sign up SIGN UP

Nggak Semua Tanaman Baik, Ini 5 Tanaman Hias Pembawa Kebaikan Menurut Fengshui

Febriyani Rahmania | Senin, 11 Oct 2021 21:00 WIB
Nggak Semua Tanaman Baik, Ini 5 Tanaman Hias Pembawa Kebaikan Menurut Fengshui
caption
Jakarta -

Setiap yang hadir ke dunia pasti membawa manfaatnya sendiri-sendiri. Begitu juga dengan tanaman hias. Meski keberadaannya cenderung dipelihara untuk kepentingan estetika, tetapi mereka punya manfaat sendiri bagi pemiliknya, termasuk manfaat kesehatan.

Hal tersebut juga diakui oleh fengshui, praktik tradisional pseudoscientific Tiongkok kuno. Praktik ini mengklaim bahwa kekuatan energi memiliki manfaat untuk keselarasan individu dan lingkungan. Energi tersebut bisa datang dari banyak hal, termasuk tanaman hias.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang tanaman, dikutip dari Bloom Scape, berikut ini ada rekomendasi tanaman hias menurut Karen Rauch Carter, penulis Move Your Stuff, Change Your Life dan Rodika Tchi, pakar dan konsultan feng shui asal Kanada.

Money Tree

Wide Shot of a Money Tree against a Grey BackgroundMoney tree. / Foto: Getty Images/iStockphoto/Matthew Lloyd

Sesuai dengan namanya, pohon uang merupakan salah satu tanaman yang menurut fengshui bisa digunakan untuk menarik kekayaan dan kemakmuran. Untuk memperkuat energi tersebut, tempatkan money tree di area barat daya rumah kamu. Posisi peletakan ini dipercaya bisa memaksimalkan energi yang dibawa oleh tanaman ini.

Lidah Mertua

foto: Lidah Mertua/freepik.comLidah mertua (Foto: freepik.com)/ Foto: ira syafira

Lidah mertua memiliki bentuk seperti pedang. Dikenal dengan nama latin Sansevieria, tanaman ini berfungsi sebagai pelindung. Tempatkan lidah mertua di dekat pintu depan atau jendela besar untuk memaksimalkan energi tanaman tersebut.

Selain di rumah, kamu juga bisa memelihara tanaman ini di kantor, sebab tanaman ini membawa energi yang bersemangat dan terfokus ke sebuah ruang. Sebaliknya, jangan letakkan tanaman lidah mertua di kamar tidur atau kamar anak-anak.

Lidah Buaya

lidah buaya bisa membantu mengurangi ketombeLidah buaya. (Foto: Unsplash/Pisauikan)/ Foto: Raistamala Nediasani

Mirip dengan tanaman lidah mertua, tanaman Hedgehog Aloe atau lidah buaya juga memiliki daun yang runcing dan segar. Tanaman ini dipercaya bisa menambahkan energi pelindung atau energi ke sebuah ruang. Jenis tanaman lidah buaya juga menjadi pembersih udara yang kuat, yang secara fengshui sangat bagus.

Kuping Gajah

Alocasia/pexels.comKuping gajah. (Foto: pexels.com/Alocasia)/ Foto: detik

Kuping gajah atau philodendron memiliki energi fengshui yang menenangkan bagi lingkungan dan orang-orang di sekitarnya. Tempatkan tanaman ini di area tenggara atau timur rumah. Menurut fengshui, arah mata angin melambangkan area kekayaan dan kesehatan fisik.

Karet Kebo

young woman in white t-shirt holds in her hands a wicker pot with a ficus flower. cropped photo. Decorative home plant. Casual lifestyle series in modern scandinavian interiorKaret kebo./ Foto: Getty Images/iStockphoto/Andrii Medvediuk

Di luar negeri, karet kebo terkenal dengan nama rubber plant. Tanaman ini sangat bagus untuk menghilangkan racun dalam ruangan. Mirip dengan philodendron, karet kebo juga menawarkan energi yang tenang dan santai bagi orang-orang di sekitarnya. Kamu bisa menempatkan tanaman hias ini di area ruang makan atau ke area tenggara dan timur rumah.

Dari lima tanaman di atas, tanaman mana yang sudah kamu punya di rumah? Yuk, share di kolom komentar.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id