STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Rutin Minum Segelas Air Putih di Pagi Hari Saat Perut Kosong Ternyata Berdampak Besar, Termasuk Bikin Langsing!

Ade Irma Suryani | Beautynesia
Kamis, 12 Jan 2023 06:45 WIB
Rutin Minum Segelas Air Putih di Pagi Hari Saat Perut Kosong Ternyata Berdampak Besar, Termasuk Bikin Langsing!

Kebiasaan minum air putih di pagi hari saat perut kosong ternyata memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Mengutip dari detikFood, air memiliki peran yang sangat penting karena mengangkut nutrisi ke sel-sel tubuh, mengatur suhu tubuh, hingga melumasi sendi. 

Menilai begitu banyak manfaat minum air putih di pagi hari saat perut kosong, inilah 5 manfaat tersebut seperti yang dilansir dari laman Medical News Today.

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Minum air putih di pagi hari dapat membantu menurunkan berat badan.
Membantu Menurunkan Berat Badan/ Foto: pexels.com/Ketut Subiyanto 

Minum air putih di pagi hari diketahui dapat menurunkan berat badan. Sementara itu, sebuah studi tahun 2010 menemukan bahwa orang dewasa paruh baya dan lebih tua kehilangan lebih banyak berat badan ketika mereka minum 500 ml air sebelum makan selama 12 minggu. 

Adapun sebagian peneliti juga mengaitkan penurunan berat badan ini dengan penurunan asupan energi dari makanan di antara peserta yang minum air. Hal ini menandakan bahwa mereka makan lebih sedikit dibandingkan orang yang tidak minum air sebelum makan. 

2. Baik untuk Kinerja Mental

Minum air putih di pagi hari baik untuk kinerja mental.
Baik untuk Kinerja Mental/ Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio 

Minum air putih di pagi hari diketahui juga dapat meningkatkan kognisi dan kinerja mental. Sementara itu, menurut studi tahun 2016, dehidrasi ringan dapat berdampak buruk pada kognisi. 

Sebuah ulasan tahun 2019 melihat efek hidrasi pada kinerja kognitif. Bahwa ditemukan adanya kecenderungan peningkatan kinerja mental pada peserta studi yang terhidrasi. Meskipun para peneliti mencatat bahwa hasilnya tidak signifikan secara statistik. Di samping itu, peserta dalam penelitian ini juga minum air sepanjang hari. Hal ini jadi menunjukkan bahwa hidrasi sepanjang hari mungkin lebih baik untuk kinerja mental dibandingkan hanya minum air di pagi hari. 

3. Meningkatkan Suasana Hati

Minum air putih di pagi hari dapat meningkatkan suasana hati.
Meningkatkan Suasana Hati/ Foto: pexels.com/Julia Avamotive 

Tak ketinggalan, air putih ternyata juga bermanfaat dalam meningkatkan suasana hati seseorang.

Menurut sebuah studi di tahun 2019, dehidrasi berdampak negatif pada suasana hati, sementara rehidrasi dapat memperbaiki suasana hati dan gejala kelelahan. Agar suasana hati dapat positif sepanjang hari, maka cukupi kebutuhan air dengan baik. 

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE