sign up SIGN UP

Waspada! Ini Penyebab Umum Perceraian yang Harus Kamu Antisipasi

Rumaysha Milhania | Senin, 26 Oct 2020 20:00 WIB
Waspada! Ini Penyebab Umum Perceraian yang Harus Kamu Antisipasi
caption
Jakarta -

Dalam suatu hubungan tidak akan terus berjalan dengan baik. Ada kalanya kamu dan pasangan dihadapkan pada permasalahan yang bisa berasal dari dalam keluarga atau dari luar keluarga. Permasalahan-permasalahan dapat membuat keluarga kamu semakin erat jika dapat melaluinya, atau bahkan malah menghancurkan keluargamu dan berakhir pada perceraian. Melansir dari Marriage, berikut ini beberapa penyebab atau alasan umum yang dapat mengakibatkan perceraian.

Perselingkungan menjadi salah satu penyebab umum terjadinya perceraian. Perselingkuhan biasanya terjadi ketika di antara suatu pasangan sudah tidak ada lagi perasaan yang sama, selain itu kurangnya keintiman emosional juga bisa memicu terjadinya perselingkuhan.
Masalah Perceraian/ Sumber: Freepik.com

Perselingkuhan

Perselingkuhan menjadi salah satu penyebab umum terjadinya perceraian. Perselingkuhan biasanya terjadi ketika di antara pasangan sudah tidak ada lagi perasaan yang sama. Selain itu, kurangnya keintiman emosional juga bisa memicu terjadinya perselingkuhan.

Finansial

Permasalahan keuangan dapat memacu terjadinya perceraian. Jangan heran, pasalnya keuangan sangat berdampak pada hidup seseorang. Perbedaan gaya hidup dan pendapatan yang nantinya akan memicu perdebatan sangat berisiko berujung pada perceraian.

Kurangnya Komunikasi

Komunikasi sangat penting dalam pernikahan. Komunikasi yang tidak baik dan efektif akan memicu ketidakpercayaan dan akan menggoyahkan fondasi pernikahan sehingga berakibat pada perceraian.

Komunikasi yang tidak baik dan efektif akan memicu ketidakpercayaan dan akan menggoyahkan pondasi pernikahan sehingga berakibat pada perceraian.
Penyebab Perceraian/ Sumber: Freepik.com

Perdebatan yang Terus Menerus

Mulai dari bertengkar tentang pekerjaan rumah sampai berdebat tentang anak-anak, perdebatan yang tak henti-hentinya akan menghancurkan sebuah hubungan. Pasangan yang terus bertengkar berulang kali biasanya melakukannya karena mereka merasa tidak didengarkan atau dihargai oleh pasangannya.

Kurangnya Keintiman dalam Keluarga

Tidak merasa terhubung dengan pasangan dapat dengan cepat merusak pernikahan karena membuat pasangan merasa tinggal dengan orang asing atau lebih seperti teman sekamar daripada pasangan. Ini bisa jadi karena kurangnya keintiman fisik atau emosional dan tidak selalu tentang hubungan seksual tetapi juga perhatian yang diberikan pada pasangan.

Tidak Siap dalam Pernikahan

Menikah tidaklah mudah. Oleh karena itu penting bagi setiap orang untuk memastikan dirinya dan pasangannya sudah siap dalam membina rumah tangga. Umur tidak selalu menjadi tolok ukur dalam kesiapan seseorang dalam menikah. Hanya diri kita sendiri yang tahu apakah kita sudah siap untuk berumah tangga.

Tidak sedikit kekerasan dalam rumah tangga terjadi. Hal ini bisa dipicu karena stress dan gangguan emosional serta mental dari pelaku kekerasan.
Perceraian/ Sumber: Freepik.com

Kekerasan dalam Rumah Tangga

Tidak sedikit kekerasan dalam rumah tangga terjadi. Hal ini bisa dipicu karena stress dan gangguan emosional serta mental dari pelaku kekerasan. Sebagai korban dalam kekerasan rumah tangga, sudah pasti ingin memiliki rumah tangga yang harmonis. Berkonsultasi ke pakarnya adalah salah satu pilihan untuk mengatasi hal ini. Akan tetapi, jika kondisi sudah sangat tidak terkendali perceraian akan menjadi jalan keluarnya.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id