sign up SIGN UP

Tips Kontrol Minyak dan Jerawat di Area T-Zone Wajah, Muka Gak Becek Lagi!

Dian Aprilia | Kamis, 24 Jun 2021 16:30 WIB
Tips Kontrol Minyak dan Jerawat di Area T-Zone Wajah, Muka Gak Becek Lagi!
caption

T-Zone adalah area wajah yang memiliki produksi minyak paling banyak dibandingkan area yang lainnya. Area T-zone ini terdiri meliputi bagian dahi, hidung dan juga dagu, yang jika digabungkan akan membentuk huruf T.

Apabila produksi minyak tersebut tak dikontrol maka rentan menyebabkan komedo dan jerawat di area tersebut. Kondisi minyak berlebih ini bisa disebabkan berbagai hal, seperti genetik, hormon atau stres, begadang, diet, tidak membersihkan wajah dan lainnya. Berikut beautynesia.id telah merangkum tips kontrol minyak dan jerawat di area T-zone wajah.

Rutin Melakukan Double Cleansing

Double cleansing
Double cleansing/pexels.com

Cara penting merawat kulit berminyak adalah rutin melakukan double cleansing. Apalagi bagi yang sering beraktivitas di luar ruangan dan memakai make up sepanjang waktu. Cara ini ampuh untuk mengontrol T-zone agar tidak memicu minyak dan jerawat berlebih.

Selain itu, double cleansing ini juga efektif untuk mencegah penyumbatan pada pori-pori karena proses cleansing yang kurang maksimal. Kamu bisa menggunakan cleansing oil/balm, micellar water untuk pembersihan pertama. Lalu dilanjutkan dengan facial foam sebagai pembersih kedua.  

Gunakan Toner

Toner
Toner/pexels.com

Penggunaan toner ini sering dilewatkan karena berbagai hal. Padahal toner ini cukup diperlukan untuk mengontrol minyak di area T-zone. Ada dua jenis toner yang bisa kamu pakai yakni hydrating toner dan exfoliating toner.

Hydrating toner adalah toner yang berfungsi membantu menyeimbangkan hidrasi kulit. Sedangkan Exfoliating toner berfungsi untuk mengurangi minyak dan jerawat. Pilih yang sesuai dengan jenis kulit dan masalah wajah yang kamu alami.

Jangan Lupa Memakai Moisturizer dan Sunscreen

Moisturizer
Moisturizer/pexels.com

Pelembab dan sunscreen ini termasuk skincare wajib yang harus ada untuk melembapkan dan melindungi kulit. Pilihlah pelembab yang tidak menyumbat pori-pori atau dikenal sebagai non-comedogenic. Selain itu, pilih yang oil free agar tak membuat kulit semakin berminyak.

Sementara itu, untuk sunscreen, kamu bisa memilih yang SPF30 dan formula bebas minyak. Hal ini agar membuat bagian T-zone tidak semakin berminyak dan rentan jerawat.

Pakai Clay Mask

Clay mask
Clay mask/pexels.com

Clay mask atau masker dengan tanah liat merupakan perawatan yang ampuh untuk membersihkan minyak dan kotoran di pori-pori wajah. Masker ini sangat cocok untuk area T-zone yang berminyak, karena pori-pori wajah di area tersebut mudah tersumbat.

Kamu bisa menggunakan produk clay mask di seluruh wajah atau area T-zone saja. Gunakan secara rutin 1-2 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal. Ada berbagai produk clay mask yang bisa kamu pilih, diantaranya adalah Himalaya Purifying Neem Mask, Kleveru Orgaics Centella & Spirulina Green Mask, dan lainnya.

Gunakan Blotting Paper  

Cara praktis yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi minyak di T-zone adalah mengaplikasikan blotting paper atau kertas minyak. Cara ini bisa mengurangi minyak berlebih di area tertentu. Cocok banget dipakai untuk kamu yang memiliki aktivitas padat dan males ribet.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id