sign up SIGN UP

7 Hal yang Mencuri Perhatian dari Koleksi Prada Spring/Summer 2023

Rayoga Firdaus | Beautynesia
Jumat, 23 Sep 2022 19:00 WIB
7 Hal yang Mencuri Perhatian dari Koleksi Prada Spring/Summer 2023
Foto: courtesy of Prada
Jakarta -

Prada selalu jadi salah satu koleksinya paling dinanti di Milan Fashion Week. Alasannya sederhana, rancangannya selalu jadi trend setter. Bukti terbaru, tren gaya transparan yang diusung Prada di koleksi musim fall/winter 2023 kini banyak diadopsi pada perhelatan pekan mode spring/summer 2023.

Lalu ketika banyak yang mencoba menerapkan formulanya dari musim lalu, hal apa yang akan dibawa selanjutnya oleh Miuccia Prada dan Raf Simons selaku co-creative directors untuk musim spring/summer 2023? Simplicity.

Namun jangan bayangkan gaya simpel nan minimalis yang hanya berpusat pada warna hitam dan putih. Detail, warna, material, dan siluet turut banyak digubah dalam koleksi ini. Berikut 7 hal yang mencuri perhatian dari koleksi Prada spring/summer 2023.

Paradox

Prada spring/summer 2023Prada spring/summer 2023/ Foto: courtesy of Prada

Paradox sedang jadi kata favorit dan memiliki makna khusus bagi Prada belakangan ini. Pertama jadi nama kreasi parfum terbaru di mana Emma Watson tampil jadi bintang iklan. Kedua, paradox mewakili akan esensi dari koleksi Prada spring/summer 2023 ini.

Pada keterangan pers yang dirilis Prada menyebut koleksi ini jadi perwujudan akan ide "an interrelationship between the raw and the sensual, between delicacy and roughness, an emulsification of contrasts. "

Prada spring/summer 2023Prada spring/summer 2023/ Foto: courtesy of Prada

Terdapat banyak elemen yang saling berlawanan seperti tailoring yang maskulin dengan gaun feminin. Warna gelap dengan mencolok. Setelan rok yang elegan dengan busana transparan yang sensual.


Konseptual Pragmatis

Prada spring/summer 2023Prada spring/summer 2023/ Foto: courtesy of Prada

Busana yang simpel dan fungsional bukan berarti harus terlihat membosankan. Prada tawarkan sweater dengan efek 'kusut' yang dipasangkan dengan rok knit aksen slit, begitu juga dengan midi dress dalam pulasan warna-warna mencolok dan hiasan motif bunga yang berkesan kitsch dan retro.

Pendekatan busana basic yang konseptual juga terlihat pada parade gaun hitam berpotongan asimetris dan jas aksen panel yang menutup fashion show.

Tren Busana Transparan

Prada spring/summer 2023Prada spring/summer 2023/ Foto: courtesy of Prada

Dari New York hingga kini Milan Fashion Week, busana transparan yang menerawang banyak ditampilkan desainer. Di luar dugaan Prada juga turut kembali menghadirkannya. Biasanya Prada selalu berubah haluan ketika yang lain mulai mengadopsi tren yang terlebih dahulu ia hadirkan.

Bedanya, saat yang lain berfokus pada busana seperti gaun malam atau blus yang cenderung bergaya sensual, Prada membuat gaya transparannya lebih kasual. Seperti sweater dengan rok pensil, mantel, serta maxi dress yang terlihat seperti gaun tidur.

Leather vs Satin

Prada spring/summer 2023Prada spring/summer 2023/ Foto: courtesy of Prada

Meski ditujukan untuk koleksi musim semi dan panas, namun Prada juga banyak menghadirkan busana berbahan leather seperti setelan rok, coat dengan desain kerah yang lebar, dan dress. Sebagai alternatif, hadir deretan gaun satin yang membawa nostalgia akan koleksi Prada di era '90an.

Dramatic Eyelashes

Prada spring/summer 2023Prada spring/summer 2023/ Foto: Armando Grillo / Gorunway.com/ Vogue

Selain busana, gaya makeup para model juga turut jadi perhatian. Bukan warna eyeshadow atau lipstik, kali ini bulu mata yang jadi primadona. Tampak para model memakai bulu mata panjang dan penuh di mana berkesan dramatis.

Aksesori

Prada spring/summer 2023Prada spring/summer 2023/ Foto: Armando Grillo / Gorunway.com/ Vogue

Dari ranah aksesori, Prada menampilkan sepatu aksen tali dalam berbagai warna. Untuk tas masih didominasi kreasi tas ikonisnya seperti Prada Re-Edition 1995, Prada Supernova dan Prada Symbole dari rilisan koleksi fall/winter 2022 yang kini hadir dalam berbagai varian warna terang. Terdapat juga tas model duffle dan tote bag berhiaskan aksen 3D.

Pengaruh Kesuksesan Bisnis di 2022

Prada spring/summer 2023Prada spring/summer 2023/ Foto: courtesy of Prada

Dapat dikatakan koleksi Prada spring/summer 2023 ini lebih komersial dibanding sebelumnya. Meski Prada mencoba menampilkan tema gaya 'kontras' namun sebenarnya minim elemen kejutan yang biasa menghiasi koleksinya.

Semisal di koleksi fall/winter 2009 menampilkan boots tinggi bersama dress. Lalu sandal Tevas dan kaus kaki tinggi berhiaskan kristal di koleksi spring/summer 2014. Atau pada koleksi musim fall/winter 2022 yang mengetengahkan faux fur dan embellishment di kreasi outerwear.

Fokus gaya komersial namun konseptual sepertinya tidak terlepas dari kesuksesan bisnis Prada di 2022. Dalam laporan keuangan paruh pertama 2022, penjualan Prada mencapai 1,45 miliar Euro atau naik 28 persen dibanding paruh pertama 2021.

Disebutkan penjualan naik merata pada berbagai kelompok umur. Tak heran jika koleksi spring/summer 2023 lebih komersial.

Mungkin Prada ingin menawarkan koleksi yang bisa dipakai semua orang, lintas umur dan berbagai macam preferensi gaya, dengan pendekatan konseptual yang lebih mudah dipahami.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id