sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Sebentar Lagi Menikah? Simak Tips Menghadapi Rasa Gugup Menjelang Pernikahan

Ade Irma Suryani | Selasa, 25 May 2021 20:00 WIB
Sebentar Lagi Menikah? Simak Tips Menghadapi Rasa Gugup Menjelang Pernikahan
Tips Menghadapi Rasa Gugup Menjelang Pernikahan/Foto: freepik.com

Umumnya, setiap muda-mudi yang akan segera menikah, selain adanya rasa bahagia juga akan mengalami perasaan gugup, deg-degan dan cemas. Hal ini memang wajar, mengingat merupakan momentum yang paling bersejarah bagi pasangan calon pengantin yang akan memasuki kehidupan baru secara bersama. 

Meskipun begitu, rasa gugup yang ada tersebut perlu disikapi dengan tenang agar tidak menjadi berlebihan hingga mengganggu momen bahagia nantinya.

Nah, bagi kamu yang akan segera melangsungkan pernikahan, beberapa tips ini perlu kamu ikuti untuk menghadapi rasa gugup yang muncul menjelang pernikahan.

 

1. Istirahat yang Cukup

Menjelang hari pernikahan kamu perlu beristirahat dengan cukup.
Istirahat Cukup/Foto: freepik.com 

Segala macam persiapan yang perlu diurus untuk pernikahan, kerap kali membuat calon pengantin menjadi lelah dan stres. Oleh karena itu, penting bagimu untuk menjaga kondisi fisik dan mental tetap sehat dengan cara menjaga istirahat yang cukup. 

Usahakan untuk tidak begadang dan tidurlah dengan nyenyak. Tidur teratur dan nyenyak tentu akan membuat tubuh dan penampilanmu menjadi lebih bugar dan segar, sehingga auramu pun akan lebih terpancar. 

 

2. Makan Makanan Sehat

Menjelang pernikahan, tetaplah mengonsumsi makanan sehat.
Makanan Sehat/Foto: freepik.com 

Meski sangat disibukkan dengan urusan pernikahan, jangan sampai kamu tidak menjaga pola makanmu dengan baik. Usahakan untuk tetap makan teratur dan pilih makanan yang menyehatkan.

Dengan mengonsumsi makanan yang sehat, maka hal ini akan dapat membantumu untuk meringankan stres dan membuat mood menjadi lebih baik. 

 

3. Olahraga

Menjelang pernikahan, tetap rajin melakukan olahraga.
Olahraga/Foto: freepik.com 

Untuk menjaga tubuh tetap fit dan bugar, jangan lupa untuk tetap rajin berolahraga. Apalagi olahraga juga bermanfaat dalam menghilangkan stres dan membuat perasaan menjadi lebih bahagia. 

Lakukanlah jenis olahraga yang dapat dengan mudah kamu lakukan, seperti berjalan kaki, jogging, aerobic, push up, sit up, dan lain sebagainya.

 

4. Istirahat Sejenak dari Media Sosial

Menjelang pernikahan, sebaiknya kamu istirahat sebentar dari media sosial.
Istirahat dari Media Sosial/Foto: freepik.com 

Menjelang pernikahan, ada baiknya kamu mulai beristirahat sejenak dari media sosial. Akan lebih baik rasanya jika kamu lebih menenangkan pikiran dan hati dari hal-hal yang negatif dan mencemaskan. 

Tinggalkan media sosial sejenak dan beralihlah fokus pada diri sendiri. Selain itu, hal ini juga akan membuatmu merasa lebih baik. 

 

5. Lakukan Hal yang Menyenangkan

Lakukan hal menyenangkan menjelang pernikahan.
Melakukan Hal Menyenangkan/Foto: freepik.com 

Agar pikiran menjadi lebih tenang dan rileks menjelang pernikahan, tidak ada salahnya jika kamu mencoba memanjakan diri dengan melakukan hal yang menyenangkan. Seperti halnya melakukan perawatan diri ke salon, jalan-jalan menikmati keindahan alam, berbelanja, atau melakukan hal menyenangkan lainnya. 

Melakukan kegiatan yang menyenangkan sebelum menghadapi hari pernikahan tentunya akan sangat membantumu untuk mengurangi stres dan rasa gugup. 

 

6. Berkumpul Bersama Orang Terdekat

Berkumpul dengan orang terdekat menjelang pernikahan bisa ikut membantu mengatasi perasaan gugup yang ada.
Berkumpul dengan Orang Terdekat/Foto: freepik.com 

Berkumpul atau menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat seperti keluarga dan teman-teman terbaik, akan sangat membantumu untuk mengurangi perasaan gugup dan cemas menjelang pernikahan. 

Orang-orang terdekat tentunya akan dapat memberimu dukungan, semangat, dan nasihat terbaik untuk menguatkanmu dalam menghadapi hari pernikahan nantinya.  

 

7. Berdoa

Berdoa akan membuat diri menjadi lebih tenang dalam menghadapi pernikahan.
Berdoa/Foto: freepik.com 

Jangan pernah lupa untuk berdoa. Karena dengan berdoa, hatimu akan jauh lebih tenang dalam menghadapi kekhawatiran yang ada. 

Berdoalah dengan hati yang tulus sambil memasrahkan diri. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id