sign up SIGN UP

MAKE-UP

Cara Tepat Menggunakan Primer Sesuai Jenis Kulit Wajah

Ratih Dewi | Sabtu, 24 Apr 2021 18:15 WIB
Cara Tepat Menggunakan Primer Sesuai Jenis Kulit Wajah
caption

Penggunaan primer sebelum makeup sudah biasa digunakan untuk menjaga riasan lebih tahan lama. Fungsi primer salah satunya untuk menutup pori-pori dan menghaluskan tekstur wajah sehingga saat menggunakan foundation atau cushion menjadi lebih rata.

Ternyata, ada beberapa jenis primer yang bisa disesuaikan dengan kondisi kulit wajah kita lho Ladies, mulai dari yang berminyak, kering, atau kombinasi. Penggunaan primer sesuai dengan jenis kulit wajah menjadikan kulit lebih nyaman dan makeup lebih tahan lama. 

1. Untuk Kulit Kering

The Body Shop Makeup Setting Spray
The Body Shop Makeup Setting Spray/Foto : thebodyshop.co.id

Pilihlah primer dengan fungsi hydrating untuk tetap menghidrasi kulit wajah kamu. Terkadang penggunaan primer membuat kulit wajah menjadi kering dan mudah mengelupas, jadi pastikan kamu memilih primer yang memang dikhususkan untuk kulit wajah yang kering.

Amannya, kamu bisa menggunakan yang model spray, pastikan juga ada kandungan yang berfungsi untuk melembapkan atau menghidrasi kulit wajah agar makeup tahan lama dan mudah diaplikasikan ke kulit wajah. 

2. Untuk Kulit Bejerawat dan Sensitif

Makeover Corrective Base Makeup
Makeover Corrective Base Makeup/Foto : makeoverforall.com

Untuk kulit yang berjerawat dan sensitif bisa menggunakan primer yang tidak ada kandungan alkohol atau fragrance-nya. Kamu bisa menggunakan primer yang modelnya spray jadi lebih aman untuk kulit wajah karena tidak langsung terkena kulit yang berjerawat ketika diaplikasikan menggunakan tangan atau makeup brush

Kalau kulit kamu kemerahan karena bekas jerawat, kamu bisa menggunakan primer yang modelnya color-correcting untuk menyamarkan kemerahan pada wajah kamu sebelum mengaplikasikan foundation atau cushion

3. Untuk Kulit Berminyak

Perfect Canvas Mattifying Poreless Primer
Perfect Canvas Mattifying Poreless Primer/Foto : instagram.com/luxcrime_id

Untuk kulit wajah yang berminyak disarankan untuk menggunakan produk makeup dengan hasil yang matte, jadi pastikan kamu memilih jenis primer dengan hasil yang mattifying karena bisa mengontrol produksi minyak di kulit wajah sehingga makeup kamu menjadi lebih tahan lama dan lebih mudah mengaplikasikannya. 

Biasanya, kulit yang berminyak cenderung berjerawat. Jadi, pastikan kamu menggunakan primer yang kandungannya aman untuk kulit berjerawat atau ada kandungan untuk merawat kulit yang berjerawat. 

4. Untuk Kulit Kombinasi

Wardah Instaperfect Porefection Skin Primer
Wardah Instaperfect Porefection Skin Primer/Foto : wardahbeauty.com

Kulit kombinasi memang memerlukan produk ekstra disesuaikan dengan area kulit wajah. Kamu bisa menggunakan dua jenis primer untuk kulit yang kombinasi.

Untuk t-zone kamu bisa menggunakan primer yang matte dan untuk u-zone gunakan primer yang hydrating, jadi wajah kamu lembap dan produksi minyak di wajah juga terkontrol. Pastikan kedua primer yang akan kamu gunakan kandungannya cocok dan aman untuk kulit wajah jika pemakaiannya digabungkan. 

5. Untuk Kulit Normal

Note Cosmetics Skin Perfecting Illuminator
Note Cosmetics Skin Perfecting Illuminator/Foto : notecosmetics.co.uk

Kamu bisa menggunakan jenis primer apapun disesuaikan dengan tampilan makeup kamu. Kalau kamu mau tampilan makeup yang matte bisa gunakan yang mattifying, kalau mau tampil lebih glowing dan dewy bisa gunakan yang illuminating, untuk memberikan hidrasi di kulit wajah bisa gunakan yang hydrating

Nah, itu dia jenis primer disesuaikan dengan kondisi kulit wajah kamu Ladies. Jangan lupa disesuaikan juga dengan hasil akhir dari produk makeup yang kamu gunakan ya!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id