sign up SIGN UP

Mau Kasih Hadiah Dasi untuk Pasangan? Kenali Dulu Jenisnya Biar Nggak Salah Pilih dan Dia Makin Modis

Krisyanti Asri | Beautynesia
Rabu, 22 Jun 2022 22:45 WIB
Mau Kasih Hadiah Dasi untuk Pasangan? Kenali Dulu Jenisnya Biar Nggak Salah Pilih dan Dia Makin Modis
caption

Sejak abad 17, fashion laki-laki telah mengenal dasi sebagai aksesoris pakaian. Awalnya dasi hanya berupa sapu tangan yang diikat di leher. Cravat menjadi model dasi pertama yang dikenakan oleh kaum laki-laki. Kemudian di abad 18, dasi banyak digunakan sebagai seragam di dunia militer dan pendidikan. Sampai saat ini, beberapa institusi pendidikan Indonesia masih mewajibkan para murid memakai dasi sebagai seragam.

Dasi juga populer di kalangan pekerja kantoran, pejabat pemerintahan, hingga menjadi aksesori pelengkap ketika menghadiri acara formal. Mengenakan dasi dapat membuat penampilan seseorang menjadi elegan dan berkelas.

Dasi mempunyai jenis yang beragam tergantung momen pemakaiannya. Apakah kamu berencana memberikan dasi sebagai hadiah istimewa untuk pasangan? Kenalan yuk dengan 5 jenis dasi yang populer di dunia fashion laki-laki. 

Four-in-Hand

Four in Hand adalah jenis dasi paling standar dikenakan oleh laki-laki
Four in Hand/Foto : depositphotos.com/jackethead

Jenis dasi satu ini merupakan yang paling standar di antara dasi jenis lainnya. Laki-laki mengenakan dasi jenis ini di semua jenis kemeja milik mereka. Dasi ini biasa dikenakan ketika mereka bekerja di kantor atau menghadiri acara resmi. Motif dan warnanya sangat beragam sehingga bisa disesuaikan dengan warna kemeja dan momennya.

Selain untuk pekerja kantoran, kamu bisa menemukan jenis dasi ini di seragam anak sekolah. Kamu bisa menemukan dasi ini di berbagai toko pakaian laki-laki dengan harga jual yang relatif terjangkau.

Seven Fold

Seven Fold termasuk aksesoris mewah pakaian laki-laki
Seven Fold Necktie/Foto : realluxuryshop.com

Serupa dengan Four-in-Hand, yang membedakan adalah bahwa dasi ini terbuat dari bahan sutra dan satin premium dengan 7 lipatan sehingga terlihat berat dan tebal.

Dasi ini mempunyai permukaan yang lebih lebar dari pada jenis Four-in-Hand. Jenis dasi satu ini sangat populer di kalangan ekspatriat, pebisnis, dan selebriti papan atas. Dasi jenis Seven Fold termasuk dalam aksesoris pakaian mewah untuk laki-laki karena harganya cukup mahal. Saat memakainya, mereka biasa menyematkan tie clip berbahan logam sebagai aksesori tambahan. 

Skinny Tie

Skinny Tie adalah dasi yang mempunyai permukaan lebih sempit daripada Four in Hand dan Seven Fold
Skinny Tie/Foto : istockphoto.com/Creativemarc

Masih sejenis dengan Four-in-Hand, namun Skinny Tie mempunyai permukaan lebih ramping. Skinny Tie pertama kali dipopulerkan oleh grup band The Beatles. Dasi ini masih cocok dikenakan bersama setelan jas dan kemeja dalam tampilan business casual

Bow Tie

Bow Tie terkenal dengan sebutan dasi kupu-kupu dan sering dikenakan di acara pernikahan
Bow Tie/Foto : pexels.com/Inna Lesyk

Istilah lain dari bow tie adalah dasi kupu-kupu. Kamu tentunya sering melihat dasi model ini dikenakan oleh para selebriti yang hadir di acara karpet merah dan gala dinner. Di Indonesia, dasi kupu-kupu biasa dikenakan oleh laki-laki di acara pernikahan dan acara resmi lainnya. Bow tie dikenakan bersama setelan jas lengkap atau tuxedo. Dasi ini kurang cocok dikenakan untuk pergi ke kantor atau meeting dengan klien. 

Cravat

Cravat adalah jenis dasi yang pertama kali dikenakan laki-laki di abad 17
Cravat/Foto : cravat-club.com

Cravat adalah dasi yang pertama kali dikenakan oleh laki-laki pada abad 17. Sampai hari ini, cravat masih menjadi pilihan dasi bagi laki-laki yang akan menghadiri acara sangat formal.

Berbeda dengan jenis dasi lainnya yang dikenakan di luar kemeja, cravat dikenakan di dalam kemeja di lingkar leher dan membiarkan 2 kancing kemeja paling atas terbuka. Meski sering dikenakan untuk acara formal, cravat masih diminati sebagai aksesori fashion masa kini. 

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

 

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id