sign up SIGN UP

Aneka Desain Nyentrik Inspirasi Teknologi di Koleksi JW Anderson di London Fashion Week 2023

Dimitrie Hardjo | Beautynesia
Jumat, 23 Sep 2022 21:30 WIB
Aneka Desain Nyentrik Inspirasi Teknologi di Koleksi JW Anderson di London Fashion Week 2023
caption

Soho, London menjadi lokasi pilihan perancang busana Jonathan Anderson untuk mendirikan replika kasino ala tahun 60an. Di dalamnya, bukan hanya tersedia mesin-mesin jackpot, tapi juga sejumlah model dalam pakaian eksentrik yang jadi pusat perhatian di ruangan tersebut.

Ya, tamu undangan yang hadir di presentasi JW Anderson Spring/Summer 2023 pada Sabtu (17/9) dibuat terkesima dengan deretan 37 looks unik yang mengingatkan kita pada komputer dan internet era 90an - 2000an. Sematan ornamen nyentrik dan cetakan grafis dijumpai pada koleksinya kali ini. Berikut detail lebih lengkapnya.

Menghubungkan Dunia Digital dan Realita

Look 6 dan Look 17 dengan detail tombol keyboard/
Look 6 dan Look 17 dengan detail tombol keyboard/ Foto: Isidore Montag / Gorunway.com

Banyak yang bisa digali dari teknologi dan koneksinya dengan realita. Anderson menangkap perspektif dari hubungannya yang fana dan eksplorasi pada perangkat yang jadi benang merah antara kita dengan dunia maya.

“Apakah kita jatuh ke dalam layar dan menjadi ponsel kita? Rasanya seperti dunia alternatif dan ada lapisan dan lapisan dan lapisan di sana. Bagiku ini mungkin tentang realisme, bukan futurisme. Ini lebih mengenai refleksi dari diri kita,” terang desainer asal Irlandia itu pada Vogue.

Dari tema besar itu, hadirlah koleksi quirky ala JW Anderson. Tombol keyboard raksasa mendekorasi sejumlah gaun, sweater rajut terbalik, kaus tanpa lengan dengan kerah tinggi berbentuk belakang celana jeans, atasan halter neck sepenuhnya dibuat dari tombol keyboard, gambar grafis dari internet tercetak pada berbagai desain, termasuk kaus dengan kain yang sengaja diberi efek kusut, dan masih banyak lagi.



Desain yang Berotasi pada Gambar

Look 4 dan Look 18/
Look 4 dan Look 18 dari koleksi JW Anderson Spring/Summer 2023 / Foto: Isidore Montag / Gorunway.com

Hal lain yang menjadi daya tarik dari koleksi J.W Anderson Spring/Summer 2023 adalah banyaknya gambar grafis yang ditemukan. Menariknya, perintis label sejak tahun 2008 itu sangat kreatif dalam proses dibaliknya. Ia membeli stok gambar digital di internet seharga 1 dolar. Desain pun dibuat dengan gambar tersebut sebagai pusat.

Gambar ikan mas dalam kantung plastik disulap menjadi 3 dimensi––one-shoulder dress dirancang sebagai kantung yang menampung ikan dan neckline menyerupai ikatannya.

Sementara gambar lain, seperti lumba-lumba yang menjadi senter bodysuit atau gambar sunset di pantai yang memenuhi catsuit juga dijumpai pada runway. Keberanian dalam memainkan medium jadi kekuatannya dalam mendesain. 



Sepatu Cetakan Grafis dan Mini Bag

Ballet flats dengan print lumba-lumba/
Ballet flats dengan print lumba-lumba/ Foto: Armando Grillo / Gorunway.com

Ekstravaganza dari pakaian nampak kontras dengan aksesori yang cenderung praktis dan fungsional. Parade shoulder bag ukuran medium dan tas jinjing mini aneka warna diperagakan. Begitu pun sepatu yang masih mempertahankan kenyamanan, diantaranya ankle boots, sepatu sandal, slippers, dan ballet flats. Namun untuk mempercantik desain, artwork juga menghiasi permukaannya, seperti yang terlihat pada ballet flats gambar lumba-lumba dan ankle boots pantai.

Penghormatan untuk Ratu Elizabeth II dengan Graphic Tshirt

Look 37/
Look 37/ Foto: Isidore Montag / Gorunway.com

Bertepatan dengan meninggalnya Ratu Elizabeth II, JW Anderson juga memanfaatkan kesempatan untuk memberikan penghormatan melalui karyanya. Sebuah graphic tshirt oversized hitam dengan gambar diambil dari poster yang terpajang di halte bus London sejak meninggalnya Ratu Inggris. Tercetak tulisan “Her Majesty The Queen 1926-2002 Thank You” pada kaus,  diperagakan tanpa tambahan styling menutup peragaan busananya. 

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id