STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Fakta di Balik Gaun Kontroversial Marilyn Monroe, Jadi Busana Glamor Terakhir yang Dipakainya!

Ida Ayu Putu Eka Marenita Putri | Beautynesia
Kamis, 06 Oct 2022 19:00 WIB
Fakta di Balik Gaun Kontroversial Marilyn Monroe, Jadi Busana Glamor Terakhir yang Dipakainya!

Norma Jeane Mortenson atau yang lebih dikenal dengan nama Marilyn Monroe, merupakan aktris populer di era 1950 – 1960 an. Monroe memulai karirnya sebagai modeling pada tahun 1944, kemudian di tahun 1946 ia menandatangani kontrak dengan 20th Century Fox.

Di tahun 1950, nama Monroe mulai dikenal berkat peran kecilnya pada di The Asphalt Jungle dan All About Eve. Sejak saat itu tawaran untuk berakting meningkat, dan di awal tahun 1950-an menjadi puncak kesuksesan karier Monroe. 

Kesuksesannya tersebut membawa Monroe dikenal sebagai ikon dunia hiburan. Semua dalam diri Monroe begitu ikonis, mulai dari cara berjalan, berbicara, hingga busana sekalipun. Beberapa fashion items milik Monroe masih dikenang hingga saat ini, bahkan sampai dimuseumkan. Salah satunya adalah gaun kristal yang dipakainya kala menyanyikan lagu "Happy Birthday Mr.President" untuk John F. Kennedy (JFK) pada tahun 1962. 

Terdapat sederet faka menarik di baliknya. Apa saja?

Kemunculan Pertama

Actress Marilyn Monroe sings Actress Marilyn Monroe sings "Happy Birthday" to President John F. Kennedy at Madison Square Garden, for his upcoming 45th birthday./ Foto: Bettmann Archive/Bettmann

Gaun tersebut pertama kali digunakan Monroe, saat menghadiri penggalangan dana untuk JFK dan Komite Nasional Demokrat pada 19 Mei 1962 di Madison Square Garden. Saat itu, Monroe dengan menakjubkan tampil dengan gaun marquisette dan menyanyikan lagu ‘Happy Birthday’ untuk JFK, sontak penampilan Monroe saat itu menuai perhatian, dan menjadi sangat ikonis. Itulah sebab gaun tersebut dikenal dengan gaun ‘Happy Birthday Mr. President’. 

Dirancang Oleh Bob Mackie dan Jean Louis

Dress detail/ Foto: Julien's Auctions
Dress detail/ Foto: Julien's Auctions

Gaun tersebut pertama kali dirancang oleh Bob Mackie, rancangan tersebut merupakan proyek pasca-sarjana Mackie, kemudian Mackie menjual rancangannya tersebut kepada desainer terkenal yakni Jean Louis yang pada akhirnya menyelesaikan beberapa detail pada gaun tersebut. Gaun tersebut terbuat dari kain marquisette tipis, dengan warna serupa kulit. Gaun tersebut dipenuhi dengan 2.500 rhinestones berkilau. Meskipun sangat indah, gaun tersebut sangat ketat bagi Monroe, sehingga membuat dirinya kesulitan saat memakainya. 

Harga Gaun ‘Happy Birthday Mr. President’

Foto: instagram.com/ @kimkardashian
Foto: instagram.com/ @kimkardashian

Marilyn Monroe membeli gaun tersebut dengan harga $1.400 saat itu, atau jika di tahun 2022 maka gaun tersebut sekitar $13.700 atau setara dengan 207 juta rupiah. Setelah penampilannya, nilai gaun tersebut meroket tajam, gaun tersebut dijual seharga $1,26 juta atau setara dengan 19 miliar pada lelang 1999. Kemudian di tahun 2016, gaun tersebut dibeli oleh Ripley’s Believe It or Not Museum dengan harga $4,8 juta atau setara dengan 72 miliar, menjadikan gaun tersebut sebagai gaun dengan nilai jual termahal. Saat ini gaun tersebut diabadikan di museum Hollywood Boulevard Ripley. 

Gaun Terakhir Marilyn Monroe 

Foto: instagram.com/ @kimkardashian
Foto: instagram.com/ @kimkardashian

Siapa yang menyangka bahwa gaun tersebut juga menjadi gaun terakhir yang dipakai Marilyn Monroe dalam kariernya. Tiga bulan setelah perayaan ulang tahun fenomenal itu, pada 5 Agustus 1962, Monroe ditemukan tewas di tempat tidurnya dalam kondisi tanpa busana. Kematiannya tersebut diduga akibat depresi yang dideritanya selama ini. 

Kemunculan di Met Gala 2022

Kim at Met Gala 2022/Foto: instagram.com/ @kimkardashian
Kim at Met Gala 2022/Foto: instagram.com/ @kimkardashian

Pada tahun 2022, gaun ikonis tersebut muncul kembali pada acara penggalangan dana paling populer di dunia yakni, Met Gala 2022. Kim Kardashian dengan percaya diri mengenakan gaun ‘Happy Birthday Mr. President’. Meski hanya sebentar, kemunculan gaun tersebut sukses membawa kenangan akan sosok Marilyn Monroe.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE