sign up SIGN UP

Intip 5 Destinasi Wisata Tersembunyi di NTT, Nggak Kalah Cantik dari Labuan Bajo Kok!

Zeyra Haya | Minggu, 05 Sep 2021 21:00 WIB
Intip 5 Destinasi Wisata Tersembunyi di NTT, Nggak Kalah Cantik dari Labuan Bajo Kok!
caption

Beauties, Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki panorama dan keindahan alam yang menakjubkan. Tak tanggung-tanggung, mulai dari Bali, Yogyakarta, dan Lombok telah menjadi destinasi wisata Indonesia yang menjadi favorit turis domestik hingga mancanegara. Tak sampai di situ, Nusa Tenggara Timur atau NTT kini turut menjadi sorotan dunia berkat panorama alamnya yang menakjubkan.

NTT adalah daerah bagian timur dari Indonesia yang terkenal akan kekayaan dan keindahan pemandangan alam bawah lautnya. Salah satu destinasi wisata yang terkenal di NTT adalah Labuan Bajo dan pulau Komodo.

Tak hanya Labuan Bajo, 5 Destinasi Wisata Tersembunyi Ini Juga Ada di NTT

Siapa sangka, jika menjelajahi lebih jauh lagi masih banyak destinasi wisata Indonesia yang tak kalah menarik khususnya di daerah NTT. Beauties, buat kamu yang suka traveling, simak info berikut ini yuk!

1. Taman Nasional Kelimutu

Taman Nasional Kelimutu, Nusa Tenggara Timur/Foto: pinterest.com
(Taman Nasional Kelimutu, Nusa Tenggara Timur/Foto: pinterest.com)

Ketika berkunjung ke Flores, Taman Nasional Kelimutu harus ada dalam list destinasi wisata mu. Taman Nasional Kelimutu merupakan salah satu taman nasional Indonesia di NTT dengan luas 50 hektar. Di dalamnya, terdapat tiga danau vulkanik yang saling berdekatan.

Uniknya, warna dari kawah-kawahnya dapat berubah dalam tiga warna yakni biru, hijau dan merah. Selain panorama gunung Kelimutu dan kawah warna, jika kamu berkunjung ke destinasi wisata ini kamu juga dapat melihat pohon dan tumbuhan asli Kelimutu seperti Turuwara dan Arngoni serta hewan asli Flores seperti burung Gerugiwa.

2. Wae Rebo

Desa Adat Wae Rebo, Nusa Tenggara Timur/Foto: pinterest.com
(Desa Adat Wae Rebo, Nusa Tenggara Timur/Foto: pinterest.com)

Bagi kamu penyuka etnis, Wae Rebo bisa jadi pilihan destinasi kamu. Wae Rebo adalah satu dari banyaknya desa adat di NTT. Kampung tradisional yang pernah mendapat predikat warisan budaya dunia dari UNESCO ini memiliki panorama alam yang luar biasa karena dikelilingi oleh perbukitan hijau.

Tak hanya itu, rumah adat berbentuk kerucut beratap daun lontar turut menjadi daya tarik Wae Rebo. Pengunjung dapat menginap di rumah-rumah adat tersebut dan merasakan nuansa tradisional dengan ikut memanen kopi dan menenun kain khas Wae Rebo.

Bak harta karun tersembunyi, perjalanan menuju Wae Rebo memang cukup panjang dengan menempuh rute yang sulit yakni perjalanan pendakian, menyebrangi sungai dan melintasi jurang. Tapi perjalanan panjang tersebut akan langsung terbayar dengan panorama indah pemandangan sesampainya di desa Wae Rebo.

3. Sabana Purukambera

Sabana Purukambera, Nusa Tenggara Timur/Foto: pinterest.com
(Sabana Purukambera, Nusa Tenggara Timur/Foto: pinterest.com)

Masih didaerah dataran tinggi, destinasi wisata yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Sabana Purukambera. Hamparan padang rumput luas di Purukambera menjadikan kawasan ini kerap disebut mirip dengan alam safari di Afrika.

Kamu juga dapat melihat segerombolan kuda Sumba liar disekeliling kawasan Sabana. Selain itu, kamu juga dapat melihat panorama pantai Purukambera yang lokasinya berada di ujung Sabana. Sabana Purukambera berada di Mondu, Kanantang, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Barat.

4. Telaga Nirwana

Telaga Nirwana, Nusa Tenggara Timur/Foto: pinterest.com
(Telaga Nirwana, Nusa Tenggara Timur/Foto: pinterest.com)

Beralih ke destinasi wisata air. Jika kamu berkunjung ke NTT, wisata Indonesia yang juga harus kamu kunjungi adalah Telaga Nirwana yang terletak di Dusun Kotalai, Desa Oeseli, Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao.

Panorama hamparan laguna berair biru jernih yang dikelilingi bukit karang dan batu hijau akan menyambutmu sesampainya di Telaga Nirwana. Saat kamu berkunjung, kamu dapat melihat sebuah lempengan batu besar berbentuk hati yang dikelilingi bentangan pasir putih di dalam air di tengah-tengah telaga. Telaga Nirwana menjadi salah satu destinasi tersembunyi yang belum banyak diketahui wisatawan.

5. Pulau Riung

Pulau Riung, Nusa Tenggara Timur/Foto: pinterest.com
(Pulau Riung, Nusa Tenggara Timur/Foto: pinterest.com)

Last but not least, destinasi wisata di NTT yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi adalah pulau Riung. Mirip seperti Labuan Bajo, pulau Riung yang berlokasi di Riung, Kabupaten Ngada ini terdiri dari 24 gugusan pulau dengan pulau Riung sebagai pulau utamanya.

Daya tarik dari destinasi wisata ini adalah keindahan panorama alam bawah laut di perairan sekitar pulau Riung. Kegiatan seperti Snorkeling menjadi kegiatan favorit para wisatawan.

Beauties, itulah 5 destinasi wisata tersembunyi di NTT yang belum banyak diketahui wisatawan. Tertarik mengunjunginya?

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id