sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Tipe-Tipe Pasangan Saat Bertengkar, Kamu yang Mana?

Rumaysha Milhania | Kamis, 29 Apr 2021 18:30 WIB
Tipe-Tipe Pasangan Saat Bertengkar, Kamu yang Mana?
caption

Tiap pasangan punya kebiasaan tersendiri saat bertengkar. Simak tipe-tipe bertengkar yang umum dimiliki pasangan berikut ini. Dalam pertengkaran pasangan, biasanya ada 3 jenis gaya interaksi pertengkaran yang umum dilakukan, diantaranya:

1. Menantang vs Menarik Diri

Karakter penantang dan penarik diri merupakan tipe pertengkaran yang cukup umum terjadi di banyak pasangan. Salah satu pasangan cenderung lebih suka menantang dan aktif dalam mendebat dan memprotes. Pasangan yang suka menantang cenderung sering menuntut mereka benar dan pasangan yang salah.

Di sisi lain, pasangannya lebih suka menarik diri dan berusaha untuk menahan diri untuk melanjutkan konflik lebih besar. Pasangan seperti ini biasanya menunjukkan adanya dominasi dan ini bisa menjadi hal yang tidak sehat. Jika kamu merasa memiliki tipe pertengkaran yang seperti ini, cobalah untuk mencari jalan tengah dan mengomunikasikan dengan pasanganmu.

Karakter penantang dan penarik diri merupakan tipe pertengkaran yang cukup umum terjadi di banyak pasangan. Salah satu pasangan cenderung lebih suka menantang dan aktif dalam mendebat dan memprotes.
Konflik Pernikahan/ Sumber: Freepik.com

2. Menantang vs Menantang

Tidak jarang pula individu penantang bertemu dalam satu hubungan. Ini ditunjukkan saat kedua pasangan sangat keras kepala. Mereka teguh dalam keyakinan mereka bahwa merekalah yang benar. Suara diangkat dan ada banyak kritik, konfrontasi, dan menyalahkan adalah karakteristik yang kuat dalam pertengkaran tipe ini.

Jenis argumen ini bisa berlangsung berjam-jam tanpa solusi yang terlihat. Dalam beberapa kasus, masalah tidak pernah diselesaikan dan diabaikan, dengan risiko argumen yang sama muncul lagi di masa mendatang.

Tidak jarang pula individu penantang bertemu dalam satu hubungan. Ini ditunjukkan saat kedua pasangan sangat keras kepala.
Pasangan bertengkar/ Sumber: Freepik.com

3. Menarik Diri vs Menarik Diri

Terakhir, ada pula pasangan yang cenderung memiliki karakter sesama penarik diri. Ini adalah saat kedua individu menyatakan pendapat mereka dengan cara yang sangat tersirat, bahkan ada pula yang cenderung diam dan memendam perasaan.

Pada titik yang tidak ekstrem, karakter pasangan dengan tipe ini bersedia berunding dengan pasangan mereka. Namun, bukan berarti mereka mau menerima argumen pasangannya. Mereka bisa saja bertahan dengan diam. Dalam beberapa kasus, ini juga bisa mengumpulkan konflik yang tidak pernah selesai.

Pasangan yang cenderung memiliki karakter sesama penarik diri. Ini adalah saat kedua individu menyatakan pendapat mereka dengan cara yang sangat tersirat, bahkan ada pula yang cenderung diam dan memendam perasaan.
Suami dan Istri/ Sumber: Freepik.com

Nah, itulah beberapa hal yang harus kamu tahu tentang tipe-tipe pertengkaran yang ada. Pahami betul apa pertengkaran tipe apa yang kamu miliki dengan pasanganmu. Dengan begitu, kamu bisa mencari solusi untuk apa yang sekiranya cocok untuk dipilih sebagai cara penengah untuk konflik yang ada. 

Menyadari karakter dirimu sendiri dan karakter pasangan sangatlah penting untuk bisa memberikan kemauan untuk sama-sama membangun hubungan lebih baik. Ingat, komunikasikan dan terbuka adalah kunci dari hubungan yang sehat. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantumu untuk lebih baik dalam meredakan konflik!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id