sign up SIGN UP

LIFE

You Go Girls! Ini 6 Tips Mendaki Gunung Bagi Cewek Sampai Lolos ke Puncak

Izzul Millati Umami | Rabu, 30 Dec 2020 13:00 WIB
You Go Girls! Ini 6 Tips Mendaki Gunung Bagi Cewek Sampai Lolos ke Puncak
caption
Jakarta -

Ladies, kegiatan mendaki gunung tak hanya dilakukan oleh kaum laki-laki, banyak wanita yang mempunyai minat dan melakoni hobi yang menantang adrenalin ini. Bahkan beberapa wanita di luar sana pernah mencapai puncak gunung tertinggi. Banyak wanita yang mempunyai minat tinggi terhadap hiking alias mendaki gunung.

Namun, banyak wanita yang ragu untuk mewujudkannya dikarenakan tak yakin bisa mencapai puncak gunung, khawatir akan mengalami kejadian mistis, belum memiliki persiapan matang, dan lain-lain. Jangan cemas ladies pasti bisa mendaki gunung asal mempunyai persiapan. Berikut tips mendaki gunung bagi wanita:

Persiapkan Latihan Fisik

latihan fisik
latihan fisik/sumber:unsplash.com

Yups, latihan fisik sangat penting dilakukan sebelum mendaki gunung, ladies. Mendaki gunung bukan hanya soal jalan kaki menuju puncak, banyak tantangan yang harus ladies hadapi nantinya seperti ladies membawa barang bawaan berat, melewati jalan terjal dan berbatu, dan lain-lain. Tentu, kegiatan yang menantang ini harus dipersiapkan termasuk latihan fisik. Ladies bisa memulainya dengan rutin berolahraga seperti jogging, push up, sit up, renang, dan masih banyak lagi.

Ajak Teman yang Berpengalaman

mendaki dengan teman
mendaki dengan teman/sumber:unsplash.com

Nah, jika ladies adalah pendaki pemula, maka sangat disarankan ladies untuk mengajak teman yang sudah berpengalaman dalam mendaki gunung. Hal ini ini penting karena mereka akan memandu perjalananmu.

Tentukan Gunung Sesuai Kemampuan

gunung
gunung/sumber:unsplash.com

Ladies, untuk pendaki wanita pemula sangat disarankan untuk mendaki gunung yang tidak terlalu ekstrem dengan ketinggian di bawah 3000 mdpl dengan jalur ringan. Jika ladies bisa menaklukkan gunung dengan jalan pendakian yang santai, maka untuk selanjutnya ladies bisa mencoba mendaki gunung lain yang jalan pendakiannya lebih menantang.

Persiapkan Peralatan Pendakian

Pastikan peralatan pendakianmu sudah lengkap seperti tenda alat masak, matras, sleeping bag, kesediaan logistic, obat pribadi, tissu basah, pembersih wajah, dan lain-lain. Oh ya, jangan terlalu membawa barang terlalu banyak agar tidak terlalu berat dan menghabiskan energi saat mendaki.

Gunakan Pakaian yang Nyaman

pendakian yang nyaman
pendakian yang nyaman/sumber:pixabay.com

Pastikan selama mendaki gunung ladies memakai pakaian yang nyaman dan tidak terlalu ketat. Jangan lupa untuk memakai pakaian yang dapat menyerap keringat dan menghangatkan tubuh seperti jaket dan sarung tangan. Carilah pakaian yang membuat ladies bisa bergerak bebas dan leluasa agar nyaman saat perjalanan nantinya.

Cek Tanggal Mentruasi

Ladies, sebagai langkah antisipasi, jangan lupa untuk mengecek tanggal kiranya mendekati waktu menstruasi, mendaki di saat datang bulan bukan perkara yang mudah. Ladies bisa membawa menstrual cup serta obat pereda nyeri haid.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id