sign up SIGN UP

5 Tren dari New York Fashion Week Spring/Summer 2023

Rayoga Firdaus | Beautynesia
Selasa, 20 Sep 2022 21:30 WIB
5 Tren dari New York Fashion Week Spring/Summer 2023
caption
Jakarta -

Perhelatan New York Fashion Week koleksi spring/summer 2023 yang berlangsung pada 9 - 14 September 2022 menampilkan sederet tren fashion menarik untuk tahun depan. Desainer kian ekspresif dalam berkarya.

Dari busana berpotongan dekonstruktif, detail yang ramai, pilihan warna mencolok, hingga pilihan bahan transparan tampil mendominasi. Nuansa glamor dan heboh tersebut seolah bertolak belakang dengan kondisi ekonomi Amerika Serikat yang diberitakan tak menentu dan adanya ancaman inflasi.

Fashion bukannya abai terhadap situasi ekonomi dan sosial masyarakat, namun desainer tampaknya mencoba menampilkan optimisme lewat karya mereka. Dari segi estetik, pendulum tren kini mundur ke era '90an.

Desainer Catherine Holstein dari label Khaite dan Tory Burch secara jujur mengakui nostalgia dari era '90an jadi inspirasi rancangan mereka.

Tory Burch spring/summer 2023Tory Burch spring/summer 2023/ Foto: Dan Lecca/ Courtesy of Tory Burch

Era '90an sering kali disebut sebagai masa akan gaya rebel atau anti fashion berkembang. Grunge, rave, hip hop, hingga gothic populer pada masanya. Meski dianggap 'nyentrik' namun kehadiran mereka justru jadi sebuah zeitgeist. Fashion kembali menjadi medium bagi generasi muda untuk berekspresi sekaligus menyuarakan perubahan.

Perubahan juga terasa dalam hal casting model di New York Fashion Week spring/summer 2023. Banyak desainer mulai lebih inklusif dalam pilihan model. Baik dari segi bentuk tubuh, warna kulit, dan usia.

Tak semua pencinta fashion mungkin merasa nyaman memakai busana transparan atau gemar memakai warna mencolok. Namun selalu ada cara untuk mengadopsinya agar lebih personal dan deretan pilihan tren lain untuk dicoba.

Sheer

Khaite spring/summer 2023Khaite spring/summer 2023/ Foto: Courtesy of Khaite

Tren busana transparan yang terbilang tricky bisa diakali dengan layering. Label Khaite dan Tory Burch berhasil membuat tren ini terlihat jadi lebih subtle berkat trik layering. Khaite memadukan blus dan gaun transparannya dengan luaran yang edgy seperti oversized blazer atau biker jacket.

Sementara Tory Burch menjadikan gaun transparan sebagai luaran atau dikenakan bersama rok pendek.

Bright Green

Proenza Schouler spring/summer 2023Proenza Schouler spring/summer 2023/ Foto: Courtesy of Proenza Schouler

Hijau masih akan jadi warna populer untuk musim spring/summer 2023. Di New York Fashion Week rona lebih terang jadi favorit desainer. Dari yang dikemas secara feminin oleh Proenza Schouler lewat mini dress dengan aksen ruffles hingga sporty ala Michael Kors Collection lewat setelan jas dan bralette.

Bubble Hems

Proenza Schouler spring/summer 2023Proenza Schouler spring/summer 2023/ Foto: Courtesy of Proenza Schouler

Eksperimentasi desainer di New York Fashion Week spring/summer 2023 juga hadir lewat siluet. Potongan bervolume atau bubble banyak bermunculan. Selain lewat cocktail dress, label seperti Khaite dan Proenza Schouler juga menerapkannya dalam desain rok.

Cargo Pants

Brandon Maxwell spring/summer 2023Brandon Maxwell spring/summer 2023/ Foto: Courtesy of Brandon Maxwell

Jika rok kian feminin dengan siluet bubble, maka celana terlihat lebih edgy dalam potongan cargo atau celana detail saku besar. Tom Ford membuatnya dalam potongan kulot. Sementara Brandon Maxwell mencoba menawarkan opsi gaya kasual lewat potongan high-waisted.

Fringes

Michael Kors Collection spring/summer 2023Michael Kors Collection spring/summer 2023/ Foto: Filippo Fior/Gorunway/Vogue

Untuk detail, fringes jadi tren yang coba diangkat desainer di New York Fashion Week spring/summer 2023. Seringnya muncul dalam bentuk slip dress yang berkesan bohemian seperti pada koleksi Ulla Johnson. Namun Michael Kors menawarkan pendekatan yang lebih eklektik lewat kreasi sweater dress dalam warna merah menyala.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id