sign up SIGN UP

SKINCARE

Yuk Mengenal Bakuchiol, Ingredient Ramah Alternatif Retinol

Dimitrie Hardjo | Senin, 28 Dec 2020 19:30 WIB
Yuk Mengenal Bakuchiol, Ingredient Ramah Alternatif Retinol
caption

Siapa yang belum mendengar kandungan ajaib yang hits, bakuchiol? Semejak tahun 2019, bakuchiol menjadi salah satu kandungan yang paling dicari karena manfaatnya yang disandingkan dengan retinol, si anti-aging hero.

Saat ini, semakin banyak produk skincare yang menggunakan bakuchiol di dalamnya agar aman untuk kulit sensitif. Namun, apa sebenarnya bakuchiol dan apakah benar aman untuk kulit kamu? Yuk simak selengkapnya di bawah ini!

Tanaman Babchi yang memiliki komponen bakuchiol.
Tanaman Babchi yang memiliki komponen bakuchiol. Foto: pinterest.com/bakuchiol/

Apa itu Bakuchiol?

Tanaman babchi atau Psoralea Corylifolia mengandung minyak, babchi oil, yang digunakan untuk menyembuhkan permasalahan kulit sejak tahun 1900an. Tidak hanya menjadi bahan obat kulit tradisional Tiongkok, pengobatan Ayurvedic dari India juga menggunakan babchi oil yang didapatkan dengan proses panjang yang disebut Snehapaak.

Dari proses tersebut, dihasilkan babchi oil murni yang memiliki komponen kimia aktif di dalamnya, yaitu bakuchiol. Bakuchiol sudah terbukti secara klinis sebagai kandungan yang aman untuk kulit.

Manfaat yang dihasilkan penggunaan bakuchiol bisa dibilang mirip dengan retinol. Tapi, untuk hasil yang sama, kamu harus memakai lebih banyak produk dibandingkan retinol.

Karena itu, kandungan ini bisa menjadi alternatif retinol yang lebih aman karena cocok untuk semua jenis kulit karena tidak membuat kulit iritasi dan kering.

Manfaat Bakuchiol


1. Aman untuk semua jenis kulit

Bakuchiol yang cocok untuk kulit sensitif.
Bakuchiol yang cocok untuk kulit sensitif. Foto: pinterest.com/lookfantastic.com/

Karena berasal dan diolah dengan bahan alami, bakuchiol ramah untuk semua jenis kulit. Kandungan ini bisa menjadi pilihan untuk digunakan mereka yang memiliki kulit sensitif untuk mendapatkan hasil seperti pemakaian retinol tanpa membuat iritasi.


2. Mengurangi garis halus dan kerutan

Manfaat bakuchiol untuk mengurangi tanda - tanda penuaan.
Manfaat bakuchiol untuk mengurangi tanda - tanda penuaan. Foto: freepik.com

Bakuchiol berfungsi untuk mendorong produksi kolagen dalam kulit sehingga tampilan garis halus dan kerutan dapat berkurang. Elastisitas kulit pun juga tetap terjaga dengan pemakaian rutin.

3. Meratakan dan mencerahkan warna kulit

Manfaat bakuchiol untuk mencerahkan kulit.
Manfaat bakuchiol untuk meratakan dan mencerahkan kulit. Foto: freepik.com

Pemakaian kandungan bakuchiol juga bisa meratakan dan mencerahkan warna kulit sehingga cocok untuk kamu yang memiliki permasalahan kulit kusam, hiperpigmentasi, atau vitiligo.

4. Mempercepat regenerasi sel

Bakuchiol untuk mempercepat regenerasi sel kulit.
Bakuchiol untuk mempercepat regenerasi sel kulit. Foto: freepik.com

Karena sel - sel wajah lebih cepat diperbaharui karena pemakaian bakuchiol, kandungan ini juga dapat menyembuhkan luka, seperti acne scar, yang ada di wajahmu lho, Ladies!

Gimana? Sangat menarik bukan?

(ams/ams)

Our Sister Site

mommyasia.id