sign up SIGN UP

SKINCARE

Tips Membersihkan dan Merawat Kuku Kaki

Shinta Nikmah | Kamis, 03 Jun 2021 17:00 WIB
Tips Membersihkan dan Merawat Kuku Kaki
Kuku Kaki Terawat/ Freepik.com

Kuku merupakan bagian tubuh yang butuh perawatan tersendiri agar terlihat bersih dan cantik. Kuku yang hitam dan kotor tentu membuatmu risih. Terlebih kamu biasa mencomot makanan dengan tangan kosong. Tentu tidak higienis kan Ladies?

Untuk itu, kamu perlu memperhatikan kebersihan kuku. Tidak hanya kuku tangan namun juga kuku kaki. Meski pertumbuhannya tidak secepat kuku tangan, namun kamu tidak boleh luput merawatnya. Sebab kuku kaki justru rentan terkena infeksi jamur terutama jika kamu sering menggunakan kaos kaki ketika beraktivitas. 

Nah, berikut ini tips yang bisa kamu praktikkan untuk merawat kuku kaki.

Cuci Kaki dengan Bersih

Foot
Mencuci Kaki/ Foto: freepik.com

Setiap kali setelah beraktivitas dan sebelum tidur kamu disarankan untuk mencuci kaki dengan bersih untuk membersihkan bakteri yang mungkin menempel pada kaki. Kamu juga bisa menggunakan air hangat untuk merendam kaki lho. Selain berfungsi untuk membersihkan jamur, air hangat juga bisa membuatmu lebih rileks. Jangan lupa gunakan sabun dan sikat yang gentle untuk membersihkan kuku dan sela-sela kaki.

Jangan Biarkan Kuku Terlalu Panjang

Nail
Kuku Kaki/ Foto: freepik.com

Kamu mungkin baru menyadari untuk memotong kuku kaki saat kuku tersebut sudah panjang. Padahal seharusnya kamu rutin memotong kuku kaki 2-3 minggu sekali. 

Pastikan kamu memotong kuku sesuai dengan bentuk jari ya, lalu kikir kuku agar lebih halus. Jangan sembarangan memotong kutikula atau lapisan kulit pelindung kuku sebab bisa menyebabkan infeksi. Jika ingin merapikan kutikula kamu bisa datang ke salon yang memiliki tenaga ahli dalam merawat kuku.

Potong Kuku Dalam Keadaan Kering

Foot
Memotong Kuku Kaki/ Foto: freepik.com

Kamu mungkin sering memotong kuku dalam kondisi yang masih basah sebab kuku lebih mudah dipotong dan kutikula lebih mudah dirapikan. Padahal sebenarnya dalam kondisi basah, kuku lebih rapuh dan lebih mudah patah atau sobek. Sebaiknya potong kuku dalam keadaan kering agar hasil potongan lebih halus. Baru ketika sudah selesai dipotong kamu bisa membasuhnya dengan air hingga bersih.

Pakai Gunting Kuku Yang Sesuai

pedicure
Peralatan Pedicure/ Foto: freepik.com

Ada baiknya kamu memiliki 2 jenis gunting kuku yang berbeda untuk kuku tangan dan kuku kaki. Selain untuk menghindari perpindahan jamur, kuku kaki biasanya lebih tebal sehingga kamu butuh gunting kuku yang lebih besar.

Jangan lupa untuk selalu membersihkan gunting kuku setelah dipakai ya, dan pastikan juga kamu rutin mengganti gunting kuku apabila sudah tidak tajam sehingga tidak merusak hasil potongan kuku.

Hindari Nail Polish Remover Yang Terlalu Sering

aseton
Penggunaan Nail Polish Remover/ Foto: freepik.com

Kutek menjadikan kuku terlihat lebih cantik, maka tidak heran banyak wanita bergonta-ganti warna kutek. Hal tersebut tentu membuatmu akrab dengan penggunaan nail polish remover seperti aseton. Padahal penggunaan aseton yang terlalu sering bisa membuat kuku, kutikula, serta kulit di sekitar kuku menjadi kering. Aseton juga membuat kuku menjadi lebih rapuh, untuk itu kamu perlu batasi penggunaan aseton pada kuku agar kuku lebih sehat ya Ladies

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id