sign up SIGN UP

Kuliah Jurusan Fashion, Tak Melulu Jadi Desainer lho! Kamu Bisa Ambil Deretan Profesi Berikut!

Ayuliy Lestari | Beautynesia
Selasa, 28 Jun 2022 20:30 WIB
Kuliah Jurusan Fashion, Tak Melulu Jadi Desainer lho! Kamu Bisa Ambil Deretan Profesi Berikut!
caption

Masih sering muncul pertanyaan mengenai pekerjaan apa yang bisa dilakukan setelah menempuh jurusan kuliah fashion design. Ternyata tak melulu harus menjadi desainer karena ada beberapa pekerjaan yang bisa kamu pilih sebagai lulusan fashion design, Beauties.

Penasaran, bagaimanakah karier kamu setelah menuntaskan kuliah dan memiliki gelar sarjana desain? Simak ulasan berikut!

1. Fashion Stylist

Profesi untuk jurusan fashion
Profesi untuk jurusan fashion/Foto: Freepik.com/Ourteam

Fashion stylist merupakan sebutan untuk seseorang yang bertugas menentukan konsep berpakaian klien agar tampil memesona. Yups, profesi yang satu ini berada dalam satu lingkaran dengan designer, perias, hairstylist, dan penata panggung dalam dunia fashion. Biasanya para klien berasal dari kalangan selebriti dan juga brand. Tentu akan sangat menyenangkan jika kamu bekerja sama dengan selebriti ternama.

2. Fashion Illustrator

Profesi untuk jurusan fashion
Profesi untuk jurusan fashion/Foto: Freepik.com/Ourteam

Profesi ini memang nampak mirip dengan designer. Jika desainer fashion harus mempertanggungjawabkan desain hingga menjadi nyata, fashion illustrator hanya membuat sebuah ilustrasi menarik tanpa harus membuat desain tersebut menjadi nyata. Sehingga bisa dijadikan pilihan jika kamu memang menginginkan pekerjaan yang lebih simpel.

3. Fashion Image Consultant & Specialist

Profesi untuk jurusan fashion
Profesi untuk jurusan fashion/Foto: Freepik.com/Racool

Cara berpakaian bisa berbicara banyak hal tentang kepribadian seseorang. Kamu pasti pernah mendengar bahwa busana merupakan refleksi status sosial hingga pembentukan citra diri. Nah, seorang fashion image consultant tak hanya sekedar memilihkan outfit yang tepat namun juga memiliki peranan penting untuk mempresentasikan diri para klien demi mendukung pekerjaan atau profesi mereka.

Perbedaannya dengan stylist adalah, Image Consultant akan merumuskan konsep gaya atau citra yang ingin dibangun oleh seseorang maupun brand bersangkutan.

4. Fashion Journalist

Profesi untuk jurusan fashion
Profesi untuk jurusan fashion/Foto: Freepik.com/Ourteam

Tak hanya desainer atau stylist yang memiliki peranan penting dalam dunia fashion. Fashion journalist juga merupakan profesi yang tak kalah menarik dan diandalkan. Fashion journalist bekerja seperti kebanyakan jurnalis, namun khusus bertugas menulis tentang tren fashion, profil tokoh industri fashion dan juga perkembangan bisnis untuk media seperti surat kabar, majalah dan website. 

5. Entrepreneur

Profesi untuk jurusan fashion
Profesi untuk jurusan fashion/Foto: Freepik.com/Tiracardz

Mungkin kamu tidak asing dengan daftar pengusaha perempuan yang sukses di bidang fashion. Yups, kamu juga bisa menjadi salah satu pengusaha sukses yang khusus berada dalam industri fashion. Kamu bisa merancang sebuah desain secara mandiri dan memasarkannya.

Itulah beberapa profesi untuk lulusan desain busana yang tentu tak kalah menjanjikan. Kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk terus berkarya sesuai dengan passion dan profesi kamu, Beauties.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id