sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

5 Hal Penting yang Perlu Kamu Pikirkan Saat Ingin Menikah

Erlita Bebby Aprilianti | Sabtu, 05 Jun 2021 12:30 WIB
5 Hal Penting yang Perlu Kamu Pikirkan Saat Ingin Menikah
5 Hal Penting yang Perlu Kamu Pikirkan saat Ingin Menikah / sumber : freepik.com

Pernikahan memang momen yang paling ditunggu banyak perempuan. Karena biasanya, perempuan selalu memiliki impian pernikahannya sejak masih kecil. Bahkan sering kali disebut sebagai bridezilla karena kemauannya yang sangat banyak dan ingin dipenuhi. Tapi, tahukah kamu, bahwa ada 5 hal penting yang harus kamu pikirkan serta diskusikan bersama pasangan saat ingin menikah?

Tentukan Konsep

Konsep pernikahan adalah hal utama yang wajib kamu pikirkan. Karena dari konsep, nantinya kamu dapat menentukan budget dan hal-hal detail lainnya. Konsep di sini merupakan pilihan tempat (indoor atau outdoor), suasana (adat, internasional atau nasional) serta warna keseluruhan acara yang dipilih.

Konsep Pernikahan Outdoor / Sumber : freepik.com
Konsep Pernikahan Outdoor / Sumber : freepik.com

Tentukan Budget

Setelah sudah berhasil menentukan konsep, saatnya kamu membicarakan budget pernikahan bersama pasangan. Tentukan berapa banyak dana yang ingin dikeluarkan, jangan lupa untuk menulis batasan dana yang akan kamu keluarkan untuk detail-detail lainnya. Batasan ini dapat menjadi acuan supaya biaya pernikahan tidak melewati budget yang kamu buat sejak awal.

Bicarakan sedari awal bagaimana pembagian budget dalam hal pernikahan juga ya. Supaya seiring berjalannya kalian merencanakan acara ini tidak ada masalah yang muncul dalam hal budgeting ini.

Membuat Detail List

Seringnya, detail seperti cincin, souvenir, buku tamu, cue card, undangan dan hal-hal kecil lainnya terlewatkan dalam acara ini. Maka, sebaiknya catat hal-hal detail pernikahan yang kamu impikan. Mulai dari acara apa saja yang ada nantinya, butuh vendor apa saja, souvenir, baju bridesmaid dan hal-hal detail yang tidak boleh terlewatkan.

Cincin Pernikahan / sumber : unsplash.com
Cincin Pernikahan / sumber : unsplash.com

Buatlah notes atau sheet excel yang dapat kamu jadikan acuan untuk melihat progress dan detail yang kamu butuhkan saat merencanakan pernikahan kamu nanti.

Mencari Vendor Wedding

Saat ini, hampir semua tempat pernikahan sudah menyediakan paket wedding yang berisi rekanan vendor terpilih. Namun, tidak jarang vendor - vendor tersebut mempunyai plus minus yang harus kamu teliti lagi. Memilih vendor sangatlah tricky, berhati-hatilah dalam tahap ini. Jangan terlalu tergesa-tergesa dalam menentukan.

Jika kamu membutuhkan bantuan, mintalah bantuan kepada wedding organizer professional yang dapat membantu kamu mencari solusi dari H-6 bulan pernikahan. Pilihlah wedding organizer yang sangat mengerti kebutuhan dan bisa dijadikan teman sharing untuk kamu. Karena nantinya yang kamu butuhkan adalah komunikasi yang baik hingga hari H.

Suasana Pernikahan / sumber : unsplash.com
Suasana Pernikahan / sumber : unsplash.com

Sudah banyak wedding organizer Jakarta yang professional dengan fee yang beragam, pada tahap ini kamu bisa menyesuaikan dengan budget yang sudah kamu tentukan di awal.

Buat Perbandingan

Pilihlah beberapa vendor yang kamu inginkan dan buatlah perbandingan. Perbandingan di sini bisa harga ataupun portofolio hasil kerja mereka. Jangan terlalu tergesa-gesa dalam menentukan vendor pernikahan. Fokuslah dengan dana yang kamu miliki dan konsep serta jasa yang kamu butuhkan.

Jadi, pernikahanmu sudah dalam tahap apa?

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id