sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Ini Lho 5 Kelebihan Menikah Saat Bulan Puasa, Penuh Berkah!

Izzul Millati Umami | Selasa, 04 May 2021 14:00 WIB
Ini Lho 5 Kelebihan Menikah Saat Bulan Puasa, Penuh Berkah!
caption

Menikah merupakan salah satu impian banyak pasangan agar bisa masuk ke jenjang selanjutnya. Sebelum melaksanakannya, banyak pasangan yang memilih hari baik untuk pernikahan. Ada juga yang memilih melaksanakan pernikahan di bulan Ramadan. Pasalnya, menikah di bulan Ramadan punya kelebihan diantaranya adalah sebagai berikut

1. Menghemat budget pengeluaran catering

catering
catering/sumber:pexels.com

Siapa sangka, menikah di bulan Ramadan bisa banget menekan budget. Pasalnya, mayoritas orang berpuasa pada hari itu. Kamu hanya perlu menyediakan bingkisan makanan dan juga box nasi yang bisa dikonsumsi tamu undangan untuk berbuka puasa. Nah, kalau tamu undangannya datang di malam hari, baru kamu bisa menyediakan nasi dan lauk untuk mereka makan. 

2. Memangkas budget dekorasi

dekorasi nikah
dekorasi nikah/sumber:pexels.com

Di bulan puasa, kaum muslim dilarang berlebih-lebihan. Termasuk saat menyelenggarakan pesta pernikahan, sebaiknya menggunakan dekorasi yang sederhana saja. Dekorasi tetaplah diadakan, namun dengan tampilan yang nggak terlalu mewah. Tentunya budget kamu untuk dekorasi pun jadi makin terpangkas. 

3. Mendapatkan pahala yang berlipat ganda

Di bulan Ramadan, tentunya seluruh amalan baik kita akan dilipatgandakan. Pernikahan pun tercatat amalan baik yang akan mendatangkan pahala double saat dilaksanakan di bulan penuh berkah. Nilai ibadah pun tidak hanya dari poin ‘bersatunya pasangan halal’ saja, namun juga dari banyak aspek. Memberikan makanan perjamuan pada undangan juga dinilai ganjaran sedekah, loh. 

4. Terhindar dari tetangga julid

tetangga julid
tetangga julid/sumber:pexels.com

Sudah jadi rahasia umum kalau suatu resepsi pernikahan pasti akan menimbulkan banyak komentar dari tetangga, entah itu komen baik maupun julid. Nah, di bulan puasa, tetangga yang biasanya berkomentar miring pasti akan lebih menjaga ucapannya. Tentunya ini bagus bagi kondisi psikologis kedua mempelai. Kebahagiaan mental juga merupakan nikmat yang tak terkira bagi pasangan pengantin. 

5. Melatih diri menjaga hawa nafsu

Pernikahan di bulan suci Ramadan membuat pasangan mempelai mau tak mau melatih diri dalam menjaga hawa nafsu. Ini karena di siang harinya, pasangan mempelai yang ikut berpuasa harus kuat lapar dan menahan nafsu syahwat. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id