sign up SIGN UP

5 Keuntungan Mengadopsi Teknologi Terkini untuk Bisnis Fashion

Dimitrie Hardjo | Beautynesia
Selasa, 07 Jun 2022 17:45 WIB
5 Keuntungan Mengadopsi Teknologi Terkini untuk Bisnis Fashion
caption

Beberapa tahun terakhir menjadi tahun krusial bagi fashion di mana inovasi teknologi memegang peranan penting dalam perkembangan bisnis dan mencapai fashion berkelanjutan. Tidak terbatas pada metaverse dan NFT, tapi inovasi lainnya turut memengaruhi industri, seperti extended reality yang mencakup VR dan AR dan peran artificial intelligence (AI) yang begitu besar untuk mengolah data. Inovasi teknologi ini juga bisa diterapkan dalam berbagai aspek bisnis, mulai dari desain produk, manufaktur, inventaris dan distribusi, ritel, hingga merchandising

Namun sebenarnya apa saja manfaat dari teknologi khususnya bagi bisnis fashion? Simak beberapa diantaranya yang diambil berbagai sumber berikut ini yuk!

Keuntungan Menerapkan Teknologi dalam Bisnis Fashion



1. Menjangkau Lebih Banyak Customer

Membuka segmentasi baru/
Lebih aksesibel/ Foto: pexels.com/Tim Douglas

Tidak dipungkiri bahwa eksistensi metaverse kian berkembang dan semakin diminati generasi yang “melek” teknologi, seperti millennial, gen Z dan alpha. Karenanya, ekspansi ke metaverse dan penyediaan digital fashion oleh sebuah brand dapat membawa segmentasi baru yang belum pernah dijangkau sebelumnya. Memperluas segmentasi ini membuat brand lebih lincah mengikuti perkembangan zaman, membuat produknya lebih aksesibel, dan tetap relevan di mata konsumennya.

2. Memudahkan Demand Forecasting & Manajemen Inventaris

Perkiraan permintaan dan mengelola inventaris semakin mudah/
Perkiraan permintaan dan mengelola inventaris semakin mudah/ Foto: pexels.com/Anete Lusina

Penggunaan AI bisa dimanfaatkan dalam bisnis fashion dalam segi perkiraan permintaan dan manajemen inventaris. Berdasarkan laporan State of Fashion 2022 disajikan oleh Business of Fashion dan McKinsey & Company, permintaan produk baru yang lebih bervariasi dari konsumen akan meningkat seiring terbukanya aspek sosial dalam kebebasan mengekspresikan diri. 

Melalui automasi, pengembangan produk data-driven membantu akurasi karena mempermudah brand menganalisis permintaan konsumen tersebut. Ketersediaan stok juga dapat dikelola dengan basis made-to-order. Alhasil, overproducing dan overstocking bisa dihindari dengan teknologi.

3. Meningkatkan Customer Experience

Peningkatan customer experience/
Peningkatan customer experience/ Foto: pexels.com/Gustavo Fring

Customer experience bisa ditingkatkan dengan berbagai cara melalui teknologi, Beauties. Misalnya, adanya personalisasi produk yang ditawarkan saat berbelanja, melengkapi toko offline dan online dengan extended reality (AR/VR) di mana konsumen bisa mencoba pakaian secara virtual sebelum membeli, dan sebagainya untuk menunjang pengalaman customer. Menyediakan pembayaran dengan mata uang kripto juga memudahkan para konsumen untuk berbelanja.

4. Meningkatkan Pendapatan

Meningkatkan pendapatan brand/
Meningkatkan pendapatan brand/ Foto: pexels.com/Mart Production

Akumulasi pengadopsian teknologi dalam berbagai aspek bisnis akan memengaruhi revenue, Beauties. Melansir laman Business of Fashion, Boston Consulting Group dan Global Fashion Agenda dalam laporannya tahun 2017 memprediksi peningkatan margin keuntungan sebesar 1-2% di tahun 2030. Hal ini dikarenakan adanya lingkungan kerja yang lebih baik, peningkatan efektivitas dan efisiensi berkat alokasi sumber daya berkelanjutan, serta luasnya keterjangkauan konsumen.

5. Lebih Ramah Lingkungan

Ramah lingkungan/
Ramah lingkungan/ Foto: pexels.com/Sarah Chai

Fashion berkelanjutan menjadi poin yang penting dewasa ini. Mengutip laman McKinsey, Anita Balchandani, partner Mckinsey & Company London yang memimpin praktik Apparel, Fashion & Luxury di UK, Eropa, Timur Tengah, dan Afrika, menyebutkan 3 area utama inovasi dan transformasi yang paling menjanjikan. Hal nomor satu yang disebutkan adalah peran teknologi dalam meminimalisir produksi berlebihan, limbah, dan lebih baik menyesuaikan permintaan konsumen dengan suplai. Pemanfaatan teknologi pun menjadi alternatif berkelanjutan yang memungkinkan industri memproduksi secara ramah lingkungan tanpa kompromi kualitas.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id