sign up SIGN UP

Bersama Balenciaga, Skims Milik Kim Kardashian Masuk Daftar 100 Perusahaan Berpengaruh Versi Time

Rayoga Firdaus | Beautynesia
Kamis, 07 Apr 2022 15:30 WIB
Bersama Balenciaga, Skims Milik Kim Kardashian Masuk Daftar 100 Perusahaan Berpengaruh Versi Time
caption
Jakarta -

Majalah Time baru-baru ini melansir daftar 100 perusahaan berpengaruh pada tahun 2022. Terdapat empat perusahaan yang bergerak di bidang industri fashion yang berhasil masuk. Mereka adalah Balenciaga, Patagonia, Skims, dan Shein.

Seleksi dilakukan dengan menganalisis sejumlah kriteria seperti diantaranya, relevansi, inovasi, kepemimpinan, dan kesuksesan. Editor dan koresponden dari seluruh dunia serta pakar dari setiap industri turut dilibatkan. Seratus perusahaan ini sendiri terbagi ke dalam lima kategori yakni, Pioneers, Titans, Leaders, Innovator, dan Disruptor.

Apa yang membuat keempat perusahaan fashion ini berhasil masuk daftar prestisius ini? Berikut analisisnya.

Balenciaga

Balenciaga FortniteBalenciaga Fortnite/ Foto: Epic Games

Time memasukkan Balenciaga ke dalam kategori Disruptor. Wajar mengingat rumah mode ini sejak disupervisi oleh Demna Gvasalia selaku creative director memang tak pernah berhenti untuk meredefinisi desain dan citra label fashion mewah. Tak hanya dari segi desain tapi juga konsep fashion show. Sebut saja tas yang mirip dengan tas belanja IKEA dan sepatu Crocs.

Lalu pada tahun 2021 lalu, Balenciaga kembali merilis koleksi adibusana setelah 50 tahun absen. Kemudian berekspansi ke dunia metaverse dengan bekerja sama dengan Fortnite. Dan bahkan membuat film kartun bersama The Simpsons.

Tahun ini Balenciaga juga merilis koleksi kolaborasi bersama GAP dan Yeezy, label milik Kanye West. Serta mendedikasikan peragaan koleksi terbarunya sebagai bentuk aksi solidaritas kepada Ukraina.

Patagonia

Patagonia ad campaignPatagonia ad campaign/ Foto: Patagonia

Patagonia merupakan salah label fashion ramah lingkungan. Berdiri sejak 1973, Patagonia konsisten untuk terus mendukung gerakan fashion yang ramah lingkunga seperti lewat program daur ulang dari kreasinya. Selain dari segi kreasi, transparansi dan dukungan tanpa henti pada kegiatan yang bersifat pelestarian lingkungan membuat Patagonia jadi salah satu percontohan bagi label fashion lain dalam hal sustainability.

Skims

Koleksi SkimsKoleksi Skims/ Foto: SKIMS

Lebih dari sekadar bisnis kepunyaan selebriti semata, Skims bentukan Kim Kardashian dan rekan bisnisnya Jens dan Emma Grede turut menebar spirit inklusif di ranah busana shapewear. Di mana menyediakan ukuran dari XXS hingga XXXXXL. Kenyamanan dan variasi warna sesuai rona kulit pun turut diperhatikan.
Baru saja merilis koleksi kolaborasi dengan Fendi, Skims juga mendapat suntikan dana sebesar 240 juta USD dan meningkatkan valuasi perusahaan dari semula 1,5 miliar USD pada April 2021 menjadi 3,2 miliar USD pada Januari 2022.

Shein

Shein ad campaignShein ad campaign/ Foto: Shein

Berhasil meraih angka penjualan hingga 10 miliar USD dan jumlah unduh aplikasi lebih besar dibanding Amazon di Amerika, Time melansir bahwa salah satu kunci kesuksesan label fast fashion asal China ini adalah pemakaian AI (Artificial Intelligence) untuk menganalisis perkembangan tren, kuantitas produk yang masif hingga 6000 items per hari diunggah di situsnya, dan menjalin kerja sama dengan influencer TikTok.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id