sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Pesan untuk New Couple, Ini 5 Hal yang Harus Dihadapi Saat Tinggal dengan Mertua

Dian Aprilia | Minggu, 21 Feb 2021 12:30 WIB
Pesan untuk New Couple, Ini 5 Hal yang Harus Dihadapi Saat Tinggal dengan Mertua
caption
Jakarta -

Permasalahan tempat tinggal setelah menikah tak bisa dianggap sepele. Sebab, hal ini harus diputuskan dengan matang dan penuh pertimbangan agar rumah tangga bisa berjalan dengan baik. Salah satu dilema yang sering dihadapi adalah memilih antara tinggal di rumah mertua atau sewa rumah sendiri.

Nah bagi kamu yang sedang menghadapi dilema tersebut, sebaiknya kamu tahu dulu masalah-masalah yang akan kamu hadapi saat tinggal dengan mertua. Dengan mengetahuinya, kamu bisa mempersiapkan diri dan juga memilih keputusan yang tepat dan terbaik bagi kamu dan pasangan.

Berikut beautynesia.id telah merangkum 5 masalah yang mungkin akan kamu hadapi saat tinggal dengan mertua:  

Mertua Ikut Campur dalam Mendidik Anak

Mertua dan anak
Mertua dan anak/pexels.com

Saat tinggal bersama dengan mertua, maka caramu mendidik anak akan disoroti oleh mertua. Tentunya mertua memiliki pandangan dan juga pengalaman yang berbeda dengan orang tua di masa kini. Sehingga tak jarang, mertua berkomentar atau bahkan menyalahkan caramu mendidik dan memperlakukan anak-anak.

Nah saat menghadapi kondisi ini, kamu tidak serta merta bisa menerima atau menolak mentah-mentah saran tersebut. Jika saran yang diberikan tidak prinsipil, kamu bisa bertoleransi dengan menuruti sarannya. Namun jika sangat prinsipil dan bertentangan dengan caramu, kamu bisa membicarakan dengan baik atau bila perlu mengajak mertua ke Dokter Spesialis Anak.

Berantem Sama Pasangan karena Mertua

Ilustrasi mertua
Ilustrasi mertua/pexels.com

Setiap pasangan tentu akan mengalami masa-masanya berkonflik atau berantem, baik saat tinggal dengan mertua ataupun tidak. Saat tinggal dengan mertua, mertua seringkali jadi topik konflik dengan pasangan. Mulai dari sikap mertua yang dianggap kelewatan, omongan mertua yang ngeselin., dan lainnya.

Saat menghadapi hal ini, sebaiknya pasangan bisa saling mendukung satu sama lain. Sebagai anak, suami/istri bisa mendamaikan konflik yang terjadi antara pasangan dan orang tuanya, dengan tidak menyalahkan atau memojokkan salah satu pihak.

Sering Merasa Sungkan

Mertua dan menantu
Mertua dan menantu/pexels.com

Bukan hanya bayangan semata, saat tinggal dengan orang tua, kita memang sering merasa sungkan. Misalnya, saat mau bersantai dan bangun siang di hari weekend takut dikira malas-malasan. Saat mau order makanan, takut dikira malas masak dan pemborosan, dan lainnya.

Meski mertua baik dan demokratis pun, pasti masih ada rasa sungkan untuk beraktivitas sebebas-bebasnya. Hal ini memang wajar dialami oleh setiap orang, tapi kamu juga bisa cari kenyamananmu di rumah dengan melakukan kegiatan-kegiatan positif lain yang tak akan dipersepsi negatif oleh mertua. Atau kamu bisa juga memberikan penjelasan agar mertua tak salah paham.

Pengeluaran Membengkak

Pengeluaran membengkak
Pengeluaran membengkak/pexels.com

Saat tinggal dengan mertua, maka pengeluaran keluarga kecil bisa tumpang tindih dengan keluarga besar. Mulai dari biaya makan, listrik, air, kebutuhan rumah tangga dan lainnya. Tentu sebagai anak atau menantu, harus menyumbang dana untuk operasional rumah.

Oleh sebab itu, hal ini harus menjadi pembahasan juga sebelum menikah, agar saat tinggal di rumah mertua, ada batasan yang jelas mengenai pengeluaran.

Banyak Drama

Keluarga besar
Keluarga besar/pexels.com

Kamu perlu memahami bahwa tinggal bersama dengan banyak orang dalam satu rumah, menuntut kita untuk memahami karakter semua orang, menyadari serta menerima perbedaan tersebut. Ada kalanya kamu harus bersabar dengan omongan atau sikap yang menyebalkan pada dirimu atau anak-anak.

Oleh sebab itu, kemampuan mengelola emosi harus dimiliki agar bisa sama-sama nyaman dan mengerti satu sama lain.

Intinya, di setiap keputusan ada konsekuensi baik dan buruknya, semua kembali lagi pada kapasitasmu dalam menangani konsekuensi tersebut.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id