sign up SIGN UP

Berikut 5 Fotografer Perempuan Paling Berpengaruh di Industri Fashion, Ada Favorit Ratu Elizabeth II

Ida Ayu Putu Eka Marenita Putri | Beautynesia
Kamis, 15 Sep 2022 07:00 WIB
Berikut 5 Fotografer Perempuan Paling Berpengaruh di Industri Fashion, Ada Favorit Ratu Elizabeth II
caption

Jika berbicara mengenai industri fashion, perempuan lebih banyak memberikan pengaruh lewat depan kamera, lihat saja bagaimana model atau fashion influencer lebih di dominasi oleh perempuan. Siapa sangka, banyak juga perempuan yang memberikan pengaruh besar dalam industri fashion lewat belakang kamera, salah satunya fotografer.

Melalui lensa mereka, karya fotografer perempuan ini banyak merubah industri fashion dunia, bahkan ada yang sampai menjadi favorit Ratu Elizabeth II lho! Siapa saja? Yuk simak!

Corinne Day 

Corinne photography/ foto: instagram.com/ @corinnedayofficial
Kate Moss/ foto: instagram.com/ @corinnedayofficial

Corinne Day merupakan salah satu fotografer paling berpengaruh di tahun 90-an, fotografer satu ini juga dikenal sebagai pembentuk karier dari super model ternama Kate Moss. Corinne tidak seperti fotografer pada umumnya yang dimana membawa fashion ke arah anggun atau kemewahan, gaya fotografi Corinne justru lebih mengarah ke simplicity dan berfokus pada nuansa yang kasual santai.

Annie Leibovitz

Ratu Elizabeth II/ foto: royal.uk/ Annie leibovitz
Ratu Elizabeth II/ foto: royal.uk/ Annie leibovitz

Hingga saat ini, hasil-hasil foto Annie Leibovitz masih menjadi langganan di beberapa majalah fashion dunia. Tidak tanggung, Annie sendiri menjadi fotografer yang paling sering bekerja sama dengan selebriti dunia sebut saja Kim Kardashian, John Lennon, Kanye West hingga Leonardo DiCaprio.

Hasil fotografinya yang artistik memang memberikan kesan yang abadi bagi siapapun modelnya. Bahkan kemampuan fotografinya yang tiada tanding tersebut, juga menjadikan Ratu Elizabeth II menunjuk langsung Annie untuk sesi pemotretan foto keluarga dan pribadinya, dan ini menjadi suatu prestasi karena Annie satu-satunya fotografer asal Amerika yang dapat bekerja sama dengan pemimpin Inggris tersebut. 

Regina Relang 

Regina photography/ foto: pinterest.com
Regina photography/ foto: pinterest.com

Regina Relang merupakan fotografer mode klasik pada pertengahan abad 20-an. Karyanya dikenal dengan pemotretan glamor dan mewah. Sebelumnya Regina memulai karier fotografinya dengan rangkaian foto pemandangan, kemudian sejak pindah ke Paris dan bertemu rekan fotografi, Regina mulai mengembangkan teknik foto pagelaran busana. Sejumlah rumah mode telah berhasil dia arsipkan dalam lensa kameranya tersebut, seperti Christian Dior, Pierre Cardin, hingga Yves Saint Laurent. 

Harley Weir

Gucci x Balenciaga pantaleggings/Gucci x Balenciaga ad campaign karya Harley Weir// Foto: instagram Gucci

Eklektik, artsy, dan provokatif dapat mendeskripsikan gaya fotografi Harley Weir. Pilihan latar mencolok berpadu dengan pose model yang nyentrik membuat karyanya menawarkan perspektif baru akan subjek maupun objek yang ia potret. Selain memotret untuk majalah fashion, Harley juga telah sering bekerja sama dengan brand kenamaan seperti Gucci, Marc Jacobs, dan Versace.

Brigitte Lacombe

Chanel J12 ad campaign by Brigitte LacombeChanel J12 ad campaign by Brigitte Lacombe/ Foto: Brigitte Lacombe

Empat dekade menekuni profesi fotografer, Brigitte Lacombe identik dengan potret hitam putih yang sinematik. Tak hanya dipercaya menangani foto ad campaign rumah mode bergengsi seperti Chanel, Dior, dan Hermes, perempuan asal Prancis ini juga sering bekerja sama dengan sejumlah sutradara kenamaan untuk film mereka seperti Martin Scorsese, Sofia Coppola, dan Wes Anderson.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id