sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

8 Hal Sensitif Namun Wajib Ditanyakan Sebelum Menikah

tjitradewi | Minggu, 30 May 2021 14:00 WIB
8 Hal Sensitif Namun Wajib Ditanyakan Sebelum Menikah
Ilustrasi menikah (Freepik)

People say that love is blind. Cinta buta membuat kita mengesampingkan hal-hal negatif yang dimiliki pasangan dan membangun ilusi positif yang kita bentuk sendiri. Namun, hal ini berbahaya jika kamu berencana membawa hubungan ke jenjang yang lebih serius, yakni pernikahan.

Tak bisa hanya bermodalkan cinta, menikah adalah sebuah hal kompleks yang menyatukan banyak hal, mulai dari pikiran hingga kebiasaan. Agar kamu tak terjebak dalam pernikahan yang hanya membuatmu menderita, ada baiknya tanyakan 8 hal berikut secara baik-baik dan mendalam.

1. Visi

Ilustrasi pernikahan
Ilustrasi pernikahan (Freepik)

Jika diibaratkan, suami istri adalah penumpang dalam sebuah kapal dan harus mengarungi samudera bersama-sama. Akan lebih mudah jika penumpang kapal tersebut memiliki tujuan atau visi yang sama. Jangan sampai tujuan kamu berbeda, karena ditakutkan masing-masing akan meninggalkan kapal, memutuskan untuk terjun ke laut, atau bahkan menumpang kapal lain.

2. Rencana Jangka Pendek, Menengah, dan Panjang

Ilustrasi rencana
Ilustrasi rencana (Freepik)

Masih berhubungan dengan visi, sesama pasangan harus saling mengetahui impian dan rencana yang dimiliki untuk mewujudkannya. Misalnya saja pasangan kamu memiliki rencana untuk melanjutkan studinya di luar negeri atau bekerja di perusahaan yang mengharuskan kamu menjalani LDR. Dengan seperti ini, kamu bisa menyusun prioritas dan keinginan masing-masing individu tidak saling tumpang tindih.

3. Finansial

Ilustrasi finansial
Ilustrasi finansial (Freepik)

Faktor terbesar yang menyebabkan pasangan bercerai adalah akibat masalah finansial. Bicarakan baik-baik dengan pasangan soal ini, mulai dari pendapatan, kebiasaan dalam mengeluarkan uang, apakah ada utang atau cicilan, hingga jumlah kepala yang harus ia tanggung, misalnya saja orangtua dan saudara. Meski tak mudah, jika kamu memiliki budaya yang baik dan terbuka dalam membicarakan finansial, hal ini akan sangat mempermudah kamu dalam menjalani rumah tangga.

4. Tempat Tinggal

Ilustrasi rumah
Ilustrasi rumah (Freepik)

Selain finansial, tempat tinggal menjadi salah satu isu yang kerap membuat panas keadaan rumah tangga. Jangan hanya bicarakan soal hari pernikahan, tapi juga diskusikan soal tempat tinggal. Apakah memutuskan untuk menyewa terlebih dahulu, mengambil KPR, atau tinggal dengan orangtua untuk sementara waktu. Pikirkan juga jika kamu memutuskan untuk segera memiliki momongan, biasanya tempat tinggal akan sangat sensitif untuk perempuan, terlebih jika kelak memiliki anak.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id