sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Tenang! Ini Cara Tepat Menghadapi Mertua yang Narsistik

Rumaysha Milhania | Minggu, 22 Nov 2020 12:30 WIB
Tenang! Ini Cara Tepat Menghadapi Mertua yang Narsistik
Ibu Mertua/ Sumber: Freepik.com
Jakarta -

Mertuamu selalu membicarakan kehebatan dirinya dan mengkritik segala yang kamu lakukan? Bisa jadi ia adalah tipe mertua yang narsis! Meskipun ini sangat menjengkelkan, jangan sampai rasa kesal kamu menyinggungnya. Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghadapi ibu mertua yang narsis.

Kurangi kontak dan buatlah batasan untuk berinteraksi dengannya. Mulailah dengan membuat batasan yang sehat dan hindari terlalu lama berbincang dengannya.
Ibu Mertua/ Sumber: Freepik.com

Buat Batasan 

Kurangi kontak dan buatlah batasan untuk berinteraksi dengannya. Mulailah dengan membuat batasan yang sehat dan hindari terlalu lama berbincang dengannya. Semakin sering kamu menghadapinya, semakin sering kamu akan mendengarkan perkataan yang hanya akan membuatmu semakin insecure.

Jangan Menyalahkan Diri Sendiri

Fenomena paling alamiah ketika seseorang mendengarkan kehebatan orang lain, mereka meragukan dirinya sendiri. Ingatlah bahwa ini tidak boleh terjadi. Kamu tidak bisa bertanggung jawab atas semua kesalahan dan ketidaksesuaian yang terjadi.

Terutama ketika kamu berurusan dengan ibu mertua yang sombong yang paling tidak tertarik dengan perasaan kamu. Kamu perlu berpihak pada diri sendiri karena orang lain tidak tahu dirimu sebagaimana kamu mengenal dirimu. 

Fenomena paling alamiah ketika seseorang mendengarkan kehebatan orang lain, mereka meragukan dirinya sendiri. Ingatlah bahwa ini tidak boleh terjadi. Kamu tidak bisa bertanggung jawab atas semua kesalahan dan ketidaksesuaiian yang terjadi.
Ibu Mertua/ Sumber: Freepik.com

Tidak Perlu Mengubah Orang Lain

Banyak orang berpikir untuk berusaha mengubah orang lain agar lebih baik. Namun, mengubah sifat orangtua bukanlah hal yang mudah. Bahkan, itu relatif mustahil untuk dilakukan.

Daripada menggurui atau menasihati mertua,  lebih baik kamu mengurangi berbicara dan menanggapi omongannya yang tidak baik. Semakin kita berusaha untuk mengubah orang itu, semakin mereka menjadi defensif dan segala sesuatunya menjadi kacau.

Berhentilah berusaha mengubah orang lain da mulai berusaha menjaga jarak dan tetap positif untuk menciptakan keseimbangan.

Bersikap Positif dan Tegas

Tetaplah bersikap positif dan tegas. Ini akan membantu kamu melawan masalah sehari-hari yang disebabkan oleh mertua.

Bagian terbaiknya adalah seringkali suami dan anggota keluarga lain yang juga mengetahui sifat buruk ibu mertua mendukungmu untuk bisa mengambil sikap. Namun, tentu ini dilakukan dengan cara yang baik tanpa menyinggung siapapun.

Jangan Pikirkan Komentar Negatif

Hal yang wajar terjadi ketika kamu dikelilingi oleh begitu banyak kritik, komentar, dan penghinaan. Kamu menangis dan menyesali situasi yang kamu hadapi, tetapi jika dibiarkan kamu akan mengalami pengaruh buruk untuk kondisi mentalmu secara keseluruhan.

Berurusan dengan ibu mertua yang narsis dan suka mengomentari orang lain tentu akan menyakitkan. Namun, hindari ini berdampak buruk dengan menganggap omongannya sebagai omong kosong dan kelilingi dirimu dengan hal-hal yang lebih positif.

Hal yang wajar terjadi ketika kamu dikelilingi oleh begitu banyak kritik, komentar, dan penghinaan. Kamu menangis dan menyesali situasi yang kamu hadapi, tetapi jika dibiarkan kamu akan mengalami pengaruh buruk untuk kondisi mentalmu secara keseluruhan.
Menghadapi Mertua/ Sumber: Freepik.com

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan saat menghadapi mertua yang narsis, suka berkomentar, dan selalu ingin ikut campur. Jangan lupa untuk selalu mengkomunikasikan ini dengan suami. Dengan begitu, kamu tidak akan sendiri dalam menghadapi masalahmu ini.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id