sign up SIGN UP

Jangan Asal Gantung Cermin, Ini 5 Area Wajib Dihindari Menurut Fengshui, Ruang Tamu Salah Satunya!

Febriyani Rahmania | Selasa, 05 Oct 2021 08:00 WIB
Jangan Asal Gantung Cermin, Ini 5 Area Wajib Dihindari Menurut Fengshui, Ruang Tamu Salah Satunya!
caption
Jakarta -

Cermin merupakan salah satu perabotan rumah yang keberadaannya tidak bisa dipisahkan dari setiap sudut. Tidak hanya sebagai benda untuk memeriksa keadaan diri, dalam praktik desain interior, cermin juga bisa digunakan untuk memberi kesan luas pada ruangan sempit. 

Namun, beda lagi pada praktik fengshui, ilmu topografi kuno dari Tiongkok. Dikutip dari My Domaine, cermin dipandang sebagai benda yang bersifat memantulkan dan juga melipatgandakan hal-hal di rumahmu, baik itu positif maupun negatif. Untuk itu, kamu nggak bisa sembarangan meletakannya di sembarang tempat.

Lebih lanjut, dikutip dari The Spruce, cermin mewujudkan unsur air, dan elemen air menumbuhkan kebijaksanaan dan introspeksi.Selain itu, air memiliki sifat yang menyejukkan dan fleksibel sesuai wadah. Begitu juga dengan cermin, mereka dapat memantulkan tanpa penilaian atau pengaburan, dan mereka dapat memperluas pandangan serta memfokuskan energi.

Spacious and stylish home interior with old glass door and wooden parquetIlustrasi cermin./ Foto: Getty Images/iStockphoto/in4mal

Jadi, bagaimana peletakan cermin yang tepat di dalam sebuah rumah sesuai dengan prinsip fengshui? Yuk, simak beberapa aturan di bawah ini dari ahlinya. Sssst! Nggak cuma membawa energi baik untuk rumahmu, tetapi secara masuk akal juga akan menambah kesan estetik buat interior. Dikutip dari My Domaine, berikut ulasannya.

Jangan Letakkan Cermin di Seberang Pintu

Menambahkan cerminIlustrasi cermin. (foto: exclusivemirror.co.uk)/ Foto: Fahira mahza

Secara umum, ahli fengshui tidak merekomendasikan menempatkan cermin tepat di seberang pintu depan. Sebagai alternatif, kamu bisa menggantungkan cermin di dinding yang tegak lurus dengan pintu.

"Pintu depan sangat penting dalam fengshui," kata Laura Benko, penulis The Holistic Home kepada My Domaine. Laura menyarankan bahwa ketika kamu menggantung cermin, hubungkan dengan niat, seperti memperluas peluang dalam hidup kamu.

Hindari Meletakkan Cermin di Dapur

Fengshui dapurIlustrasi dapur dengan backsplash mirror. (Foto: pexels.com/Skitterphoto)/ Foto: Dian Aprilia

Prinsip fengshui umumnya juga menyarankan untuk nggak menempatkan cermin di dapur, terutama jika cermin menghadap ke kompor. Sebab, penempatan seperti itu diyakini menyimpan energi negatif. Sebagai alternatif, kamu dapat mempertimbangkan penggunaan cermin backsplash yang membuka kemungkinan peluang baik di dapurmu.

Hati-hati Meletakkan Cermin di Ruang Tamu

Fengshui dapurIlustrasi cermin di ruang tamu./ Foto: Dian Aprilia

Ada dua kemungkinan yang terjadi jika kamu meletakkan cermin di ruang tamu. Cermin dipercaya bisa membuat pertemuan terasa lebih meriah dengan menggandakan jumlah orang yang hadir di ruangan tersebut.

Namun, di lain sisi, cermin juga bisa memperkuat energi buruk jika tamu kamu membawa energi negatif. Jadi, berhati-hatilah dengan tamu yang datang ke rumahmu.

Hindari Cermin di Atas Sofa atau Tempat Tidur

Cermin besar.Cermin di kamar. (Foto: pinterest.com/westelm)/ Foto: Dimitrie Hardjo

Para ahli fengshui juga memperingatkan agar tidak menggantung cermin adalah di atas sofa atau tempat tidur. Menurut Marianne Gordon, pakar fengsui bersertifikat menyarankan agar atas ruang duduk tidak dibebani dengan benda.

"Fengshui adalah tentang perasaan aman dan tenteram di ruangmu," kata Marianne. Secara logika, mungkin kamu juga akan merasa insecure ketika ada benda pecah belah di atas kepala. Bukan begitu?

Hindari Cermin di Toilet

Toilet BersihCermin di toilet. (Foto: pixabay.com)/ Foto: Izzul Millati Umami

Terakhir, ahli fengshui juga menyarankan untuk menghindari menggantung cermin tepat di seberang pintu atau toilet. Selain karena cermin yang ditempatkan tepat di seberang pintu membawa pengaruh buruk, beberapa orang juga berpendapat bahwa mereka tidak merasa nyaman ada cermin di toilet. Bagaimana denganmu?

Selain empat tips di atas, dikutip dari The Spruce, ilmu fengshui juga mengimbau untuk tidak meletakkan cermin yang keruh, pecah, buram, terdistorsi, atau terdiri dari potongan-potongan.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id