sign up SIGN UP

Takut Ditolak Kayak Lesti Kejora Saat Belanja di Hermes? Persiapkan 5 Hal Ini Ketika Masuk Butik Mewah Agar Lebih Percaya Diri

Rayoga Firdaus | Beautynesia
Senin, 20 Jun 2022 10:14 WIB
Takut Ditolak Kayak Lesti Kejora Saat Belanja di Hermes? Persiapkan 5 Hal Ini Ketika Masuk Butik Mewah Agar Lebih Percaya Diri
caption
Jakarta -

Baru-baru ini pasangan Lesti Kejora dan Rizky Billar dalam salah satu episode vlog nya menceritakan pengalaman yang dialaminya ketika berbelanja di butik Hermes, di Paris. Lesti Kejora mengaku kala itu berniat mencarikan suaminya sepatu Hermes. Namun mengaku tidak dilayani. "Mau beli sepatu buat suami. Kata dia nggak ada yang ready buat ngelayanin," ungkap Lesti Kejora.

Terlepas dari kejadian tersebut, berbelanja di butik high end brand memang terbilang 'rumit'. Ada segenap aturan tak tertulis yang harus diperhatikan dan dipatuhi. Menyiapkan dana saja belum tentu bisa dapatkan barang yang diinginkan. Nah biar nggak kaget dan enjoy, ini hal yang harus kamu perhatikan Beauties ketika pertama kali berbelanja di butik label mewah.

Jangan Malas untuk Dressed Up

street stylestreet style/ Foto: livingly/imaxtree

Pada dasarnya memang hak kita sebagai konsumen untuk memakai baju apapun ketika berbelanja. Namun ketika berbelanja di butik high end, berdandan dan tampil rapi telah jadi norma. Apalagi semua staf yang ada di butik pun juga tampil rapi mengenakan setelan jas, tentu kita segan jika bergaya terlalu santai.
Patut digarisbawahi, bahwa dressed up di sini bukan berarti harus memakai baju dan tas berlogo yang mencolok serta perhiasan berkilau. Memakai jeans dengan kemeja putih, blazer hitam, dan heels atau sneakers pun sudah cukup.

Riset Produk

ilustrasi berbelanjailustrasi berbelanja/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Csondy

Ada kalanya kita berbelanja secara impulsif, namun ketika pertama kali berbelanja di butik barang mewah sebaiknya kamu sudah tahu apa yang ingin dibeli. Lakukan juga riset sederhana mengenai produk tersebut. Misal kamu akan membeli tas, maka ketahui mengenai jenis tipe ukuran, jenis material, dan detail.

Hal sepele seperti ini secara tidak sadar dapat meningkatkan kepercayaan dirimu lho Beauties. Kebanyakan orang mungkin membeli barang karena ikut tren, tapi dengan memiliki pengetahuan mendasar mengenai brand atau produk menunjukkan bahwa kamu punya pertimbangan lain.

Bertanya Kepada Staf

ilustrasi berbelanjailustrasi berbelanja/ Foto: Getty Images/filadendron

Biasanya ketika berbelanja di gerai label fast fashion kamu akan dibiarkan bebas melihat dan memilih pakaian. Namun di butik label mewah, kamu akan disambut dan ditemani oleh staf yang biasa disebut sebagai Shopping Assistant (SA) atau Client Advisor. Ia yang akan mengecek stok ketersediaan barang dan menjelaskan mengenai produk.
Disini lah keuntungan lain melakukan riset, kamu punya banyak topik pembicaraan dengan SA. Jangan ragu untuk bertukar kartu nama. Menjalin komunikasi yang baik dengan SA bisa jadi keuntungan tersendiri lho, Beauties. Kamu bisa mendapatkan info mengenai sale dan jadwal kedatangan barang baru.

Tak Semua Barang Tersedia

HermèsHermès/ Foto: Purseblog

Selain kualitas, kuantitas barang amat dijaga ketat oleh luxury brands demi menjaga citra agar eksklusif. Sekalipun ada di display belum tentu barang tersebut tersedia dan bisa kamu beli. Tas Hermes Birkin dan Kelly serta tas Chanel Flap adalah contohnya. Tiap brand punya aturan tersendiri menyangkut pembelian produk yang laku dan banyak dicari di pasaran. Namun banyak juga kok tas dan produk lainnya yang bisa langsung kamu beli.

Jangan Ragu untuk Mencoba

ilustrasi belanjailustrasi belanja/ Foto: Getty Images/iStockphoto/MoustacheGirl

Sama seperti berbelanja baju atau sepatu pada umumnya, jangan ragu untuk mencoba barang yang akan kamu beli. Apalagi ini harganya mahal. Jangan sampai karena merasa terintimidasi malah menyesal di kemudian hari semisal sepatu tidak muat atau tidak suka dengan tas yang kamu beli hanya karena malas mencoba.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id