sign up SIGN UP

LIFE

Jangan Kalap, Ini Tips Makan di Pesta Prasmanan Agar Tak Berlebihan

Dian Aprilia | Sabtu, 30 Jan 2021 08:00 WIB
Jangan Kalap, Ini Tips Makan di Pesta Prasmanan Agar Tak Berlebihan
caption
Jakarta -

Meski pandemi belum usai dan beberapa kota masih menerapkan PSBB, tapi banyak resepsi pernikahan yang tetap dilaksanakan. Utamanya pasangan yang sudah menunda resepsi hingga berbulan-bulan di tahun sebelumnya.

Alhasil sederet undangan sudah menanti di depan mata untuk dihadiri. Nah bagi kamu yang sedang diet ketat, tak perlu bingung atau tergoda saat makan jamuan prasmanan di kondangan. Berikut beautynesia.id telah merangkum tips makan prasmanan agar tetap sehat dan gak bikin berat badan naik.  

Makan sayur dan buah-buahan terlebih dahulu

Sayur dan buah
Sayur dan buah/pexels.com

Sebelum makan makanan utama, sebaiknya penuhi dulu perutmu dengan beragam menu sayuran dan buah-buahan. Kamu bisa memulainya dengan makan salad atau beberapa potong buah. Langkah ini akan bikin kamu tidak makan berlebihan saat mengambil makanan utama.

Ambil porsi cukup, jangan berlebihan

jangan berlebihan
jangan berlebihan/pexels.com

Warning: jangan lupa diri saat ambil makanan. Seringkali saat melihat menu prasmanan, nafsu makan akan melonjak tinggi. Apalagi jika yang dihidangkan saat prasmanan adalah berbagai makanan yang kamu sukai. Mulai dari nasi goreng, bakso, ayam kecap, rendang daging, capcay dan lainnya.

Biasanya muncul keinginan untuk mencoba semua menu. Nah daripada kebablasan, sebaiknya pilih satu atau dua menu saja untuk memenuhi piringmu. Ingat ambil secukupnya, sesuai dengan porsi makanmu biasanya.

Hindari gorengan

Alih-alih memilih menu gorengan, lebih baik pilih menu yang direbus, dikukus, ataupun kalau tidak ada pilih yang ditumis. Dengan begitu, kamu akan meminimalisir konsumsi menu makanan yang tinggi lemak jenuh.

Kalaupun kamu sangat ingin mencobanya, sebaiknya ambil satu saja dan jangan berlebihan. Sebab gorengan cenderung tidak mengenyangkan sehingga sulit berhenti memakannya.

Minum air putih

Air putih
Air putih/pexels.com

Saat kondangan, biasanya ada berbagai menu minuman atau makanan penutup. Es krim, es buah, puding, dan lainnya.

Nah daripada memilih ketiga jenis menu dengan kandungan tinggi gula tersebut, sebaiknya pilih saja air putih. Selain nol kalori, air putih juga lebih sehat dan melancarkan pencernaan serta metabolisme tubuh.

Berhenti makan sebelum kenyang

Selalu ingat untuk berhenti makan sebelum kenyang. Coba minum air putih sebelum merasa kenyang, pasti kamu akan merasa kenyang dan tidak ingin makan lagi.

Tidak perlu terburu-buru dan nikmati

Nikmati
Nikmati/pexels.com

Nikmati makanan yang kamu ambil dengan perlahan, jangan terburu-buru. Sebab makan yang tergesa-gesa malah bisa meningkatkan berat badan. Hal ini dikarenakan setelah makan, orang akan lebih mudah merasa lapar.

Sebab saat makan terlalu cepat akan mengganggu hormon usus yang bertugas memberi sinyal kapan merasa kenyang dan menyudahi kegiatan makan. Selain itu, makan dengan perlahan juga bisa menghindarkan dari masalah lambung atau gastritis.

Itulah 6 tips agar tidak berlebihan saat makan di pesta pernikahan. Ingat, diet itu bukan perkara ikut-ikutan atau gaya-gayaan, melainkan sebagai gaya hidup. Sehingga kamu akan senantiasa menjaga pola makanmu dimana pun dan kapan pun.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id