sign up SIGN UP

5 Tips Fengshui Jendela di Rumah, Pengaruhi Kesehatan Keluarga!

Dian Aprilia | Senin, 09 Aug 2021 07:30 WIB
5 Tips Fengshui Jendela di Rumah, Pengaruhi Kesehatan Keluarga!
caption

Dalam fengshui, jendela adalah salah satu sumber masuk Qi (energi) ke rumah. Jendela berfungsi untuk mengalirkan udara, memasukkan sinar matahari, memberikan pemandangan, dan mempercantik rumah.

Fengshui jendela yang baik adalah mengupayakan agar energi di rumah berkualitas. Hal ini tentu akan membuat anggota keluarga jadi nyaman dan lebih sehat. Berikut beautynesia.id telah merangkum fengshui jendela di rumah agar optimal dan keluarga jadi nyaman dan sehat.

Pilih Jenis Jendela

Fengshui jendela
Fengshui jendela/pexels.com/Roberto Nickson

Jenis jendela yang bagus menurut fengshui rumah adalah jendela yang bisa menjadi sumber energi ke dalam rumah. Berikut ada berbagai pilihan jenis jendela yang bisa kamu pilih agar sesuai dengan fengshui rumah.

  • Jendela Ayun/Swing: jendela dengan bukaan lebar dan engsel berada di samping. Jendela ini ramah untuk fengshui tetapi membutuhkan ruang yang cukup besar.
  • Jendela Ayung/swing dengan engsel di atas: jendela ini memiliki bukaan terbatas sehingga energi masuk relatif sedikit. Jika memilih jendela ini, sebaiknya pilih dengan bukaan yang lebar.
  • Jendela geser: jendela ini memiliki bukaan yang lebar dan memudahkan energi masuk ke dalam rumah. Cocok untuk rumah yang sempit dan ramah Fengshui.
  • Jendela nako: jendela tidak memakan banyak ruang, bagus untuk sirkulasi dan sesuai fengshui.
  • Jendela kaca mati: jendela hanya untuk sumber sinar matahari, bisa digunakan jika sirkulasi udara di rumah sudah cukup baik. 

Pilih Jenis Kaca Jendela

Fengshui jendela
Fengshui jendela/pexels.com/Andrew Neel

Jenis kaca jendela juga mempengaruhi intensitas cahaya matahari alami yang masuk ke dalam rumah. Ada berbagai jenis kaca yang ramah fengshui dan bisa kamu pilih. Di antaranya adalah kaca bening atau transparan, kaca buram, kaca patri dengan warna warni indah, dan kaca insulasi. Pastikan kamu sudah mempertimbangkan kebutuhan dan kondisi rumahmu ya.

Perhatikan Arah Angin dan Sinar Matahari

Fengshui jendela
Fengshui jendela/pexels.com/Tatiana

Fengshui jendela berikutnya adalah memperhatikan arah angin dan sinar matahari. Pastikan agar aliran angin dan sinar matahari bisa masuk ke dalam rumah dengan lancar. Sehingga sirkulasi udara dan sinar matahari di rumah bagus.

Pertimbangkan ukuran jendela dengan luas ruangan, sumber angin dan arah cahaya matahari yang masuk. Hal ini bisa membuat jendela tidak terlalu kecil atau tidak terlalu besar sehingga tidak sesuai dengan kebutuhan rumah.

Proporsi 15-20% dari Ruangan

Fengshui jendela
Fengshui jendela/pexels.com/Daria Shevtsova

Selanjutnya fengshui rumah dan fengshui jendela yang harus diperhatikan adalah proporsi jendela dibandingkan ruangan. Bagi rumah di negara tropis sebaiknya proporsi jendela sekitar 15-20% dari seluruh ruangan. Hal ini berguna agar sirkulasi udara dan sinar matahari bagus. Rumah menjadi tidak gerah, sejuk, dan nyaman digunakan beraktivitas.

Sesuaikan Tinggi Rendah dengan Furnitur dan Ruang

Fengshui jendela
Fengshui jendela/pexels.com/cottonbro

Terakhir, fengshui jendela dan rumah berikutnya adalah menyesuaikan tinggi rendah letak jendela sesuai kondisi ruang, furnitur dan aktivitas di rumah. Sehingga jendela tidak tertutup furniture yang bisa mengganggu sirkulasi udara.

Selain itu, usahakan untuk rutin membuka tirai dan jendela minimal 2-3 jam di pagi hari guna mengganti udara di dalam rumah dengan yang baru dan memungkinkan sinar matahari masuk ke rumah.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id