STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

7 Kesalahan Saat Cuci Baju yang Bisa Bikin Pakaian Cepat Belel dan Rusak, Jangan Lagi Lakukan ya!

Nisrina Salsabila | Beautynesia
Sabtu, 14 Jan 2023 08:00 WIB
7 Kesalahan Saat Cuci Baju yang Bisa Bikin Pakaian Cepat Belel dan Rusak, Jangan Lagi Lakukan ya!

Mencuci baju menggunakan mesin cuci mungkin tampak seperti pekerjaan sederhana. Akan tetapi, sebenarnya mencuci baju membutuhkan persiapan, pengukuran detergen, dan cara membersihkan cucian yang tepat untuk menjaga kain tetap dalam kondisi prima. Jika tidak hati-hati, kesalahan cucian tertentu justru dapat merusak pakaianmu, bahkan bisa memengaruhi performa mesin cuci.

Berikut beberapa kesalahan mencuci pakaian paling umum yang bikin pakaian cepat rusak. Simak yuk!

1. Mencampur Segala Warna dan Jenis Pakaian

Ini sudah menjadi aturan umum bahwa pakaian berwarna cerah harus dicuci terpisah dari pakaian gelap. Selain itu, ada baiknya juga untuk menyortir pakaian berdasarkan jenis kainnya.

Pisahkan pakaian berjenis kain lebih berat seperti denim, handuk, dan seprai, dari kain halus seperti blus, hijab, dan kemeja untuk mencegah keausan dan kerusakan pada kain yang lebih halus.

2. Tidak Memisahkan Pakaian Dalam

Cara mencuci pakaian dalam, seperti celana dalam dan bra, sebaiknya dilakukan terpisah dan dicuci menggunakan tangan. Sebab, bakteri dan jamur pada pakaian dalam takutnya bisa menyebar ke pakaian lainnya.

Meski mungkin sedikit repot, tapi menghindari mencucinya di mesin cuci mampu mencegah celana dalam agar tidak mudah melar dan menjaga ketahanan bentuk bra.

3. Pakai Detergen Kebanyakan dan Menuangkannya Langsung ke Pakaian

kesalahan saat mencuci baju
Hindari menuangkan detergen kebanyakan/Foto: bowonpat/Freepik

Banyak orang beranggapan bahwa menggunakan detergen dalam jumlah yang banyak akan membuat baju lebih bersih. Padahal, mengutip Express kebanyakan busa detergen malah akan menyulitkan proses pembilasan sehingga meninggalkan residu. Alhasil, kotoran-kotoran yang menempel masih tertahan di serat-serat pakaian.

Kesalahan lainnya adalah menuangkan detergen langsung ke atas kain. Detergen mungkin bisa tertinggal di serat kain dan meninggalkan noda belang atau memudarkan warna pakaian, terutama yang berwarna gelap.

Tuangkan detergen secukupnya saja, sesuai takaran dan jumlah baju, ke dalam ember atau mesin cuci berisi air yang belum ada cuciannya.

4. Mencuci Pakaian Olahraga dengan Pelembut Pakaian

Menurut Laundry Care yang dikutip via Insider, sebagian besar pakaian olahraga modern dirancang menggunakan kain khusus yang dapat menghilangkan kelembapan dari kulit supaya kita tetap merasa sejuk dan kering saat berkeringat.

Sayangnya, produk pelembut pakaian meninggalkan lapisan tipis yang melapisi material ini dan mengunci keringat dan bakteri. Akibatnya, kualitas pakaian olahraga jadi menurun lantaran bau apek yang melekat dan menghilangkan sifat anti lembapnya.

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE