sign up SIGN UP

4 Rahasia di Balik Gaun Hillary Clinton di Met Gala 2022

Dimitrie Hardjo | Beautynesia
Kamis, 12 May 2022 13:00 WIB
4 Rahasia di Balik Gaun Hillary Clinton di Met Gala 2022
caption

Hillary Diane Rodham Clinton merupakan tokoh perempuan berpengaruh asal Amerika Serikat dengan segudang prestasi. Karirnya di bidang politik berawal dari seorang pengacara, senator, Ibu Negara Amerika Serikat selama 2 periode kepemimpinan Presiden Bill Clinton, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat tahun 2009-2013, hingga menjadi pesaing Donald Trump di pemilu AS 2016 untuk memenangi posisi Presiden Amerika Serikat ke-45. Ia menjadi seorang politisi handal yang kerap menjadi sorotan––tidak terbatas pada gaya kepemimpinan, tapi juga penampilannya yang menginspirasi perempuan.

Hillary Clinton & Joseph Altuzarra/
Hillary Clinton & Joseph Altuzarra/ Foto: instagram.com/altuzarra

Alhasil, mendandani seorang Hillary Clinton untuk Met Gala 2022 pun menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi perancang busana Joseph Altuzarra. Gaun mewah yang harus dirancang bukan sekadar mementingkan estetika, tapi juga filosofi dan makna cerminan seorang Hillary Clinton. Dalam video yang diunggah akun Vogue dalam YouTube, Altuzarra menceritakan bagaimana gaun merah yang merepresentasikan fashion Amerika itu dibuat dengan detail luar biasa. Berikut fakta menarik gaun Hillary Clinton di Met Gala 2022 itu.


1. Bordiran 60 Nama Perempuan Amerika Serikat 

Bordiran 60 nama perempuan Amerika Serikat pada gaun Hillary Clinton/
Bordiran 60 nama perempuan Amerika Serikat pada gaun Hillary Clinton/ Foto: instagram.com/altuzarra

Tampil di depan kamera setelah 20 tahun absen dari Met Gala, Clinton berpose di atas red carpet dalam balutan gaun off-shoulder material silk. Gaun itu memiliki detail pada bagian lining kerah cape dan hemline, yakni bordiran 60 nama perempuan Amerika Serikat yang beberapa diantaranya menjadi inspirasi Clinton. 

2. Hasil Tulisan Tangan Joseph Altuzarra

Tulisan tangan Joseph Altuzarra/
Tulisan tangan Joseph Altuzarra/ Foto: instagram.com/altuzarra

Bukan hanya sekadar bordiran dari tulisan komputer, tapi Joseph Altuzarra membuat ke-60 nama tersebut dengan tulisan tangan terlebih dahulu. Selanjutnya, tulisan tangan itu ditransfer sebagai bordir pada kain silk sebelum disatukan membentuk gaun. Clinton sendiri mengakui tulisan tangan Altuzarra sangat cantik, Beauties!

3. Terinspirasi dari Friendship Quilt

Gaun inspirasi tradisi friendship quilt/
Gaun inspirasi tradisi friendship quilt/ Foto: youtube.com/Vogue

Gaun indah tersebut terinspirasi dari sebuah selimut di mana pembuatannya dilakukan mandiri oleh ibu rumah tangga dan bertujuan untuk mempererat hubungan antar anggota keluarga, teman, serta tetangga dengan menuliskan nama masing-masing individu. Selimut tradisional yang disebut juga sebagai friendship quilt berhasil menggugah ide kreatif Altuzarra untuk mendesain gaun.

4. Bentuk Penghormatan untuk Para Penjahit Rumahan 

Penghormatan untuk perempuan Amerika Serikat/
Penghormatan untuk perempuan Amerika Serikat/ Foto: instagram.com/altuzarra

Semakin spesial, dress berbordir khusus juga dirancang sebagai bentuk penghormatan bagi  para penjahit perempuan dan pembuat selimut rumahan di Amerika Serikat. Mengingat begitu besar peran mereka demi mendorong perindustrian fashion Amerika, Hillary Clinton dan Joseph Altuzarra sepakat untuk mempersembahkan gaun ini bagi mereka.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id