sign up SIGN UP

Pentingnya Memaafkan Kesalahan Pasangan, Hidup Lebih Damai dan Tenteram

Dian Aprilia | Minggu, 27 Dec 2020 11:00 WIB
Pentingnya Memaafkan Kesalahan Pasangan, Hidup Lebih Damai dan Tenteram
caption
Jakarta -

Dalam suatu hubungan tentu tidak akan terlepas dari adanya konflik. Adakalanya konflik membuat suatu hubungan menjadi lebih rekat, tapi tak jarang pula menjadi renggang dan bahkan berujung pada perpisahan. Meski begitu, ada pula konflik yang bisa diselesaikan dengan permintaan maaf.

Tak bisa dipungkiri bahwa memaafkan itu bukanlah sesuatu yang mudah, apalagi jika sakit hatinya terlanjur mendalam. Diperparah lagi jika kesalahannya sudah melebihi dari batas toleransi yang diberikan.

Namun jika tak memaafkan, pilihan lainnya adalah berpisah yang mungkin jadi alternatif yang lebih sulit. Apalagi jika hubungan sudah terikat kompleks. Misal sudah memiliki anak, keluarga sudah berhubungan baik, sudah berpuluh-puluh tahun menikah dan lainnya. Maka sudah tentu perpisahan menjadi pilihan yang hampir mustahil untuk dilakukan.   

Untuk itu memaafkan bisa menjadi satu-satunya pilihan terbaik. Lantas bagaimana cara untuk memaafkan kesalahan pasangan?

Renungkan Hikmah di Balik Konflik

Merenung
Merenung/pexels.com

Langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah coba renungkan “Apakah kejadian ini menjadi pelajaran buat kita? Atau bahkan menjadi sebuah berkah buat kita?” Nah jika iya, maka hal itu bisa menjadi motivasi bagi kita untuk memaafkan pasangan. Setidaknya dari kesalahan yang dilakukan pasangan, masing-masing pihak bisa lebih introspeksi diri, terbuka dan saling memahami.

Langkah selanjutnya adalah memahami dampak tidak memaafkan pasangan, yang nyatanya memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan mental. Sebagaimana yang dikutip dari artikel di Mayo Clinic menyebutkan bahwa efek tidak memaafkan pasangan ialah sebagai berikut:   

  • Muncul kemarahan dalam hubungan
  • Tidak bisa menikmati masa kini
  • Depresi dan gelisah
  • Merasa kurang berharga
  • Kehilangan keterikatan dengan keluarga

Sementara itu, memaafkan kesalahan pasangan bisa memunculkan beragam manfaat. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Menjalin hubungan yang lebih sehat
  • Mental menjadi lebih stabil
  • Berkurangnya stres
  • Kesehatan fisik lebih prima
  • Keharmonisan keluarga tetap terjaga 

Kiat Memaafkan Pasangan 

Konflik
Konflik/pexels.com

Lantas apa yang perlu dilakukan untuk bisa memaafkan kesalahan pasangan?

Luapkan emosi dan jangan dipendam

Saat disakiti oleh pasangan, entah diselingkuhi, dibohongi, disakiti secara fisik dan mental tentu wajar muncul perasaan marah, sedih, dan kecewa. Dibandingkan memendam perasaan tersebut, lebih baik kamu luapkan dan habiskan seluruh kekesalanmu dengan melakukan suatu hal.

Misalnya menangis, berteriak, memukul samsak dan lainnya, asalkan tidak menyakiti diri sendiri atau merugikan orang lain.

Beri waktu untuk mencerna situasi

Setelah perasaan sudah lebih lega, selanjutnya beri kesempatan dirimu untuk berpikir dan merenungi kembali situasi yang kamu hadapi. Jangan gegabah untuk memutuskan suatu hal, sebaliknya pikirkan matang-matang pilihan yang ada. Fokus pada manfaat dan kerugian yang didapatkan setiap pilihan agar tidak terjebak pada emosi semata.

Diskusikan dengan pasangan

Setelah dirasa emosi sudah mereda dan kamu sudah mengambil keputusan, selanjutnya lakukan langkah pamungkas dengan berdiskusi bersama pasangan. Langkah ini dilakukan bukan untuk mencari benar dan salah, melainkan mencari jalan tengah yang bisa memuaskan semua pihak.

Jika kamu sudah memutuskan untuk memberi maaf, lakukanlah dengan tulus. Selain itu beri pesan untuk pasangan agar tak mengulangi kesalahannya lagi di kemudian hari. Sebaliknya, jika kamu juga memiliki salah pada pasangan, akuilah dan ungkapkan permintaan maaf. Kemudian coba evaluasi diri agar jadi lebih baik.

Cari bantuan profesional

Psikolog
Psikolog/pexels.com

Jika masalah seolah tak memiliki titik temu, kamu bisa pilih untuk mencari bantuan profesional ke psikolog atau psikiater yang fokus pada hubungan pasangan atau keluarga.

Itulah pentingnya memaafkan pasangan, selain membuat hati lebih lega, hubungan harmonis keluarga juga bisa tetap terjaga. Semoga kamu dan pasanganmu selalu diberikan kebahagiaan ya ladies!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id