sign up SIGN UP

Tips Menghindari Bau Badan Tak Sedap

Liana Dewi | Selasa, 06 Apr 2021 07:30 WIB
Tips Menghindari Bau Badan Tak Sedap
caption
Jakarta -

Bau badan tidak sedap membuatmu tidak percaya diri. Setiap gerak-gerik membuatmu kikuk dan takut saat berdekatan dengan orang lain. Jadinya sangat mengganggu performa kamu kan. Di samping itu, bau badan tidak sedap bisa mengganggu orang lain juga, lho. Merusak image kamu juga, kamu jadi terkesan jorok dan tidak presentable.

Bau badan itu sendiri timbul karena keringat bercampur dengan bakteri penyebab bau badan. Untuk mencegah itu semua, tentunya kamu perlu menghindari resiko bau badan. Berikut adalah beberapa tips menghindari bau badan yang Beautynesia rangkum khusus buat kamu!

Mandi Teratur, Terutama Setelah Berkeringat

Mandi
Mandi/freepik.com

Kunci utama untuk melawan bau badan adalah mandi. Mandilah sebelum dan sesudah beraktivitas, terutama aktivitas yang membuatmu banyak berkeringat seperti olahraga atau kegiatan di luar ruangan lainnya. Kamu disarankan menggunakan sabun anti bakteri, supaya keringat dan bakteri penyebab bau badan hilang dari tubuhmu.

Gunakan Deodoran Setelah Mandi

Gunakanlah deodoran sehabis mandi. Deodoran bisa membantu kamu mengontrol keringat berlebih dan membuat keringatmu tidak menjadi bau. Tapi bukan berarti dengan deodoran kamu jadi sama sekali tidak berkeringat ya. Hati-hati juga dengan kandungan deodoran yang dapat membuat kulit ketiak kamu menjadi gelap.

Mencukur Rambut Ketiak

Mencukur Ketiak
Mencukur Ketiak/freepik.com

Tidak salah kalau kamu suka memiliki rambut ketiak. Namun kamu perlu mengontrolnya supaya tidak terlalu lebat. Rambut ketiak yang lebat membuat ketiakmu lebih lembap karena proses penguapan keringat jadi terhampat. Dengan demikian, bakteri penyebab bau badan jadi tumbuh lebih cepat.

Memakai Pakaian yang Mudah Menyerap Keringat

Material pakaian bisa jadi memperburuk kondisi bau badanmu, lho. Gunakanlah pakaian dengan bahan yang mudah menyerap keringat seperti katun, jersey, dan linen. Dengan bahan yang mudah menyerap keringat, keringatmu jadi lebih terkontrol dan lebih breathable. Apalagi untuk kamu yang berhijab, gunakan juga hijab yang tidak membuatmu gerah.

Hindari Makanan yang Memicu Bau Badan

Ternyata asupan makanan juga bisa berpengaruh terhadap bau badan. Makanan seperti bawang putih dan bawang bombai bisa menyebabkan bau badan. Selain itu, makanan pedas yang membuatmu banyak berkeringat juga perlu kamu kurangi.

Cobalah Mengontrol Stress

Stress Bisa Menyebabkan Keringat Berlebih
Stress Bisa Menyebabkan Keringat Berlebih/freepik.com

Faktor lain yang dapat memicu bau badan adalah stress. Karena saat kamu stress, kelenjar keringat akan memproduksi keringat lebih banyak. Jadi faktor psikologis dapat mempengaruhi kerja fungsional tubuhmu. Oleh karena itu, kamu bisa mencoba berbagai treatment untuk meredakan stress maupun rasa cemas.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id