sign up SIGN UP

Ciptakan Wangi Khas Dirimu dengan Layering Parfum, Begini Caranya!

Dimitrie Hardjo | Beautynesia
Jumat, 24 Jun 2022 06:30 WIB
Ciptakan Wangi Khas Dirimu dengan Layering Parfum, Begini Caranya!
Foto: Pexels.com/Cottonbro

Siapa yang tidak suka mempunyai wangi ciri khasnya sendiri? Keinginan seseorang untuk punya signature scent memancing tren perfume layering, yakni penggabungan beberapa aroma untuk menciptakan keharuman yang lebih unik. Tidak harus selalu dengan parfum, wewangian bisa ditumpuk dengan kombinasi body product seperti lotion. Namun, bagaimana caranya mengombinasikan parfum dengan aroma berbeda? 

Perfume layering ternyata cukup mudah dilakukan, Beauties. Beberapa perfumer ahli menjelaskan tentang cara melakukan layering parfum ini dengan tutorial sederhana. Kamu bisa mencampurkan 2 sampai 3 parfum sekaligus untuk menghasilkan aroma yang lebih khas. Yuk coba kreasikan perfume layering dengan mengikuti langkah berikut ini!

 

Cara Layering Parfum


1. Cara Pengaplikasian dengan Parfum Spray

Cara layering parfum/
Cara layering parfum/ Foto: pexels.com/cottonbro

Melansir Refinery 29, perfumer asal Brooklyn, Julia Zangrilli menjelaskan tutorial perfume layering dengan cara sederhana. Semprot parfum pada pergelangan tangan di mulai dari aroma yang lebih berat. Kemudian, segera semprotkan parfum berikutnya dengan aroma lebih ringan.

Usap kedua pergelangan tangan untuk menyatukan parfum. Setelah aroma menyatu, kamu bisa mengaplikasikan parfum yang ada di pergelangan pada bagian leher juga, Beauties.

Zangrilli juga merekomendasikan untuk mencoba campuran parfum pada selembar kertas terlebih dahulu sebelum melakukannya di kulit.


2. Cara Pengaplikasian dengan Parfum Roll

Layering parfum dengan parfum roll/
Layering parfum dengan parfum roll/ Foto: pexels.com/Elina Fairytale

Jika Beauties punya parfum jenis roll, maka ada hal lain yang perlu diperhatikan. Usapkan satu parfum di pergelangan tangan kanan dan parfum lainnya di pergelangan tangan kiri. Selanjutnya, satukan dengan cara mengusap kedua pergelangan tangan.

Hal ini dilakukan agar tidak ada parfum lain yang menempel pada bola roll parfum yang bisa mengganggu aroma aslinya. 


3. Cara Mengombinasikan Aroma

Mencampurkan parfum/
Mencampurkan parfum/ Foto: pexels.com/Nastyasensei

Setelah mengetahui cara pengaplikasian, saatnya kamu bereksperimen dengan koleksi parfum milikmu. Namun sebelumnya, tentu kamu harus memahami perbedaan top notes (aroma yang paling pertama muncul saat parfum disemprotkan, biasanya beraroma segar), middle notes (aroma kedua yang muncul setelah aroma pertama, biasanya beraroma lebih hangat dan lembut), dan base notes (aroma terakhir dan paling tahan lama).

Bagi pemula, mungkin langkah paling mudah adalah dengan menggabungkan parfum dengan note yang sama.

Pia Long, perfumer dan co-founder Olfiction Limited, menjelaskan dalam laman Byrdie bahwa parfum minimalis yang sudah terdapat aroma cukup berat untuk dijadikan base notes cocok digunakan. Aroma ini misalnya vanilla, musk, atau sandalwood.

Kemudian, tumpuk dengan aroma yang lebih kompleks. Sebagai contoh, jika kamu menyukai wangi citrus tapi merasa keharumannya tidak tahan lama, kamu bisa menumpuknya di atas wangi sandalwood, cedarwood, atau wewangian yang serupa.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id