sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Sebelum Meyakinkan Diri untuk Lebih Serius, 5 Hal Ini Harus Dibicarakan Sebelum Menikah

Rumaysha Milhania | Selasa, 18 Aug 2020 13:00 WIB
Sebelum Meyakinkan Diri untuk Lebih Serius, 5 Hal Ini Harus Dibicarakan Sebelum Menikah
caption
Jakarta -

Semua orang yang sudah menikah pasti tahu perbedaan signifikan antara pacaran dan pernikahan. Menikah adalah sebuah keputusan besar yang harus dipikirkan matang-matang. Tentu kamu tahu bagaimana pertengkaran bukanlah menjadi hal yang asing. Masalah ketidakcocokan prinsip, keuangan, persoalan keluarga, hingga perselingkuhan menjadi penyebab yang tidak disangka-sangka. Padahal semua pasangan pada awalnya menikah dengan niat tulus dan yakin untuk menjalin rumah tangga yang harmonis dan langgeng. Untuk itu, agar terhindar dari risiko perceraian yang tidak diinginkan, simak 5 hal yang harus dibahas sebelum memutuskan untuk menikah.

Masalah ketidakcocokan prinsip, keuangan, persoalan keluarga, hingga perselingkuhan menjadi penyebab yang tidak disangka-sangka.
Sebelum Menikah/ Sumber: Freepik.com

Kondisi dan Rencana Keuangan

Hidup ini tidak bisa hanya diisi dengan cinta. Kamu, pasangan, dan anak-anakmu kelak akan membutuhkan biaya untuk bisa hidup dan beraktivitas. Itulah sebabnya, memiliki pasangan dengan kondisi dan perencanaan keuangan yang baik sangat penting untuk mencegah permasalahan rumah tangga yang disebabkan oleh uang. Ingat, mempersoalkan uang bukan berarti kamu materialistis. Ini merupakan bentuk cinta yang realistis.

Persoalan Keluarga

Pernikahan tidak hanya penyatuan dua insan manusia, melainkan dua keluarga besar. Itulah sebabnya, kamu harus benar-benar memperhatikan persoalan keluarga itu sendiri. Tanyakan pada calon pasanganmu arti keluarga baginya dan bagaimana kalian akan bersikap dengan keluarga setelah menikah. Hal ini berlaku untuk keluarga pasanganmu dan keluargamu.


Tanyakan pada calon pasanganmu arti keluarga baginya dan bagaimana kalian akan bersikap dengan keluarga setelah menikah.
Suami dan Istri/ Sumber: Freepik.com

Buat Kesepakatan tentang Persoalan Privasi

Tiap pasangan memiliki kecenderungan yang berbeda. Beberapa pasangan mengaku lebih merasa nyaman jika ia tetap memiliki privasi yang terjaga. Hal ini dilihat dari bagaimana mereka menjaga diri untuk tidak membuka handphone atau laptop satu sama lain. Namun, sebaliknya, ada pula yang malah merasa bahwa itu adalah bagian dari keterbukaan. Pastikan kamu dan pasangan memiliki persepsi yang sama soal ini.

Pandangan tentang Peran Istri

Sangat penting bagi perempuan untuk mengetahui bagaimana ia memperoleh ruang untuk tetap berkarya dan produktif. Persoalan ini akan sangat berpengaruh jika kamu merupakan karakter perempuan aktif yang tidak bisa jika hanya berdiam diri di rumah. Pastikan bahwa suamimu memberikan dukungan sesuai dengan passion dan preferensimu. Para pria juga perlu tahu apakah istrinya memiliki keinginan tertentu setelah menikah. Ini penting mengingat bagaimana kecenderungan stereotip masyarakat yang memandang istri ideal sebagai ibu rumah tangga. 

Cara Meluapkan Emosi

Terakhir, yang satu ini memang tidak dapat dibicarakan tetapi perlu dilalui seiring dengan perkenalanmu dengan calon istri atau suami. Kekerasan rumah tangga yang kerap menjadi alasan perpisahan suami dan istri adalah mimpi buruk bagi semua orang. Tentu ini dapat diminimalisir dengan melakukan seleksi pada bagaimana pasanganmu meluapkan emosi. 

Kekerasan rumah tangga yang kerap menjadi alasan perpisahan suami dan istri adalah mimpi buruk bagi semua orang.
Menghindari Kekerasan dalam Rumah Tangga/ Sumber: Freepik.com

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mencari tahu apakah pasanganmu adalah orang yang tepat untuk dinikahi. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id