sign up SIGN UP

Tak Hanya Lezat, Susu Kambing dalam Skrincare Juga Bikin Kulit Sehat, Terutama Buat yang Sensitif!

Febriyani Rahmania | Rabu, 06 Oct 2021 15:15 WIB
Tak Hanya Lezat, Susu Kambing dalam Skrincare Juga Bikin Kulit Sehat, Terutama Buat yang Sensitif!
caption
Jakarta -

Kambing merupakan salah satu hewan yang beberapa bagian tubuhnya bisa dimanfaatkan, seperti daging kambing bisa diolah menjadi makanan lezat, kulitnya digunakan untuk bedug, dan susunya dikonsumsi untuk kesehatan tubuh.

Di sisi lain, faktanya, susu kambing nggak hanya bisa dikonsumsi dalam bentuk minuman. Dikutip dari Hai Bunda, susu kambing juga bisa menjadi bahan alami skincare yang berfungsi untuk menghaluskan, mencerahkan, dan mengatasi kulit yang terbakar akibat sinar matahari. Apalagi buat kulit sensitif, Beauties. 

Lebih lanjut, kandungan susu kambing pada skincare rupanya bukan hal baru di dunia kecantikan. Manfaat susu kambing pada skincare diketahui telah berlangsung selama ribuan tahun.

SKINCAREIlustrasi skincare./ Foto: pexels.com/cottonbro

Kandungan lemak jenuh dan tak jenuh yang kaya pada susu kambing cocok sebagai bahan campuran pembuatan sabun. Fungsi lemak-lemak tersebut berfungsi sebagai eksfoliator, sumber kelembapan, dan hidrasi yang kuat untuk kulit.

Selain manfaat-manfaat tersebut masih ada lagi beberapa khasiat susu kambing bagi kulit sensitif, apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

Pembersih Alami yang Lembut

Kebanyakan sabun di pasaran mengandung surfaktan keras. Kandungan ini dapat menghilangkan kelembapan dan minyak alami, sehingga membuat kulit terasa lebih kering dan kencang.

Foto: Inilah 5 Klaim Skincare Nggak Masuk Akal yang Masih Sering Dipercayai, Jangan Sampai Tertipu Iklan!/Freepik.com/senivpetroIlustrasi skincare. (Foto:Freepik.com/senivpetro)/ Foto: Rani Mutiara

Beda hal jika produk skincare-mu menggunakan susu kambing. Susu kambing akan membuat kulitmu lebih terlihat sehat karena kandungan lemak yang tinggi. Kandungan lemak tersebut mampu mengangkat kotoran dengan lembut tanpa menurunkan kandungan asam lemak alami kulit.

Pelembab Alami

Ilustrasi wanita pakai skincare atau perawatan kulitIlustrasi wanita pakai skincare atau perawatan kulit./ Foto: Getty Images/iStockphoto/yacobchuk

Rendahnya kadar air dan kadar lipid dalam kulit membuat kulit jadi kering, teriritasi, dan kencang. Apalagi jika kamu juga penyintas psoriasis atau eksim, kulit bisa jadi terasa sangat kering. Kandungan susu kambing dapat mengatasi hal ini, karena kadar kolesterol dan asam lemak dalam sabun susu kambing yang tinggi bisa memberikan kelembapan pada kulitmu.

Eksfoliator Alami

Susu kambing mengandung asam laktat dan asam alfa-hidroksi (AHA). Kandungan tersebut bisa mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit jadi tampak lembut dan cerah. Kandungan AHA sudah terbukti mampu mengangkat lapisan sel kulit mati secara lembut, sehingga bekas luka dan hiperpigmentasi memudar dengan sendirinya.

Manfaat selanjutnya, kamu bisa klik di SINI, ya, Beauties. Semoga bermanfaat!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id