreen, kulit kamu akan mengalami sunburn dalam waktu 10 menit. Namun, jika kamu menggunakan produk sunscreen dengan SPF 30, maka kulit kamu akan terlindungi 30 kali lebih lama.

Berikut ini 5 pilihan produk sunscreen dengan harga relatif terjangkau:

1. Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++ (Harga Sekitar Rp35 Ribu)

Sunscreen Wardah dapat menjaga kulit dari sinar UV A / UV B serta pancaran blue light berlebih.
Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++/foto: wardahbeauty.com

Produk lokal sunscreen dari Wardah merupakan sunscreen dengan Broad Spectrum Protection, yang diklaim mampu menjaga kulit kamu 30x lebih optimal dari sinar UV A / UV B serta pancaran blue light berlebih.

Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30 PA+++ dengan inovasi formula 0% alkohol namun terasa tetap ringan dan tidak lengket pada kulit. Kombinasi Vitamin E dan Pro Vitamin B5 di dalamnya bisa membantu penuhi kebutuhan nutrisi kulit kamu sehari-hari.

2. Emina Sun Battle SPF 45 PA+++ (Harga Sekitar Rp49 Ribu)

Emina Sun Battle SPF 45 PA+++ memiliki tekstur yang ringan dan cepat meresap di kulit.
Emina Sun Battle SPF 45 PA+++/foto: instagram.com/eminacosmetics

Beauties, kamu mungkin sudah familiar dengan salah satu produk lokal ini. Yup, Emina mengeluarkan produk sunscreen baru yaitu Emina Sun Battle SPF 45 PA+++.

Memiliki tekstur yang ringan dan cepat meresap di kulit. Sunscreen ini diklaim dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV, mengandung grape leaf extract yang dikenal sebagai bahan anti polusi.

3. Skin Aqua UV Tone Up Essence (Harga Sekitar Rp60 Ribu)

Skin Aqua UV Tone UP Essence merupakan sunscreen sekaligus base make up yang memiliki SPF 50+ dan PA++++
Skin Aqua UV Tone Up Essence/foto: rohto.co.id

Selanjutnya, ada sunscreen yang sekaligus base makeup dari Skin Aqua UV Tone UP Essence yang memiliki SPF 50+ dan PA++++ yang dapat melindungi kulit dari sinar UV A dan UV B.

Produk ini juga dapat melembapkan serta meningkatkan tone warna kulit sehingga memberikan efek cerah, bercahaya dan glowing.

4. Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF 45 PA++++ (Harga Sekitar Rp65 Ribu)

Sunscreen Azarine bertekstur dalam bentuk gel yang ringan, dingin dan mudah meresap.
Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF45 PA++++/foto: azarinecosmetic.com

Sunscreen ini diklaim cocok digunakan untuk semua jenis tipe kulit, termasuk kulit berminyak dan kulit berjerawat. Bertekstur dalam bentuk gel yang ringan, dingin dan mudah meresap.

Keunggulan dari produk ini yaitu mengandung 0% alkohol, 0% oil, 0% silicone dan diformulasikan dengan kandungan bahan alami propolis, aloe vera, green tea dan delima, untuk melindungi kulit dari sinar UV A & UV B serta menutrisi kulit.

5. Ristra Sun Care SPF 17 (Harga Sekitar Rp77 Ribu)

Suncare yang diformulasikan dengan pH balanced, Nanoparticle dan NON PABA agar tidak mencoklatkan kulit.
Ristra Sun Care SPF 17/foto: instagram.com/ristracosmetics

Ristra Sun Care diformulasikan dengan pH Balanced, Nanoparticle dan NON PABA yang dapat melindungi kulit tubuh dan wajah kamu secara menyeluruh dari paparan sinar UV A dan UV B. Formulanya juga diklaim dapat mencegah timbulnya pencoklatan warna kulit, noda hitam dan penuaan dini.

Bagaimana Cara Pemakaian Sunscreen yang Benar?

Dikutip dari wolipop.detik.com, dr. Arini Astasari Widodo Sp.KK menjelaskan bahwa penggunaan sunscreen tidak hanya untuk orang-orang yang sudah berumur atau memiliki flek pada kulit saja.

Melainkan para remaja pun sangat penting untuk menggunakannya. Agar tidak salah dalam menggunakan sunscreen, dokter Arini membagikan beberapa cara memakai sunscreen yang benar.

1. Gunakan Sunscreen di Seluruh Kulit yang Terpapar Sinar Matahari

Gunakanlah pada wajah, telinga, tangan, atas kaki, kemudian atas kulit kepala. Untuk mengaplikasikan sunscreen di kulit kepala, kamu bisa memilih produk sunscreen yang berbentuk spray. Itu akan memudahkanmu.

2. Jumlah Pemakaian Harus Mencukupi

Dokter Arini merekomendasikan penggunaan sunscreen di wajah kira-kira sebesar koin. Karena jika menggunakannya terlalu sedikit justru hasilnya tidak akan efektif melindungi kulit.

3.Waktu Penggunaan yang Tepat

Gunakanlah sunscreen 15-30 menit sebelum pergi atau beraktivitas di luar ruangan.

4. Jangan Lupa untuk Selalu Re-apply

Dokter Arini menyarakan untuk selalu re-apply sunscreen setiap 2 jam sekali, dan ulangi kembali setelah berenang ataupun berkeringat. Dengan demikian, kulit kamu akan lebih terlindungi dari risiko paparan sinar UVA dan UVB matahari.

5. Cermati dan Pahami Instruksi Produk Sunscreen yang Digunakan

Agar sunscreen yang digunakan bisa efektif membantu melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari, kamu perlu mengikuti instruksi pemakaian yang tertera di produk tersebut Beauties.

Itulah rekomendasi dan cara pakai sunscreen yang tepat, benar dan efektif melindungi wajah kamu, Beauties. Pastikan kamu memilih sunscreen yang cocok dengan jenis kulit kamu, ya!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id