STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

7 Tahun Menjabat, Alessandro Michele Mundur Jadi Creative Director Gucci! Inikah Alasannya?

Rayoga Firdaus | Beautynesia
Kamis, 24 Nov 2022 08:30 WIB
7 Tahun Menjabat, Alessandro Michele Mundur Jadi Creative Director Gucci! Inikah Alasannya?

Alessandro Michele resmi mundur sebagai creative director Gucci. 7 tahun menjabat, Michele berhasil melakukan transformasi desain dan citra dari jenama legendaris ini. Dari semula identik dengan gaya seksi dan glamor jadi retro, quirky, dan konseptual.

Sebelum jadi creative director Gucci pada tahun 2015, nama Alessandro Michele belum terlalu dikenal oleh dunia fashion internasional. Namun ia sebenarnya sudah bekerja untuk Gucci sejak tahun 2002 kala brand tersebut masih disupervisi oleh Tom Ford.

Alessandro MicheleAlessandro Michele/ Foto: Valentina Sommariva / Courtesy of Gucci

Pada tahun 2015, Alessandro Michele diangkat jadi creative director menggantikan Frida Giannini. Koleksi perdananya yang bergaya retro dan gender fluid di mana pria memakai blus ruffles, dan perempuan mengenakan setelan jas bermotif bunga serta rok lebar disambut antusias oleh publik.

Penjualan pun terus meningkat. Pada tahun 2017, penjualan Gucci bahkan naik hampir 50 persen.

Namun seiring perkembangan dunia mode, preferensi gaya publik mulai berubah. Puncaknya ketika pandemi merebak. Gaya minimalis kembali jadi tren dan visi estetis Alessandro Michele untuk Gucci yang ramai akan corak dan logo mulai dianggap kehilangan relevansi.

Gucci spring/summer 2022Gucci spring/summer 2022/ Foto: Courtesy of Gucci

Hal ini pula yang dianggap jadi pemicu akan keputusan Kering Group dan Alessandro Michele untuk memutuskan kontrak kerja sama.

Melansir dari Women's Wear Daily, petinggi Gucci meminta sang desainer untuk mengubah garis desainnya namun ia menolak dan keduanya pun gagal menemukan titik temu dalam menentukan strategi Gucci kedepannya.

Ketika penjualan kompetitor seperti Louis Vuitton dan bahkan brand milik Kering Group lainnya seperti Saint Laurent dan Bottega Veneta terus meroket saat kondisi pandemi mulai membaik, pertumbuhan Gucci terbilang lebih lambat.

Pada laporan keuangan kuartal ketiga 2022 Kering Group, Gucci memang berhasil membukukan pendapatan sebesar 2,58 miliar Euro atau naik 18 persen dibanding tahun lalu. Namun Saint Laurent berhasil menaikkan angka pertumbuhan sebesar 40 persen dan Bottega Veneta sebesar 20 persen.

Selain mengubah citra desain, terdapat sederet momen viral selama Alessandro Michele jadi creative director Gucci.

Yuk klik halaman selanjutnya untuk melihat sederet momen viral Gucci.

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE