sign up SIGN UP

Deretan Sutradara Terkenal yang Ditunjuk Jadi Kurator Fashion Amerika di Met Gala 2022

Dimitrie Hardjo | Beautynesia
Selasa, 03 May 2022 18:00 WIB
Deretan Sutradara Terkenal yang Ditunjuk Jadi Kurator Fashion Amerika di Met Gala 2022
caption

Met Gala 2022 mengambil tema In America: An Anthology of Fashion. Penggalangan dana yang dipersembahkan untuk Costume Institute di Metropolitan Museum of Art ini menyediakan berbagai ruang pameran. Namun bukan kurator seni yang mempersiapkan Period Rooms di bagian American Wing, melainkan 9 sutradara film terpilih yang akan menuangkan kreasi dari pandangannya terhadap fashion Amerika akhir abad 18 hingga abad 20 ke dalam ruang pameran. Kesembilan sineas ini akan dipasangkan dengan ruangnya masing-masing sesuai dengan karya yang pernah dibuat. Berikut sutradara profesional yang akan mentransformasi 13 Period Rooms tersebut.


1. Sofia Coppola

Sofia Coppola/
Sofia Coppola/ Foto: instagram.com/voguemagazine/Annie Leibovitz

Sutradara film Marie Antoinette dan Lost in Translation, Sofia Coppola dipilih untuk mendandani ruang Worsham-Rockefeller Dressing Room dengan tema New York sebagai pusat fashion Amerika Serikat di akhir abad 19. Sudut pandang akan sejarah fashion Amerika di kota New York dari kacamata Coppola bisa terangkum dalam wujud visual nanti.

2. Radha Blank

Rapper, sutradara, penulis, dan aktris Radha Blank menjadi salah satu yang dipercaya untuk mengurasi museum. Blank akan menyulap ruang Haverhill di American Wing, Metropolitan Museum of Art.

3. Janicza Bravo

Janicza Bravo mengarahkan kemampuannya di bidang production design untuk mengurasi ruang Rococo Revival Parlor dan Gothic Revival Library. Ruangan berselubung papan coklat tersebut menjadi “atelier of mind” Bravo untuk sementara.

4. Autumn de Wilde

Autumn de Wilde/
Autumn de Wilde/ Foto: instagram.com/voguemagazine/Annie Leibovitz

De Wilde bertugas untuk menyulap ruang Baltimore dan Benkard sesuai dengan film Emma yang disutradarainya. Eksplorasi fashion tahun 1805  tertangkap dalam dua ruangan berdasarkan perspektif fotografer sekaligus sutradara Autumn de Wilde. Dalam ruangan ini, evening gowns bangsawan Prancis juga akan dipamerkan––menunjukkan bagaimana fashion Prancis memberikan dampak pada fashion Amerika.

5. Julie Dash

Julie Dash/
Julie Dash/ Foto: instagram.com/voguemagazine/Annie Leibovitz

Sineas professional Julie Dash mengambil referensi film untuk mengkurasi ruang Greek and Renaissance. Ruang dipenuhi evening gowns dari desainer asal Amerika kelahiran Hungaria, Eta Hentz, koleksi Grecian tahun 1944 diperagakan dalam ruang bernuansa teatrikal. 

6. Tom Ford

Tom Ford/
Tom Ford/ Foto: instagram.com/voguemagazine/Annie Leibovitz

Satu-satunya fashion designer diantara deretan sutradara yang dipilih, Tom Ford akan mengambil alih ruang Vanderlyn Panorama. Ia akan menginterpretasikan momen fashion bersejarah Battle of Versailles 1973 dalam ruang berbentuk oval ini dengan mengambil inspirasi film Marvel, Sang-Chi.

7. Regina King

Mengingat begitu besar peran ras Afrika-Amerika dalam sejarah Amerika Serikat, Met Gala 2022 tidak luput dari hasil karya orang berkulit hitam. Tema ras dan gender dalam lingkup pekerja dressmaker ras kulit hitam akan tertangkap dalam ruang Richmond yang dikurasi oleh sutradara dan aktris Regina King. 

8. Martin Scorsese

Martin Scorsese/
Martin Scorsese/ Foto: instagram.com/voguemagazine/Annie Leibovitz

Sutradara film The Wolf of Wall Street, Martin Scorsese, mendedikasikan ruangan Frank Lloyd Wright untuk mendiang perancang busana Charles James. Scorsese berusaha menangkap emosi dari hubungan antara Wright dan Charles James melalui warna, pencahayaan, dan bayangan dalam angle arsitektur––ia menyebutnya “Technicolor noir”.

9. Chloé Zhao

Peraih piala OSCAR 2021 kategori Sutradara Terbaik, Chloé Zhao, juga turut berperan untuk mendekorasi ruang Shaker Retiring Room. Sebuah ruangan yang nantinya akan diisi pernak-pernik fashion berdasarkan visi Zhao, yaitu pendekatan ketenangan untuk ruangan ini. Sutradara film Nomadland itu mengecat manekin dengan warna kayu yang selaras dengan furniture.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id