sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Seringkali Gagal, Inilah Alasan Acara Pernikahan Sulit Direncanakan

Astari Dewi Larasati | Minggu, 31 Jan 2021 20:00 WIB
Seringkali Gagal, Inilah Alasan Acara Pernikahan Sulit Direncanakan
caption
Jakarta -

Acara pernikahan merupakan waktu untuk merayakan cinta dan komitmen antar pasangan. Meskipun bahagia dan bermakna, hal ini dapat membuat stress. Banyak pasangan yang ingin hari besarnya berjalan lancar dan menjadi momen paling membahagiakan.

Jika tidak berjalan lancar, maka akan membuat kecewa bahkan sedikit memalukan. Ada beberapa alasan acara pernikahan sulit direncanakan, namun adapula cara mengatasinya. Cobalah untuk menemukan proses menikmati dan fokus pada hal penting saja.

Komitmen yang besar

Bersikaplah realistis, sertakan langkah kecil, dan persiapkan rencana cadangan.
Freepik.com

Memutuskan untuk menghabiskan waktu dengan seseorang merupakan komitmen besar. Tetapi komitmen utama lainnya adalah waktu yang dihabiskan sebagian besar pasangan untuk mempersiapkan hari besar. Terlepas berapa lama pertunangan, pernikahan akan memakan waktu dan energi. Ada begitu banyak hal yang harus dipersiapkan, mulai dari tempat, daftar tamu, gaun, hingga katering. Jadi tidak heran, banyak pasangan yang merasa kewalahan.

Namun, pasangan perlu membagi daftar tugas dan bisa menentukan tenggat waktu yang terperinci. Bersikaplah realistis, sertakan langkah kecil, dan persiapkan rencana cadangan. Jika punya biaya lebih, bisa meminta bantuan kepada Wedding Organizer (WO). Sehingga pasangan hanya perlu mempersiapkan mental dan memastikan semua hal berjalan lancar.

Biaya yang mahal

Biaya pernikahan menjadi satu hal yang menyebabkan stress dan tidak bisa terabaikan.
Freepik.com

Biaya pernikahan menjadi satu hal yang menyebabkan stress dan tidak bisa terabaikan. Setelah mengetahui dan membayar semua biaya yang diperlukan, rasa sulit belum tentu hilang. Tidak jarang pasangan akan merasa tidak nyaman ketika membicarakan uang, terutama jika punya gagasan berbeda. Namun paling tidak, bisa membuat anggaran terperinci dan menghindari pengeluaran yang tidak diperlukan.

Lalu bersikap terbuka tentang anggaran kepada vendor sehingga memahami batasan. Ingatlah bahwa tidak perlu mengadakan pesta pernikahan yang mewah dan besar. Pastikan acara pernikahan bisa sesuai dengan kemampuan. Keuangan adalah salah satu utama yang diperdebatkan pasangan.

Bisa tidak sesuai harapan

Cobalah mengingat hal positif, bahagia, rasa syukur, dan cinta saja.
Freepik.com

Setiap pasangan tentunya memiliki harapan dan ekspektasi dalam menggelar acara pernikahan. Namun, perlu juga bersiap untuk suatu hal yang tidak diinginkan. Dan hal ini akan menjadikan pasangan berakhir stress dan merasa kesulitan. Cobalah mengingat hal positif, bahagia, rasa syukur, dan cinta saja. Karena menikah adalah keputusan besar dan bukan sesuatu yang bisa dianggap enteng.

Harapan dan emosi semakin tinggi

Coba untuk menghargai setiap pendapat yang datang dari orang terdekat.
Freepik.com

Kamu mungkin bukan satu-satunya yang memiliki harapan tinggi di hari pernikahan. Pikirkan pula orang-orang terdekat yang punya peran tersendiri. Tapi jangan sampai mereka mempersulit proses perencanaan, terutama apabila tidak sependapat. Jika dibiarkan emosi akan terlibat dan perencanaan menjadi lebih sulit. Coba untuk menghargai setiap pendapat yang datang dari orang terdekat, tapi tetap kukuh pada pendirian pasangan.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id