sign up SIGN UP

Tak Kalah Penting dari Wajah, Ikuti 6 Tips Jaga Elastisitas Kulit Leher

Nisrina Salsabila | Minggu, 18 Apr 2021 10:00 WIB
Tak Kalah Penting dari Wajah, Ikuti 6 Tips Jaga Elastisitas Kulit Leher
caption

Kondisi kulit wajah yang mulai muncul garis-garis halus, keriput, mengendur, dan bintik-bintik hitam adalah beberapa tanda-tanda penuaan dini. Faktanya, tanda penuaan bukan hanya terjadi pada kulit wajah, loh, melainkan juga pada kulit leher.

Kulit leher yang kerap luput dari perawatan yang baik bisa saja mengalami penuaan dini. Alhasil, walau wajahmu yang masih muda terlihat kencang, namun lehermu sudah mulai muncul keriput, deh.

Kunci pencegahannya lumayan mudah, kok. Berikanlah perhatian dan perawatan yang sama seperti merawat wajah untuk menjaga leher dari penuaan dini. Berikut uraian tips-tips dalam merawat kulit leher yang bisa kamu lakukan. Meski caranya mudah, tapi dampaknya cukup signifikan, loh!

1. Aplikasikan Skincare

mencegah kulit leher kendur
Aplikasikan skincare hingga ke leher/Foto: Pinterest.com/marieclaire

Ada alasan penting mengapa kamu perlu mengaplikasikan produk perawatan dari wajah hingga ke leher sesuai skincare routine-mu. Pasalnya, kulit leher juga butuh asupan nutrisi dari produk skincare supaya senantiasa lembap, halus, dan sehat.

Bersihkanlah leher, lakukan eksfoliasi secara rutin, oleskan pelembap hingga lakukan pijatan lembut. Untuk mencegah kerutan, kamu bisa memanfaatkan produk dengan kandungan vitamin C, bakuchiol, retinol atau peptide.

2. Perlindungan dari Sinar Matahari

mencegah kulit leher kendur
Aplikasikan sunscreen pada leher/Foto: Pinterest.com

Sama seperti kulit wajah, kulit leher juga sensitif terhadap penuaan dini. Keriput atau kendur di kulit wajah termasuk leher terjadi akibat paparan sinar UV matahari yang bisa merusak elastin dan kolagen di dalam lapisan kulit. Oleh karena itu, turut lindungi kulit lehermu dengan memberinya sunscreen saat di pagi hari.

3. Stop Merokok dan Minum Alkohol

mencegah kulit leher kendur
Merokok dan minum alkohol bikin kulit cepat tua/Foto: Pinterest.com/strangerharbors

Dampak buruk alkohol dan racun dari rokok bukan hanya merusak organ dalam tubuh, namun juga kesehatan kolagen dan elastisitas kulit tubuh. Termasuk kulit leher, ia pun lama-lama bakalan terlihat semakin mengendur dan keriput. Kandungan nikotin pada rokok berpotensi membuat pembuluh darah menyempit, sehingga aliran darah tidak lancar dan pasukan oksigen pada kulit jadi berkurang.

4. Cukupi Kebutuhan Air Minum

mencegah kulit leher kendur
Minum air 8 gelas per hari/Foto: Pinterest.com/webmd

Jaga hidrasi dan kelembapan kulit lehermu dengan minum air putih 8 gelas per hari. Kekuarangan kadar air hingga dehidrasi pada kulit dapat memicu keriput dan garis halus pada kulit. Dengan rutin minum air putih, kamu pun bakal dapat bonus tubuh yang sehat plus kulit yang glowing!

5. Hindari Terlalu Sering Menunduk

mencegah kulit leher kendur
Main HP sambil menunduk dapat menambah garis halus/Foto: Pinterest.com/stocksyunited

Ternyata, terlalu sering melakukan gerakan menunduk atau menekuk leher ke depan juga dapat menyebabkan timbulnya garis halus dan kerutan. Contohnya, seperti kebiasaan menatap layar handphone dan tidur dengan bantal yang ditumpuk hingga tinggi. Dua kebiasaan ini bisa membuat kulit leher terlipat ke bawah dan menimbulkan garis-garis keriput yang tak diinginkan pada leher.

6. Olahraga secara Rutin dan Tidur yang Cukup

mencegah kulit leher kendur
Olahraga dan tidur yang cukup supaya regenerasi kulit optimal/Foto: Pinterest.com

Kegiatan berolahraga mampu melancarkan aliran oksigen dalam pembuluh darah dan merangsang produksi kolagen pada tubuh. Artinya, kulit pun akan menerima pasokan oksigen dan kolagen untuk menjaga kesehatan dan kekencangan kulit. Di samping itu, tubuhmu juga butuh waktu istirahat yang cukup supaya proses regenerasi sel-sel tubuh dapat berjalan dengan optimal.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id