sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Apakah Hubungan Toxic Dapat Diperbaiki?

Rumaysha Milhania | Jumat, 30 Apr 2021 18:00 WIB
Apakah Hubungan Toxic Dapat Diperbaiki?
caption

Saat kamu menyadari bahwa kamu terjebak dalam hubungan yang toxic, tentu kamu bertanya-tanya apakah ini masih bisa diperbaiki? Atau semua ini harus diakhiri demi kesehatan mental dan kebahagiaan bersama? Apalagi jika kamu sudah menikah dan memiliki anak mungkin perpisahan adalah opsi terakhir.

Tidak heran jika kamu juga bertanya-tanya tentang kemungkinan memperbaiki hubungan yang ternyata saling menyakiti ini. Jika kamu ingin mencoba, ini mungkin merupakan artikel yang tepat untuk kamu baca.

Saat kamu menyadari bahwa kamu terjebak dalam hubungan yang toxic, tentu kamu bertanya-tanya apakah ini masih bisa diperbaiki?
Toxic Relationship/ Sumber: Freepik.com

Jika kamu ingin mencoba memperbaiki hubungan yang toxic, kamu mungkin harus berlega hati karena ini memang masih bisa diupayakan. Akan tetapi, kamu juga harus waspada bahwa ini juga berarti kamu harus menjalani proses yang panjang dan tidak mudah.

Tanyakan lagi pada dirimu apakah kamu siap untuk berkomitmen mengupayakan hubungan yang sudah lama menyakitimu? Ingat juga bahwa upaya ini belum tentu berhasil dan mungkin saja yang kamu lakukan sebenarnya adalah menunda perpisahan.

Nah, untuk kamu yang memang ingin mencoba langkah terakhir untuk memperbaiki hubungan yang toxic, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan dan penting untuk kamu perhatikan:

Putuskan Kontak untuk Sementara

Terkadang yang terbaik adalah keluar dari hubungan sebentar dan istirahat. Dapatkan beberapa perspektif dan pikirkan sejenak sebelum kamu mencoba memperbaikinya.

Terkadang yang terbaik adalah keluar dari hubungan sebentar dan istirahat. Dapatkan beberapa perspektif dan pikirkan sejenak sebelum kamu mencoba memperbaikinya.
Pernikahan Toxic/ Sumber: Freepik.com

Identifikasi Masalah

Kamu tidak dapat mengubah apa yang tidak kamu kenali. Oleh karena itu, jika kamu tidak mengetahui apa masalahnya, kamu tidak akan pernah dapat memperbaikinya. Luangkan waktu untuk berbicara dengan pasanganmu tentang masalah yang dihadapi hubungan tersebut. Jika ia tidak ingin berpartisipasi, coba tuliskan apa yang kamu lihat sebagai masalah dan bagikan ketika dia siap.

Terlibat dalam Refleksi Diri

Untuk memperbaiki hubungan yang toxic, kedua pasangan harus cukup dewasa untuk melihat jauh ke dalam diri mereka sendiri dan melihat perubahan positif seperti apa yang perlu mereka lakukan. Tanpa keinginan atau motivasi untuk berubah, hubungan tidak akan membaik.

Cari Bantuan Profesional

Seringkali, orang tidak dapat memperbaiki keresahan batin dan merefleksikan perasaan sendiri. Oleh karena itu, sangat penting untuk mendapatkan bantuan profesional dari terapis agar dapat membantu setiap individu mengatasi masalah mereka sekaligus membantu meningkatkan hubungan melalui terapi pasangan.

Dalam hubungan yang toxic, ada kecenderungan untuk selalu menyalahkan orang lain, tetapi itu hanya akan melanjutkan siklus toxic yang ada.
Hubungan Toxic/ Sumber: Freepik.com

Berhenti Menyalahkan

Dalam hubungan yang toxic, ada kecenderungan untuk selalu menyalahkan orang lain, tetapi itu hanya akan melanjutkan siklus toxic yang ada. Melalui kerja batin dan terapi, kamu perlu mengambil tanggung jawab pribadi atas tindakanmu yang mungkin juga berkontribusi pada masalah dalam hubungan. Sekali lagi, kedua pasangan perlu melakukan ini dan merefleksikan diri.

Komunikasikan dengan Pasanganmu

Pastikan pasanganmu menyadari masalah dalam hubungan yang kamu miliki. Sadari bahwa ini merupakan kondisi yang memang sulit untukmu dan dirinya. Jika ini tidak melibatkan kedua pasangan, tentu upaya untuk memperbaiki hubungan akan sia-sia. Jadi, dibutuhkan kolaborasi dan komitmen dari kedua pasangan untuk memperbaiki hubungan yang rusak.

Ingatlah, setelah kamu menjalani proses mediasi, sangat penting untuk bisa memutuskan apakah kamu memang dapat kembali bersama. Perpisahan memang terdengar buruk, tetapi itu dapat menjadi solusi terbaik dari semua yang buruk. Jadi, pikirkan baik-baik dan kenali diri serta pasanganmu untuk tahu apakah hubungan ini begitu berharga dan penting untuk diperjuangkan.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id