sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Duh! Hal Ini Jadi Tanda Kamu Sedang Berselingkuh Hati

Rumaysha Milhania | Jumat, 19 Mar 2021 09:30 WIB
Duh! Hal Ini Jadi Tanda Kamu Sedang Berselingkuh Hati
caption

Dalam hubungan asmara, perselingkuhan sangat mungkin. Perselingkuhan ini tidak hanya terjadi secara fisik, tapi bisa juga emosional alias selingkuh hati. Hal ini umum dirasakan dan ini ditandai dengan munculnya rasa lebih nyaman, bahagia, atau selalu ingin bersama "teman spesial" kamu daripada pasanganmu sesungguhnya.

Dalam hubungan asmara, perselingkuhan sangat mungkin. Perselingkuhan ini tidak hanya terjadi secara fisik, tapi bisa juga emosional alias selingkuh hati.
Perselingkuhan/ Sumber: Freepik.com

Perselingkuhan emosional atau selingkuh hati ini berbeda dengan perselingkuhan fisik karena tidak melibatkan kontak fisik seperti perselingkuhan pada umumnya. Berselingkuh hati berarti berbagi ikatan emosional yang dalam dengan seseorang selain pasangan. Nah, berikut ini adalah beberapa tanda bahwa kamu sedang berselingkuh hati:

  • Kamu mulai memperhatikan penampilan untuk menarik perhatian orang lain selain pasanganmu.
  • Ingin berbagi rahasia dengan temanmu dibandingkan dengan pasangan.
  • Kamu mulai menyembunyikan persahabatanmu dari pasangan.
  • Cari cara untuk bisa menghabiskan waktu dengan teman-teman daripada dengan pasangan.
  • Kamu mulai menarik diri dari pasangan dan lebih memperhatikan "teman" tersebut.
    Kamu lebih memikirkan "temanmu".
  • Kamu menghabiskan lebih banyak waktu dengan teman-teman daripada pasangan.
  • Kamu tertarik secara seksual dengan teman dan kekurangan ketertarikan dengan pasanganmu
Kamu tertarik secara seksual dengan teman dan kekurangan ketertarikan dengan pasanganmu.
Selingkuh hati/ Sumber: Freepik.com

Cara lain untuk mengetahui bahwa hubungan kamu sudah melampaui persahabatan adalah munculnya perasaan bersalah dan terlihat canggung saat kamu dan pasangan bertemu "temanmu" di satu tempat.

Cara Menghindari Selingkuh Hati

Jika dibiarkan, perselingkuhan hati bisa menjadi pemicu masalah hubungan kamu dan pasangan. Jika kamu merasa sedang berselingkuh hati, ada baiknya segera batasi 'hubungan' dengan temanmu tersebut. Semakin cepat kamu mengakhirinya, semakin baik hubungan kamu dengan pasangan. Berikut tips yang bisa kamu lakukan untuk terhindar dari kecurangan:

  • Menghentikan perselingkuhan harus dimulai dari diri sendiri. Katakan pada diri sendiri bahwa hubungan ini tidak baik dan harus dihentikan.
  • Setelah itu, jaga jarak dari temanmu. Katakan padanya bahwa kamu harus melakukan ini untuk menjaga hubunganmu dengan pasanganmu.
  • Langkah selanjutnya adalah menemukan akar masalah antara kamu dan pasangan. Cari tahu mengapa kamu terikat dan merasa nyaman berurusan dengan orang lain. Cari tahu juga faktor apa, baik dari pihak dirimu sendiri atau pasanganmu, yang membuat kamu selingkuh. Bicaralah dengan jujur ‚Äč‚Äčtentang hal ini kepada pasanganmu. Jangan ditutup-tutupi.
  • Bicarakan juga tentang harapan kamu untuk membangun rumah tangga yang bahagia.
  • Kamu bisa merencanakan bulan madu kedua untuk mempererat kembali hubungan dengan pasangan.
Apapun bentuknya, selingkuh memang tidak diperbolehkan dalam sebuah hubungan. Jika kamu mulai menyadari bahwa kamu berselingkuh hati, segera diskusikan dengan pasanganmu.
Selingkuh Emosional/ Sumber: Freepik.com

Apapun bentuknya, selingkuh memang tidak diperbolehkan dalam sebuah hubungan. Jika kamu mulai menyadari bahwa kamu berselingkuh hati, segera diskusikan dengan pasanganmu. Jika cara ini tidak membantu, mintalah nasihat dari psikolog atau ikuti konseling agar kamu tidak semakin terjebak dalam masalah yang semakin rumit.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id