sign up SIGN UP

Do's and Don'ts Harus didalami Pasangan Muda di Awal Pernikahan

Izzul Millati Umami | Rabu, 25 Aug 2021 22:45 WIB
Do's and Don'ts Harus didalami Pasangan Muda di Awal Pernikahan
Do's and Don'ts Harus didalami Pasangan Muda di Awal Pernikahan/Foto: tjitradewi
Jakarta -

Buat kamu yang baru saja menikah, selamat! Semoga langgeng sampai kakek nenek, ya! Well, menjalani pernikahan tidak akan sama dengan pacaran, lho. Tak hanya mempersatukan dua kepala saja, kamu dan dia juga wajib beradaptasi dengan kebiasaan keluarga masing-masing. 

Untuk itu, komitmen dan saling pengertian adalah dua hal yang saling penting untuk membuat hubungan pernikahan jadi langgeng. Sudah sebaiknya kamu ketahui Do’s and Don’ts di awal mula pernikahan

Don’ts: Terlalu Terbuka Masalah Rumah Tangga Ke Orang Lain

terbuka masalah keluarga
Terbuka masalah keluarga/Foto:pexels.com/sarah-chai

Pada masa pacaran, kamu masih bisa curhat panjang lebar ke sahabatmu tentang urusan cinta, namun berbeda dengan masa-masa menikah. Ada banyak pertimbangan yang membuatmu tidak bisa serta merta menceritakan urusan rumah tangga ke orang lain.

Kalau ini sampai terjadi, dikhawatirkan pasanganmu akan merasa tidak dihargai. Orang lain pun jadi ikut campur urusanmu. 

Do’s: Usahakan Tinggal Tidak Serumah dengan Orang Tua dan Mertua

tidak serumah
tidak serumah/Foto:pexels.com/isarah-chai

Bila kamu memiliki budget, alangkah baiknya tinggal di rumah sewa atau membeli rumah sendiri. Ini supaya kamu bisa terbebas dari orang tua yang terlibat dalam urusan rumah tangga. Usahakan untuk tinggal berdua terpisah, supaya kamu punya kendali atas rumah tanggamu.  Petimbangkan hal ini dengan matang, ya. 

Do’s: Punyai Dana Darurat

Dana darurat
Dana darurat/Foto:pexels.com/alexandros-chatzidimos

Sebagai pasangan muda yang baru saja menikah, alangkah baiknya untuk memiliki dana darurat. Kamu dan pasangan mungkin saja ingin menghabiskan uang untuk bulan madu, kan? Memang sah-sah aja, Beauties. Namun, alangkah baiknya untuk mempunyai dana darurat sedini mungkin. Tentu saja untuk tabungan pendidikan anak serta kebutuhan darurat. 

Coba Bergaul dengan Tetangga

Bergaul dengan banyak orang/freepik.comBergaul dengan banyak orang/freepik.com/ Foto: Pavita Sevilla

Selain dana darurat, cobalah untuk melakukan hal yang tak kalah penting. Kamu sebaiknya bergaul dengan tetangga kanan kiri saat sudah berkeluarga nanti. Meskipun kamu memiliki kepribadian pemalu atau introvert, baiknya jangan lupa untuk mengenal lingkungan tetanggamu, ya.

Suatu saat, kamu pasti butuh tetangga, begitupula tetangga yang membutuhkan kamu. 

Memiliki Bisnis Sampingan

Pembukuan adalah hal yang paling penting jika kamu memiliki bisnisPembukuan adalah hal yang paling penting jika kamu memiliki bisnis/ Foto: Dina Afrilia

Sudah saatnya kamu memiliki bisnis sampingan bila memang ingin hidup mandiri tanpa bantuan orang tua. Kondisi pandemi yang tidak memungkinkan seperti sekarang ini pun sangat berpengaruh pada susahnya mencari kerja. So, kenapa tidak coba buka usaha sendiri? Daripada uang terbuang sia-sia untuk hal yang nggak penting, kan?

Nah, Beauties, itu beberapa Do's dan Don'ts untuk pasangan muda yang baru menikah. Selamat mencoba, ya!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id