sign up SIGN UP

Supaya Rambut Cepat Panjang Alami, Lakukan 7 Kebiasaan Ini!

Ade Irma Suryani | Rabu, 04 Dec 2019 14:00 WIB
Supaya Rambut Cepat Panjang Alami, Lakukan 7 Kebiasaan Ini!
caption
Rambut panjang identik dengan kesan girly pada perempuan. Barangkali alasan itulah yang membuat sebagian besar perempuan mendambakan rambut panjang yang indah. Berbagai cara pun dilakukan, termasuk melakukan perawatan khusus. Namun sebenarnya, agar rambut tumbuh panjang dengan cepat, semuanya dimulai dari hal-hal kecil yang sederhana. Yuk, lakukan 7 kebiasaan ini untuk memiliki rambut panjang yang kamu inginkan!

1. Rutin Memotong Ujung Rambut


Foto: https://freepik.com

Perubahan iklim, catokan atau sering mengeringkan rambut adalah beberapa hal yang bisa membuat rambut menjadi bercabang dan tidak sehat. Dengan rutin memotong bagian ujung rambut, setidaknya sebulan sekali, rambutmu pun akan sehat dan tumbuh panjang dengan mudah.
 


2. Memijat Kulit Kepala


Foto: https://pixabay.com

Memijat kulit kepala merupakan salah satu cara efektif untuk merangsang pertumbuhan rambut. Aktivitas ini bisa membantu melancarkan peredaran darah di kepala serta memberikan nutrisi ke akar rambut supaya rambut menjadi lebih kuat dan sehat. Kamu bisa memijat kulit kepala dengan menggunakan minyak alami, seperti minyak kelapa atau zaitun, untuk menambahkan khasiat lainnya pada rambut.
 


3. Minyaki Rambut


Foto: https://freepik.com

Rajin meminyaki rambutmu sebulan sekali juga terbukti dapat membuat rambut makin hitam, subur, sehat dan cepat panjang. Minyak yang bisa kamu gunakan antara lain minyak jojoba, zaitun atau kelapa. Untuk hasil yang lebih baik, kamu bisa menghangatkan minyak tersebut terlebih dahulu sebelum dioleskan ke kepala disertai dengan pijatan.
 


4. Jangan Terlalu Sering Keramas


Foto: https://freepik.com

Setiap hari berkeramas dapat menghilangkan minyak alami pada rambut. Hal ini bisa membuat rambutmu menjadi kering dan tidak dapat tumbuh dengan baik. Sebaiknya keramas setiap 2-3 hari sekali. Selain itu, oleskan juga kondisioner pada batang rambut seminggu sekali. Hal ini berguna untuk mengganti protein dan lipid yang berangsur berkurang dalam batang rambut.

Selesai berkeramas, akan sangat baik jika kamu menyiram rambut dengan air dingin. Air dingin dapat membantu melembutkan kutikula dan mencegah kekeringan pada rambut.
 


5. Pakai Penutup Rambut


Foto: https://pexels.com

Bukan hanya kulit saja yang harus dilindungi dari paparan sinar UV A dan UV B, rambutmu juga, lho. Maka dari itu, gunakan topi, payung, atau penutup kepala lainnya untuk melindungi rambutmu dari sinar matahari langsung ya.
 


6. Keringkan Rambut secara Alami


Foto: https://pexels.com

Sering menggunakan hairdryer berisiko membuat rambutmu menjadi kering, patah dan mudah rontok. Sebaiknya, angin-anginkan rambut atau gunakan kipas angin saja untuk mengeringkannya. Jika memang mendesak, gunakan hairdryer dengan jarak yang tidak terlalu dekat dengan rambut serta gunakan suhu yang tidak terlalu panas.
 


7. Makan Makanan Sehat


Foto: https://pexels.com

Nutrisi dari makanan yang kita konsumsi juga diserap oleh rambut. Jika kamu menginginkan rambut yang panjang dan sehat, tentu saja kamu harus memperhatikan jenis makanan yang akan dikonsumsi.

Makanan yang baik untuk pertumbuhan rambut adalah makanan yang kaya akan kandungan zat besi, vitamin C, vitamin B, dan omega 3. Makanan ini dapat kamu temui pada ikan, daging ayam, kacang-kacangan, buah dan sayuran hijau.



Itu dia 7 kebiasaan baik yang bisa membuat rambutmu cepat panjang. Semoga bermanfaat ya.


(ags/ags)

Our Sister Site

mommyasia.id