sign up SIGN UP

LIFE

Merasa Emosi Tak Terkendali? Inilah Cara Mengendalikannya

Intan Dwi | Selasa, 10 Mar 2020 08:00 WIB
Merasa Emosi Tak Terkendali? Inilah Cara Mengendalikannya
caption
Emosi merupakan kekuatan yang hadir dengan mendesak dan terkadang menyakit dalam hidup. Manusia digerakkan hari demi hari oleh emosi dalam dirinya, dalam sehari kita bisa bersemangat dan menangis. Semua itu dikendalikan oleh emosi dalam diri kita.

Tanpa ragu emosi kita mendikte pikiran, niat dan tindakan kita dengan otoritas superior ke pikiran rasional kita. Tetapi saat kita bertindak berdasarkan emosi kita terlalu cepat atau kita bertindak pada jenis emosi yang salah. Karena emosi yang tidak dapat dikendalikan itulah bisa membuat perasaan kita berubah menjadi ekstrem bahkan berbahaya.

Hal ini merupakan emosi negatif yang harus ditangani dengan sangat hati-hati. Emosi negatif, seperti amarah dan cemburu cenderung lepas kendali terutama setelah dipicu oleh sesuatu. Lalu bagaimana cara untuk mengendalikan emosi dalam diri kita? Inilah tujuh cara untuk mengendalikan emosi diri kita.
 


Kesadaran


Foto: Istimewa

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah kesadaran. Jika kamu tidak menyadari saat-saat kamu terlalu emosional atau bereaksi berlebihan, bagaimana kamu bisa mencoba mengendalikannya? Jadi, mulai dari sekarang coba memantau emosi diri kamu sendiri dan berikan nama padanya.

Sebuah penelitian menunjukkan, memberi nama pada emosi sebenarnya bisa membuat kamu kurang merasakannya. Memang terkadang akan terasa sulit untuk mengidentifikasi apa yang lagi kita rasakan. Tetapi dengan memberinya nama, bisa membantu kita memperoleh kejelasan.
 


Mengurangi Situasi


Foto: Istimewa

Mungkin emosi yang bisa kamu kurangi adalah kekecewaan. Disaat kamu selalu mengharapkan suatu hal yang “sempurna” dari orang-orang terdekat dan hasilnya tidak sesuai dengan keinginan kamu.  Hal itu dikarenakan kamu mengharapkan sesuatu terlalu tinggi. Lebih baik berharap sesuai dengan jangkauan kemampuan kamu, sehingga kamu dapat mencapainya. Dengan begitu emosi kamu pun dapat terkendalikan.
 



Tenangkan Diri


Foto: Istimewa

Saat kamu sedang merasa emosi, cobalah untuk bepikir tenang agar kamu bisa berpikit secara logis dan juga mendapatkan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah. Kamu bisa mencoba dengan cara menarik napas dalam-dalam, lalu menghitung mundur perlahan untuk menurunkan emosi kamu. Selain itu, kamu juga bisa coba untuk mengalihkan pikiran agar kamu bisa merileksasikan diri kamu sendiri.
 


Mengubah Pikiran


Foto: Istimewa

Inti dari emosi terdalam adalah keyakinan yang mendorongnya. Saat kamu merasa sedih ketika yakin telah kehilangan sesuatu, merasa marah saat kamu berpikiran tujuan penting kamu akan gagal dan merasa bahagia saat kamu yakin bahwa ada sesuatu yang baik akan menghampiri. Mungkin kamu enggak bisa mengubah situasi, tetapi dengan mengubah pikiran  kamu setidaknya kamu bisa mengubah cara kamu percaya bahwa situasi itu memengaruhi kamu.
 


(ags/ags)

Our Sister Site

mommyasia.id