sign up SIGN UP

Cara Unik Mengikat Tali Sepatu Vans yang Bikin Penampilan Makin Trendi!

Ira Syafira | Beautynesia
Minggu, 19 Jun 2022 18:00 WIB
Cara Unik Mengikat Tali Sepatu Vans yang Bikin Penampilan Makin Trendi!
caption

Siapa nih diantara Beauties yang merupakan penggemar sepatu Vans? Sepatu ini dibuat pertama oleh Paul Van Doren, James Van Doren, dan Gordon Lee tahun 1966 di Anaheim, California. Vans yang awalnya identik digunakan pemain skateboard, saat ini banyak digunakan oleh masyarakat umum.

Gaya sepatu Vans yang kasual membuatnya nyaman untuk dipakai sehari-hari. Model yang mereka miliki cukup beragam, salah satu yang paling terkenal adalah Vans Old Skool. Biasanya, para pecinta sepatu ini memiliki gaya tersendiri untuk mengikat tali sepatu Vans. Tidak hanya dipasang dengan model menyilang, ada beberapa cara lain yang unik dan membuat tampilan sepatu semakin menarik untuk dilihat.

Jika kamu ingin tampil beda dan lebih trendi dengan model ikat sepatu yang berbeda, yuk langsung aja ikuti cara-caranya berikut ini!

1. Tali Gaya Ladder

Tali Gaya Ladder/Foto: Instagram/@vans.indo
Tali Gaya Ladder/Foto: Instagram/@vans.indo

Gaya pertama seringkali disebut dengan gaya ladder, yakni mengikat sepatu agar terlihat seperti tangga untuk memanjat. Dengan gaya ini, penampilan sepatumu menjadi lebih unik dan tidak membosankan. Saat menggunakan gaya ladder, sebaiknya pilih tali sepatu yang warnanya berbeda dengan bagian ata sepatu. 

Untuk caranya sendiri ada beberapa langkah yang harus diikuti.

Masukkan tali sepatu ke lubang pertama yang ada di ujung bawah. Kemudian, tarik kedua ujung tali sama panjang. Masukkan bagian tali kanan ke lubang di bawahnya yang sejajar dan bawa tali ke kiri dengan lurus.

Untuk sisi kiri, timpa tali sepatu dari kanan, lalu masukkan tali di sisi kiri dan bawa tali ke kanan. Lakukan langkah secara berulang hingga terbentuk jalinan menyerupai tangga dari lubang bagian atas hingga bawah.

2. Tali Gaya Lattice

Tali Gaya Lattice/Foto: Instagram/@vans.indo
Tali Gaya Lattice/Foto: Instagram/@vans.indo

Gaya lattice bisa juga nggak kalah keren dari gaya ladder, Beauties. Tapi, gaya ini lebih cocok digunakan pada sepatu Vans yang modelnya tinggi seperti Vans Sk8 Hi. Model lattice bentuknya saling menyilang dan terhubung dengan cantik. 

Langkah awal untuk mengikat bisa dimulai dari memasukkan tali sepatu dari ujung atas kemudian dimasukkan ke sisi sebelahnya, pastikan kedua sisi sama panjang. Lalu, ambil sisi kiri dan masukkan menyilang ke sisi kanan lubang yang ke empat.

Selanjutnya, dari bawah masukkan ke lubang kelima yang sejajar. Lakukan hal yang sama pada sisi kanan. Ambil tali kiri dan silangkan ke atas, masukkan ke lubang nomor 2. Masukkan ke lubang nomor 3 dari bawah, dan lakukan hal sama di sisi sebelahnya. Lakukan hingga tersusun rapi dan siap untuk digunakan. 

3. Tali Gaya Cross

Tali Gaya Cross/Foto: Instagram/@vans.indo
Tali Gaya Cross/Foto: Instagram/@vans.indo

Eits, jangan berpikiran tali gaya cross adalah tali silang seperti yang biasa kamu gunakan, ya! Gaya cross kali ini membuat tali sepatumu terlihat terpasang lurus dari sisi satu ke sisi yang lain. Namun, tali ini akan terlihat seperti berbentuk X besar dari ujung awal ke ujung akhir. Sayangnya, gaya ini lebih cocok digunakan untuk sepatu yang tidak terlalu banyak lubangnya, hanya 5-7 set lubang tali. 

Caranya cukup mudah, mulanya kamu bisa masukkan tali sepatu dari ujung bawah dan dari bawah ke arah atas. Kemudian silangkan hingga mencapai ujung paling atas, masukkan ke bawah. Masukkan ke lubang di sampingnya melalui bawah.

Lalu silangkan lagi ke lubang paling bawah. Setelahnya, buat garis-garis tali sepatu berbentuk lurus dari kiri ke kanan, di atas tanda X besar yang sudah dibuat. Gaya ini akan pas banget untuk penampilan yang simpel dan kasual. 

4. Tali Gaya Straight Bar

Tali Gaya Straight Bar/Foto: Instagram/@vans.indo
Tali Gaya Straight Bar/Foto: Instagram/@vans.indo

Merasa kesulitan dengan ketiga gaya sebelumnya? Well, mungkin kamu bisa mencoba gaya tali straight bar yang nggak terlalu ribet. Gaya ini membuat look sepatu kamu jadi lebih rapi. Tali straight bar juga bisa di aplikasikan di sepatu dengan lubang berapapun, baik 5 set atau lebih. 

Untuk melakukannya, masukkan tali dulu dari atas ke lubang bawah. Misal kita mulai dari sisi kiri, maka kemudian masukkan ke lubang ketiga dari bawah. Lalu, masukkan ke lubang sejajar di sisi kanan. Lewati satu lubang, masukkan ke lubang kelima dari bawah. Tarik ke sisi kiri, masukkan ke lubang yang sejajar. Gambarkan jika set tali ada 6, maka sekarang tinggal mengisi lubang yang kosong. 

Itulah beberapa gaya untuk mengikat tali sepatu Vans yang kamu miliki, Beauties. Gimana nih, menarik bukan?

----

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id